Mada 9, Supercar Buatan Afghanistan yang Viral

Afghanistan tak melulu soal perang. Kabar mengejutkan berujung viral mengungkap adanya tim spesialis teknologi dari Afghanistan yang sedang mengembangkan supercar Mada 9.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 25 Nov 2022, 13:13 WIB
Prototipe supercar Mada 9 yang dibuat Afghanistan. (Dok. Propakistani)

Liputan6.com, Jakarta - Afghanistan tak melulu soal perang. Kabar mengejutkan berujung viral mengungkap adanya tim spesialis teknologi dari Afghanistan yang sedang mengembangkan supercar

Sebuah postingan video mobil sport bernama 'Mada 9' yang viral di media sosial mendapatkan respons positif dari warganet yang menunjukkan apresiasi atas upaya tersebut.

Menurut detailnya, Mada 9 adalah prototipe supercar yang dibangun di Pusat Pendidikan Teknis dan Kejuruan Navavari Afghanistan. Supercar ini merupakan produk kerjasama antara ENTOP, Kementerian TI, dan Pusat Inovasi Afghanistan.

Dalam video yang beredar menunjukkan body Mada 9 terbuat dari material komposit yang ringan. Mobil ini didasarkan pada sasis rangka tubular, memiliki suspensi pushrod bergaya F1, dan tata letak mesin tengah — di mana mesin berada di belakang pengemudi.

Chief Executive Officer (CEO) ENTOP, Muhammad Raza Ahmadi dalam video tersebut menyatakan, timnya telah mengembangkan prototipe Mada 9 selama lima tahun, seperti dikutip dari propakistani, Jumat (25/11/2022). Proyek ini diupayakan selesai dalam dua pekan dan berencana untuk memamerkan bentuk finalnya pada ajang Qatar Exhibition.

 

 
2 dari 3 halaman

Tonggak Penting Afghanistan

Prototipe supercar Mada 9 yang dibuat Afghanistan. (Dok. Propakistani)

Para pengembang juga mengklaim Mada 9 didesain dengan mempertimbangkan medan perbukitan Afghanistan. Sebelum memasukkannya ke dalam produksi, tim pengembang akan menguji prototipe-nya secara ketat.

Perusahaan diharapkan dapat membagikan rincian lebih lanjut tentang mobil tersebut pada perilisan resminya. Meskipun tanpa tenggat waktu eksekusi yang diketahui publik, Mada 9 dinilai sebagai proyek ambisius yang merupakan tonggak penting bagi rakyat Afghanistan.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan

Infografis Kejatuhan dan Kebangkitan Taliban di Afghanistan. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya