6 Tips Datang ke Festival Kuliner, Makan Sedikit dan Jangan Pergi Sendirian

Terkadang banyaknya pilihan di festival kuliner membuat kita bingung dan kurang bisa menjaga pola makan.

oleh Henry diperbarui 28 Okt 2022, 06:30 WIB
Ada 60 Kuliner Legendaris di Kampoeng Legenda 2022 di Mal Ciputra. (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Di saat pandemi sudah semakin melandai, beragam acara seperti festival kuliner kembali marak. Salah satunya diadakan oleh Mal Ciputra di kawasan Grogol, Jakarta Barat.

Kembali bekerjasama dengan JIISCOMM, mereka menghadirkan event kuliner bertajuk Kampoeng Legenda yang akan berlangsung mulai 26 Oktober hingga 6 November 2022 bertempat di area Center Court dan Lower Ground.  Di festival ini Anda bisa mencoba beragam kuliner legendaris khas Indonesia.

Anda bisa mencicipi cita rasa makanan khas dari berbagai daerah tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya. Karena kita hanya tinggal datang ke satu event, dan memilih makanan dari daerah mana yang ingin kita coba.

Namun terkadang banyaknya pilihan membuat kita bingung dan kurang bisa menjaga pola makan. Untuk bisa menikmati festival kuliner seperti Kampoeng Legenda, ada sedikit tips dari perwakilan JISCOMM, Eni Rohaeni, agar bisa menikmati festival ini dengan maksimal.

1. Jangan Datang Sendirian

Makan beramai-ramai biasanya terasa lebih seru. Kita sambil mengobrol santai dan bercanda tawa. Terlebih lagi kalau kita datang ke festival kuliner, tak hanya sharing cerita saja, Anda juga bisa saling berbagi makanan.

"Kalau datang ke event kuliner dan memang berniat mencoba berbagai macam jenis kuliner, jangan datang sendirian. Dijamin perut kita tidak cukup untuk menampung semua makanan yang ada seperti di event ini," jelas Eni.

"Coba datang bersama teman-teman atau keluarga. Anda bisa saling mencicipi makanan satu sama lain. Jadi, walaupun kita hanya membeli satu jenis makanan, kita tetap bisa mencoba makanan yang. Dari segi biaya pun jadi jauh lebih murah kan," lanjutnya.

2. Jangan Datang dalam Keadaan Lapar

Melihat banyaknya ragam makanan di depan mata mungkin akan membuat Anda kalap dan lapar mata karena ingin mencoba semua jenis makanan yang ada.  Untuk mengantisipasi rasa kenyang sebelum waktunya, alias kenyang saat Anda masih ingin coba ini itu, Anda mungkin berpikir untuk tidak makan sebelum datang ke festival kuliner.

Namun hal itu justru salah besar, karena ketika Anda tidak makan seharian, lalu tiba-tiba makan banyak, Anda akan merasa cepat kenyang. Sama seperti saat Anda puasa, setelah seharian tidak makan, pada waktu buka puasa Anda cenderung akan cepat kenyang. Jadi, usahakan tetap makan walaupun sedikit sebelum Anda datang ke festival kuliner. Bisa dengan makan selembar roti atau buah.

2 dari 4 halaman

3. Coba Makana Ringan

Ada 60 Kuliner Legendaris di Kampoeng Legenda 2022 di Mal Ciputra. (Liputan6.com/Henry)

Kalau Anda ingin mencoba banyak makanan, jangan terpaku dengan makanan-makanan berat saja, coba makanan ringan ataupun minuman khas dari daerah lain yang dijual di festival kuliner tersebut. Karena porsi makanan berat yang cenderung banyak, Anda akan cepat merasa kekenyangan. Imbangi dengan makanan yang ringan agar tidak memberi tekanan berlebih kepada perutmu.

4. Cari Momen Unik

Buat Anda yang aktif di media sosial atau para food blogger pasti tidak mau ketinggalan untuk mengambil foto makanan-makanan yang ada di depan mata .Coba sekali-kali jangan hanya terfokus dengan makanan yang ada ada di meja Anda saja. Coba cari momen unik untuk difoto selain makanan yang ada di tangan Anda.

Ansa bisa foto pedagang yang sedang memasak, bara api yang menyala saat membakar sate, atau ekspresi penjual yang sedang meracik makanan. Pasti banyak keunikan yang bisa kita temui, tidak melulu ‘photo before fork’ saja, alias mengambil foto makanan di meja makan.

3 dari 4 halaman

5. Jangan terburu-buru

Ada 60 Kuliner Legendaris di Kampoeng Legenda 2022 di Mal Ciputra. (Liputan6.com/Henry)

Mendatangi festival kuliner bukan hanya tentang makan dan minum saja, tapi Anda juga harus menikmati suasana santai bersama teman-teman, atau dengan diri Anda sendiri jika Anda datang sendirian.Nikmati setiap suapan yang ada di piring Anda, janganlah terburu-buru. Makan dengan perlahan sama saja menyayangi organ pencernaan dan menikmati setiap gigitan yang masuk ke dalam mulut juga bisa membawa kebahagiaan.

Jangan lupa untuk memberi jeda sehabis makan yang satu sebelum ke makanan yang lain. Biasanya Anda akan lebih menikmati hidangan yang ada. Namun kalau memang waktu Anda terbatas dan ada keperluan mendadak, Anda bisa memesan makanan di sejumlah gerai favorit Anda untuk kemudian dibawa pulang.

6. Makan dengan Porsi Sedikit

Ada beberapa gerai makanan yang mungkin jad favorit dan incaran Anda. Terkadang hal itu membuat kita agak kalap dan menyantap dalam porsi besar. Kalau sudah begitu, Anda bisa cepat kenyang dan harus menunggu waktu lebih lama lagi agar bisa mencoba makanan lainnya.

"Beli dengan porsi sewajarnya saja. Kalau memang suka banget sama makanannya, ya minta dibungkus lagi saja untuk dibawa pulang. Setelah itu kita bisa mencoba makanan di stand lainnya," tutur Eni.  Prinsip ini mengingatkan kita pada saran pakar kuliner William Wongso yang pernah mengungkapkan bisa tetap menjaga bera badannya meski suka menyantap beragam makanan. "Kalau saya cukup icip-icip saja, makan seperlunya saja untuk satu jenis makanan supaya bisa mencoba makanan lainnya," ucapnya beberapa waktu lalu.

4 dari 4 halaman

Mengobati Kerinduan

Ada 60 Kuliner Legendaris di Kampoeng Legenda 2022 di Mal Ciputra.  (Liputan6.com/Henry)

Sementara itu, festival Kampoeng Legenda susdah memasuki tahun ke-7 dan hanya sempat absen pada 2020 saat pandemi Covid-19 baru melanda Indonesia.  Di event ini para pengunjung akan dimanjakan dengan kelezatan lebih dari 60 kuliner legendaris Indonesia.

Di antaranya adalah Toko OEN dari Semarang (sejak 1936), Kupat Tahu Gempol dari Bandung (1965), Babi Guling Candra dari Bali (1984), Sate Kambing H. Bejo dari Solo (1971), Rumah Makan Tinoor Masakan Manado dari Jakarta (1950), Asem Koh Liem dari Semarang (1978), Gudeg Yu Djum dari Jogjakarta (1951), dan masih banyak lagi.

"Kami menghadirkan Kuliner Legendaris Indonesia yang otentik dan turun-temurun didatangkan langsung dari kota asalnya. Para penyuka kuliner tidak perlu repot-repot ke tempat asalnya untuk mendapatkan kuliner impian, Di Kampoeng Legenda ini semua kerinduan akan terobati disini disertai dengan beragam keuntungan menarik," ucap Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta dalam acara peluncuran Kampoeng Legenda, di Mal Ciputra Jakarta, Kamis, 27 Oktober 2022.

"Kita juga berharap ajang ini bisa memberikan peluang bagi para pelaku UMKM kuliner agar bisa mengembangkan bisnis kulinernya secara luas. Harapannya, kuliner Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta dapat menggerakan roda perekonomian yang masih belum seratus persen pulih terdampak pandem," sambungnya.  Ferry menambahkan, festival kuliner seperti Kampoeng Legenda ini bisa menjadi salah satu cara melestarikan budaya lewat kuliner asli Indonesia agar tidak punah atau dilupakan.

Pengunjung bisa menikmati makanan langsung di tempat, bawa pulang, serta pesan dari rumah melalui online EBS order dengan jarak maksimum 10 kilometer. Sejumlah penawaran juga bisa didapatkan, seperti cashback sampai dengan 60 persen maksimal Rp10 ribu untuk transaksi pesan online EBS, serta cashback Rp20 ribu menggunakan QRIS Octo.

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya