Sensor di Bola Piala Dunia 2022 Bikin Ronaldo Gagal Klaim Gol di Portugal vs Uruguay

FIFA memastikan gol pertama Portugal saat melawan Uruguay itu milik Bruno Fernandes, bukan Ronaldo. Semua ini berkat adanya teknologi sensor di bola Piala Dunia 2022, Al Rihla.

oleh Defri Saefullah diperbarui 30 Nov 2022, 14:23 WIB
Pemain Portugal Cristiano Ronaldo (tengah) berusaha mencetak gol ke gawang Uruguay pada pertandingan sepak bola Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, 28 November 2022. Portugal mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0. (AP Photo/Petr David Josek)

Liputan6.com, Doha- Cristiano Ronaldo sudah mencetak satu gol di Piala Dunia 2022. Itu dicetaknya saat Portugal kalahkan Ghana 3-2 pada laga pertama grup H Piala Dunia Qatar.

Ronaldo sempat berteriak girang saat dia mencetak gol lagi saat melawan Uruguay. Dia tampak seperti menyundul umpan dari Bruno Fernandes.

Namun FIFA memastikan itu bukan gol Ronaldo. FIFA menggunakan teknologi bola Al Rihla untuk memastikan siapa yang mencetak gol di laga kedua fase grup H itu.

Adidas pun mengatakan bahwa teknologi mereka mengonfirmasi Cristiano Ronaldo tidak melakukan kontak dengan bola. Hal ini seperti diungkapkan oleh perusahaan usai perdebatan terjadi.

Adidas mengatakan, dengan Connected Ball Technology di bola pertandingan resmi Adidas Al Rihla, mereka "secara definitif menunjukkan tidak ada kontak pada bola dari Cristiano Ronaldo untuk gol pembuka dalam permainan."

"Tidak ada kekuatan eksternal pada bola yang dapat diukur seperti yang ditunjukkan oleh kurangnya 'detak jantung' dalam pengukuran kami dan dalam grafik terlampir," kata Adidas, dikutip dari The Athletic, Rabu (30/11/2022).

"Sensor IMU 500Hz di dalam bola memungkinkan kami menjadi sangat akurat dalam analisis kami," kata mereka dalam pernyataan resminya.

 

2 dari 5 halaman

Ada Sensor

Bruno Fernandes menjadi pahlawan Portugal usai mencetak brace ke gawang Uruguay pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2022. (AP Photo/Themba Hadebe)

 

Bola pertandingan Al Rihla sendiri berisi sensor yang ditangguhkan di tengahnya, untuk membantu mendeteksi sentuhan yang tidak jelas dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan VAR.

Ini menjadikannya sebagai bola Piala Dunia pertama yang menampilkan inovasi semacam ini.

Bola pertandingan resmi buatan Adidas yang berjuluk Al Rihla itu memiliki sensor gerak di dalamnya, tersemat teknologi bernama Adidas Suspension System.

Sensor tersebut mencakup sensor gerak unit pengukuran inersia 500Hz, melaporkan data lokasi yang tepat pada bola 500 kali per detik.

Adidas mengklaim, teknologi ini membantu wasit membuat keputusan yang lebih tepat. Demikian sebagaimana dikutip dari Washington Post, Kamis (24/11/2022). Sederhananya teknologi bola ini disebut juga Semi-Automated Offside Technology (SAOT).

Selain itu, bola Al Rihla ditenagai baterai yang dapat diisi ulang. Teknologi sensor canggih ini diklaim tidak mencolok bagi pemain dan tak memengaruhi performa bola.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Bruno Fernandes

Pada proses terjadinya gol pertama, Cristiano Ronaldo berupaya menggapai umpan silang yang diberikan Bruno Fernandes dan bola akhirnya masuk ke dalam gawang Uruguay yang dijaga Sergio Rochet. (AP Photo/Petr David Josek)

 

Bruno Fernandes merasa Cristiano Ronaldo berhak mengklaim gol pertama Timnas Portugal ke gawang Uruguay di Piala Dunia 2022. Fernandes merasa hanya memberi umpan dan melihat Ronaldo menyentuh bola sebelum masuk ke gawang.

Portugal berjumpa Uruguay pada matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB. Pada duel yang dimainkan di Stadion Lusail Iconic tersebut, Portugal meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Gol pertama Portugal ke gawang Uruguay dimulai dari gerakan Fernandes di sisi kiri. Fernandes melepas umpan pada Ronaldo yang sudah menunggu di kotak penalti. Bola tersebut lalu masuk ke gawang Uruguay.

FIFA mencatat gol tersebut sebagai milik Bruno Fernandes. Sementara, ada juga pihak yang merasa Ronaldo berhak atas gol tersebut. Mereka meyakini ada kontak antara rambut Ronaldo dan bola yang kemudian dijuluki 'Hair of God'.

"Saya merayakannya seolah-olah itu adalah gol Ronaldo. Menurut saya itu terlihat bahwa Ronaldo menyentuh bola. Niat saya adalah memberi umpan padanya," buka Fernandes dikutip dari Mirror.

"Kami senang dengan kemenangan yang didapat, terlepas dari siapa yang mencetak gol. Yang paling penting adalah kami mencapai target kami yaitu lolos ke babak selanjutnya," tegas pemain Manchester United itu.

 

4 dari 5 halaman

Menang

Pemain timnas Portugal, Cristiano Ronaldo memeluk rekan satu timnya, Bruno Fernandes usai menjebol gawang Uruguay dalam pertandingan kedua grup H Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Selasa (29/11/2022). (AP Photo/Martin Meissner)

 

Timnas Portugal sendiri meraih hasil positif ketika menghadapi Timnas Uruguay pada matchday kedua grup H Piala Dunia 2022. A Selecao das Quinas menang 2-0, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Bruno Fernandes menjadi kunci kemenangan Portugal. Gelandang Manchester United tersebut memborong dua gol dalam laga di Lusail Stadium.

Terlepas dari dua golnya, Bruno Fernandes memang tampil bagus kontra Uruguay. Dia layak didapuk sebagai man of the match berkat kontribusinya untuk Portugal.

Selain Bruno Fernandes, ada sejumlah pemain yang juga punya pengaruh di balik kemenangan A Selecao das Quinas, seperti kiper Diogo Costa dengan penyelamatannya.

Termasuk Bruno Fernandes dan Diogo Costa, berikut 5 pemain terbaik Portugal saat membungkam Uruguay 2-0. Pemilihan berdasarkan rating tertinggi di laman WhoScored.

 

Infografis Grup H Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Peringkat

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya