Tak Hanya Cantik, 5 Pebulutangkis Putri Ini Punya Segudang Prestasi

Bukan hanya cara bermain, pebulutangkis putri dunia ini dianugrahkan berparas cantik dan punya banyak prestasi.

oleh Muhammad Farhan diperbarui 12 Okt 2022, 15:30 WIB
Gronya adalah atlet yang aktif membagikan kesehariannya di sosial media.

Liputan6.com, Jakarta - Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga paling digemari di dunia, terutama di Indonesia. Bagi Indonesia, olahraga ini sudah menorehkan banyak prestasi di berbagai kejuaraan bergengsi dunia, seperti piala All England, Piala Thomas, hingga medali Olimpiade. 

Popularitas bulu tangkis di Indonesia membuat pada penggemar bulu tangkis atau biasa disebut badminton lovers (BL) tak hanya mengidolakan atlet bulu tangkis asal Indonesia, tetapi juga atlet bulu tangkis dunia, baik pebulutangkis putra atau pebulutangkis putri

Tak kalah dengan pebulutangkis putra, pebulutangkis putri juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Tidak hanya punya wajah cantik dan anggun saja, para pebulutangkis putri ini telah melahirkan banyak prestasi selama berkiprah di dunia tepok bulu, sehingga para pemain bulu tangkis putri ini banyak dikagumi oleh semua kalangan terutama para kaum adam. 

Berikut lima pebulutangkis cantik dan juga bertabur prestasi, versi Liputan.com:

1. Gronya Somarville

Gronya Somerville merupakan atlet bulu tangkis asal Australia yang fokus di nomor ganda putri. Nama Gronya sudah tak asing lagi di kalangan BL Indonesia. Atlet berparas cantik ini memiliki kemampuan bermain badminton cukup hebat dan pernah beberapa kali juara di berbagai ajang bulu tangkis. 

Pada 2019, Gronya perdana meraih gelar juara level dunia saat mengikuti turnamen super 100 Canada Open. Kala itu, dirinya turun di ganda putri bersama Setyana Mapasa. Selanjutnya Gronya juga memenangkan sembilan gelar kejuaraan Oceania, masing-masing enam di ganda putri dan tiga di ganda campuran. 

Teranyar, atlet 27 tahun ini meraih medali perak di kompetisi Oceania Championship Melbourne 2022. Medali tersebut didapat bersama pasangan ganda putrinya, Kaitlyn Ea. 

2 dari 5 halaman

2. Aya Ohori

Tunggal putri Jepang, Aya Ohori. (PBSI)

Aya Ohori adalah pemain bulu tangkis tunggal putri asal Jepang dan saat ini berada di peringkat 21 ranking BWF.

Pemain berusia 26 tahun ini dikenal berparas cantik di mata penggemar bulu tangkis dunia. Namun, selain cantik, dirinya pun telah menorehkan banyak prestasi di level dunia.

Prestasi terakhi, Aya Ohori sebagai runner-up di ajang Uber Cup 2021 sehingga Jepang mendapatkan medali silver di turnamen bulu tangkis wanita dunia. 

Selanjutnya, rekor yang dipegang oleh pebulutangkis kidal ini cukup apik sejak terjun di level senior, yakni 161 kemenangan dan 102 kekalahan.

3 dari 5 halaman

3. Alexandra Boje

Pose Alexandra Boje. (Instagram/AlexandraBoje)

Boje adalah pebulutangkis ganda campuran asal Denmark. Kini, Alexandra Boje berpasangan dengan Mathias Christiansen di ganda campuran.

Sebelum berpasangan dengan Mathias, Alexandra Boje juga pernah bermain di nomor ganda putri, berpasangan dengan Mette Poulsen dan menempati peringkat 29 dunia pada tahun 2021.

Memiliki wajah yang cantik, Alexander Boje kerap kali menyita perhatian Badminton Lovers saat dirinya berada di lapangan maupun saat ia mengungah kesehariannya di Instagram. Bukan hanya soal parasnya yang cantik bikin gagal fokus penonton, Boje juga cukup berprestasi dalam berkarir di bulu tangkis.

Pada nomor ganda campuran, kini Mathias dan Boje berperingkat 9 dunia. Prestasi tertingginya adalah meraih medali perunggu kejuaraan Eropa 2021.Empat gelar super 100, Scottish Open 2019, Irish Open 2019 SaarLorlux Open 2020, dan Orleans Master 2021 telah Boje dan Mathias raih.

4 dari 5 halaman

4. Alina Davletova

Alina Davletova (Instagram/davletovaalinaa)

Alina Davletova adalah pemain bulu tangkis wanita asal Rusia. Alina dikenal sebagai salah satu pebulutangkis cantik yang banyak menyita perhatian publik berkat parasnya.

Di sisi lain, kepiawaiannya bermain bulu tangkis juga tidak perlu diragukan. Dirinya pernah memenangkan gelar ganda campuran di Kejuaraan Junior Eropa pada 2017 dan di Kejuaraan Eropa pada 2021. 

Tidak hanya itu saja, dia merupakan bagian dari tim nasional yang meraih medali emas di Kejuaraan Beregu Campuran Eropa dan Kejuaraan Beregu Putri Eropa.

5 dari 5 halaman

5. Yuki Fukushima

Satu-satunya nomor yang gagal diikuti wakil Cina di parta final adalah ganda putri. Dua pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota sebagai unggulan ke-4 akan menantang unggulan ke-6, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota lolos ke final usai mengalahkan wakil Korea Selatan unggulan ke-2, Lee So Hee/Shing Seung Chan dengan 9-21, 21-14 dan 21-18. (AP/Dita Alangkara)

Fukushima merupakan ratu di sektor ganda putri. Bersama pasangannya, Sayaka Hirota, Fukushima menempati peringkat 7 dunia. Sebelumnya mereka pernah menyentuh peringkat 1 dunia pada tahun 2017

Bersama Sayaka Hirota, prestasi pertama kali pada saat menjuarai Scottish Open Grand Prix 2015. Empat gelar selanjutnya yakni New Zealand Open 2016, Chinese Taipei 2016, Yonex German Open 2017, Celcom Axiata Malaysia Open 2017. 

Selain lihai bermain bulut angkis, Fukushima juga berparas cantik nan anggun. Netizen beberapa kali dibuat terpesona dengan wajah cantiknya saat di lapangan.

Infografis Prestasi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya