Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar Tinggal di Indekos Sukoharjo

Seorang pria berinisial AS (34) diduga merupakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. AS sehari-hari berprofesi sebagai tukang parkir dan tinggal di indekos Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

oleh Fajar Abrori diperbarui 07 Des 2022, 16:13 WIB
Penampakan tempat tinggal AS (34) terduga pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat. (Dok. Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berinisial AS (34) diduga merupakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat. AS sehari-hari berprofesi sebagai tukang parkir dan tinggal di indekos Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pantauan Liputan6.com, indekos yang dikontrak AS dan keluarganya itu beralamat di Blontan RT 07 RW 02, Desa Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo. Kamar tersebut tampak terkunci rapat. Sedangkan jendela kaca terlihat terbuka sedikit

Keluarga tersebut menempati kamar nomor dua. Indekos yang dimiliki warga setempat bernama Surati itu hanya memiliki tiga kamar. Bangunan indekos dengan dinding bercat hijau muda itu tampak sederhana.

Berdasarkan keterangan dari pemilik indekos, Surati bahwa AS dan istrinya telah menyewa salah satu kamar indekos itu sejak bulan September 2021 silam. Hal itu dibuktikan dengan catatan di buku miliknya bahwa AS menyewa dengan melampirkan foto copy identitas KTP sang istri.

“(AS) dan ibu tinggal di sini bersama satu anaknya. Ini (menyewa mulai) September 2021. Sudah setahun lebih,” kata dia saat ditemui di rumahnya, Rabu (7/12/2022).

Menurut dia, saat ini yang tinggal di kamar indekos merupakan istri dan anaknya. Sedangkan As berdasarkan informasi dari sang istri sedang bekerja di luar kota.

“Dapat info dua minggu kerja luar kota. Maaf informasinya nanti lagi,” ucapnya sambil masuk menutup pintu.

Sementara itu menurut salah satu warga, Abi bahwa tingkah laku dari AS sehari-harinya tidak ada yang mencurigakan. Sosok AS yang diketahuinya memang sangat rajin ke masjid terutama untuk melaksanakan salat Magrib berjamaah.

“Sering sekali ke masjid kalau Maghrib. Orangnya itu biasa tidak tertutup gitu. Orangnya enak kok, orangnya baik,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Pelaku Teror di Polsek Astana Anyar Eks Napiter Bom Panci Cicendo

Sebuah ledakan yang diduga merupakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, di Jalan Astana Anyar 340, Nyengseret, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022), sekitar pukul 08.30 WIB.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pelaku merupakan mantan narapidana terorisme atas nama Agus Sujianto alias Abu Muslim bin Wahid.

"Dari hasil sidik jari dan kemudian juga kita lihat dari face recognition identik menyebut identitas pelaku Agus Sujarno atau Agus Muslim. Yang bersangkutan pernah ditangkap karena peristiwa bom Cicendo dan dihukum 4 tahun, di bulan September atau Oktober 2021 bebas," tutur Listyo di Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

"Tentunya kegiatan yang bersangkutan kita ikuti, namun demikian yang bisa dijelaskan. Pelaku terafilasi JAD Bandung atau Jabar dan tim terus bekerja menuntaskan peristiwa terjadi," sambungnya.

INFOGRAFIS: Deretan Kasus Ledakan Bom di Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya