IBL Gelar Turnamen Pramusim Indonesia Cup Diadakan di Solo

IBL Indonesia Cup merupakan turnamen pramusim yang diikuti 15 klub peserta liga. Ajang ini digelar di Solo.

oleh Thomas diperbarui 26 Okt 2022, 19:45 WIB
Suasana Pengundian IBL Indonesia Cup 2022 (Liputan6.com/Thomas)

Liputan6.com, Jakarta- Menjelang IBL musim 2022/2023, klub-klub peserta mendapat kesempatan untuk memanaskan mesin. Ada turnamen pramusim IBL Indonesia Cup yang berlangsung 4 sampai 13 November 2022 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah.

IBL Indonesia Cup 2022 diikuti oleh 15 klub peserta musim reguler IBL. Indonesia Patriots yang merupakan timnas basket Indonesia tak ikut serta di IBL Indonesia Cup 2022 karena masih TC di Amerika Serikat.

Ke-15 klub peserta IBL Indonesia Cup 2022 ini dibagi dalam empat grup. Pengundian pembagian grup dilakukan IBL pada Rabu (26/10/2022) di KFC Naughty by Nature Senopati, Jakarta. Proses pengundian melibatkan tiga legenda basket Indonesia Dwi Eriano, Amin Prihantono dan Bugi Setiawan. Ketiganya ditemani manajer senior kompetisi IBL, Rufiana.

“IBL memang selalu berusaha menjaga konektivitas dengan legenda-legenda bolabasket Indonesia, agar para pecinta basket Indonesia terutama anak-anak muda juga mengenal legenda-legenda tersebut,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

IBL Indonesia Cup 2022 masih belum akan diikuti oleh para pemain asing. Hanya pemain naturalisasi yang diizinkan bermain. Praktis cuma satu klub yang akan memakai pemain naturalisasi yakni Dewa United Surabaya dengan Jamarr Andre Johnson.

2 dari 4 halaman

Jamarr

Suasana Pengundian IBL Indonesia Cup 2022 (Liputan6.com/Thomas)

Jamarr kali ini bebas bermain penuh di Indonesia Cup. Tidak seperti musim reguler IBL dimana Jamarr harus menerima kenyataan harus bermain bergantian dengan pemain asing di atas lapangan.

“Kami siap bermain. Saya tak peduli apakah akan mencetak angka banyak atau tidak, terpenting tim kami menang,” kata Jamarr.

Sementara Satria Muda yang gagal dalam level nasional IBL Gojek 3X3 juga menyimpan penasaran. “Kami gagal jadi juara nasional 3X3, ini saatnya pembalasan,” tegas pemain Satria Muda, Avan Seputra.

3 dari 4 halaman

Format

Pembagian grup IBL Indonesia Cup 2022 dilakukan dengan membagi ke-15 peserta dalam empat pot berdasarkan berdasarkan peringkat mereka dalam kompetisi regular IBL 2022. Pot pertama berisi empat tim teratas Pelita Jaya Bakrie, Satria Muda Pertamina, Prawira Bandung dan NSH Mountain Gold Timika.

Pot kedua Pot kedua diisi empat tim terbawah waktu itu yakni Evos Thunder Bogor, Satya Wacana Salatiga, Tangerang Hawks dan Bima Perkasa Jogja. Sementara Dewa United Surabaya, RANS PIK Basketball, West Bandits Combiphar Solo dan Amartha Hangtuah berada pada pot ketiga dan pot terakhir diisi Elang Perkasa Pacifc Caesar Surabaya, Bali United Basketball dan Bumi Borneo Basketbal Pontianak.

“Dua tim terbaik masing-masing grup akan maju ke babak berikutnya. Juara grup A bertemu runner up grup B, runner up grup A melawan juara grup B. Juara grup C berhadapan dengan runner up grup D dan juara grup D melawan runner up grup C,” jelas Rufiana.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Undian

Karena jumlah peserta 15, maka ada satu grup yang hanya berisi tiga klub saja. Hasil undian menempatkan Grup B hanya dihuni tiga klub yakni Evos, Satria Muda dan Hangtuah.

Grup A akan ditempati NSH, Dewa United, Pacific Caesar dan Satya Wacana. Sedangkan Grup C berisi Pelita Jaya, BPJ, Bali United dan Rans PIK. Grup D akan beranggotakan Bumi Borneo, West Bandits, Prawira dan Hawks.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya