Tim Angkat Besi Indonesia Rebu 3 Emas di Kejuaraan Asia 2022

Total tim angkat besi Indonesia membawa pulang 3 emas, 9 perak, 9 perunggu dari ajang Kejuaraan Asia 2022.

oleh Thomas diperbarui 15 Okt 2022, 16:00 WIB
Tim angka besi Indonesia membawa pulang tiga medali emas dari Kejuaraan Asia 2022

Liputan6.com, Jakarta- Cabang olahraga angkat besi kembali mengharumkan nama Indonesia di level internasional. Pada pertengahan Oktober 2022, angkat besi Indonesia sukses meraih hasil membanggakan di Kejuaraan Asia 2022 (IWF Asian Championships 2022) yang berlangsung di Manama,Bahrain pada 6-16 Oktober 2022.

Total tim angkat besi Indonesia membawa pulang 3 emas, 9 perak, 9 perunggu dari ajang Kejuaraan Asia 2022. Kontingen Indonesia yang dipimpin Manajer Pura Darmawan itu, tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat(14/10) pukul 23.00 WIB.

Kedatangan para lifter Indonesia itu diaambut oleh Sekjen Pengurus Besar Angkat Besi Seluruh Indonesia(PB PABSI) Djoko Pramono di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Djoko, hasil yang diraih para lifter Indonesia di ajang Kejuaraan Asia itu cukup memuaskan.

"Yang terpenting PB PABSI bisa mengevaluasi untuk persiapan Kejuaraan Dunia yang juga merupakan babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Kolombia pada Desember mendatang, " kata Djoko Pramono di sela-sela penyambutan para atlet seperti dilansir Antara..

Djok menambahkan, Kejuaraan Dunia di Kolombia merupakan event terpenting yang akan dihadapi oleh para lifter Indonesia dalam upaya mencari poin untuk lolos Olimpiade 2024.

"Makanya di ajang Kejuaraan Asia, kami tidak membebani target kepada para atlet yang berlaga. Fokus kami paling tidak meloloskan tujuh lifter di Olimpiade mendatang, " ungkapnya lagi

2 dari 3 halaman

Papua

Tim angka besi Indonesia membawa pulang tiga medali emas dari Kejuaraan Asia 2022

Terpisah, Ketua KONI Pusat, Marciano Norman menyambut baik hasil yang telah diraih oleh para lifter Indonesia itu.

"Selamat atas Prestasi yang dicapai. Sangat Membanggakan. Terima Kasih Timnas Angkat Besi Indonesia dan Terima kasih PB PABSI,"ujar Marciano Norman melalui pesan Whatssap.

Tiga medali emas dipersembahkan oleh, Siti Nafisatul Hariroh dari kelas 45kg, Rizki Juniansyah kelas 73kg, Rahmat Erwin Abdullah di kelas 80kg.

Prestasi terbaik ditunjukkan lifter putri debutan asal Papua, Natasya Beteyob yang tampil di kelas 59kg dengan perolehan medali perak. Begitu juga, lifter Papua lainnya, Ricko Saputra di bagian putra kelas 61kg dengan membawa medali perunggu.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Pertama

"Puji Tuhan, ini merupakan pengalaman pertama saya tampil di Kejuaraan Asia. Saya merasaka atmosfer persaingan ketat para lifter Asia. Bersyukur saya berhasil membawa pulang medali. Selanjutnya, saya harus fokus menghadapi Kejuaraan Dunia agar lolos Olimpiade nanti, " papar Natasya Beteyob.

Senada juga diungkapkan oleh lifter Rizki Juniansyah yang berharap ia lolos ke Olimpiade Paris 2024 untuk pertama kalinya.

Seperti diketahui, pada Kejuaraan Asia 2020 yang bergulir di Tashkent, Uzbekistan pada 16-25 April 2021 lalu, Indonesia mendulang dua perunggu melalui Windy Cantika pada angkatan snacth kelas 49kg putri dan Rahmat Erwin di kelas 73kg putra pada angkatan clean and jerk.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya