Orang Tua, Begini Cara Ajarkan Anak Supaya Bisa Lebih Mandiri

Penguncian (lockdown), pembelajaran jarak jauh, dan karantina menempatkan batasan berat pada kebebasan fisik anak-anak.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Sep 2022, 17:09 WIB
ilustrasi. Foto: kids.lovetoknow

Liputan6.com, Jakarta Di antara banyak dampak jangka panjang yang begitu menghancurkan sejak adanya Covid-19, pandemi memberikan pukulan satu-dua yang mencegah banyak anak mengembangkan kemandirian dan mengambil lebih banyak tanggung jawab.

Penguncian (lockdown), pembelajaran jarak jauh, dan karantina menempatkan batasan berat pada kebebasan fisik anak-anak. Alhasil itu pun membatasi kesempatan mereka untuk melakukan segala macam hal sendiri di luar rumah.

Selain itu, tidak sedikit para orang tua dan pengasuh yang merasa kelelahan dan ketakutan. Sebab, perlu harus mendorong anak-anak untuk mengikat sepatu mereka sendiri, membuat makan siang sendiri, mencuci pakaian sendiri atau berjalan ke toko untuk membeli susu, berjuang untuk menemukan waktu, dan ruang untuk berinvestasi dalam mengajar tugas-tugas tersebut.

Sekarang, sebagai tahun ajaran yang relatif kembali normal dimulai. Peran keluarga mungkin memiliki lebih banyak kesempatan, dan bandwidth emosional, untuk membantu anak-anak menjadi lebih mandiri.

Bagian penting dari kedewasaan adalah belajar bagaimana "membuat keputusan independen dan menavigasi situasi yang menantang sendiri bila perlu," kata Karen VanAusdal, direktur senior praktik di Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning yang berbasis di Chicago. Mengajari anak TK untuk menyimpan cucian atau mengambil piring sendiri di mungkin terasa jauh dari kemandirian yang perlu mereka kuasai di masa remaja dan dewasa, tetapi ada hubungannya. Mereka belajar untuk memercayai naluri mereka dan berurusan, secara harfiah dan kiasan, dengan barang-barang mereka sendiri.

"Kemandirian juga memungkinkan seseorang untuk menyumbangkan keterampilan dan kepemimpinan mereka untuk memecahkan masalah, baik individu maupun kolektif," kata VanAusdal.

Untuk membantu anak menjadi mandiri, berikut ini adalah pendekatan untuk mendorong kemandirian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individu setiap anak seperti melansir CNN, Selasa (6/9/2022).

 

2 dari 3 halaman

Membangun Hubungan dengan Orang Lain

Ilustrasi Anak dan Orangtua Credit: pexels.com/Julia

Mempelajari cara mengemas ransel atau menuangkan sereal dapat dianggap sebagai anak menjadi lebih mandiri, tetapi orang tua harus membantu mereka melihat bagaimana tindakan yang tampaknya kecil ini menghubungkan mereka dengan orang lain, kata Maurice J. Elias, profesor psikologi di Rutgers University dan rekan penulis "Emotionally Intelligent Parenting: How to Raise a Self-Disciplined, Responsible, Socially Skilled Child”.

"Kita manusia tidak dimaksudkan untuk mandiri. Itu benar secara biologis, dan itu benar secara sosial," katanya. "Kami merindukan dan membutuhkan keterikatan dengan orang lain dan institusi - rumah, sekolah, pekerjaan, komunitas, agama - yang memberi makna dan tujuan hidup kami."

Bingkai keterampilan baru sehingga anak-anak melihat bahwa mereka mengambil peran yang lebih besar dalam keluarga dan komunitasnya. Mempelajari keterampilan seperti itu adalah tentang kesopanan bersama, kata Elias, tetapi juga mempersiapkan anak-anak untuk masa depan yang lebih saling bergantung.

Membantu Anak Membuat Keputusan

Bergerak perlahan dan hormati keadaan emosional dan kompetensi praktis anak. "Anak-anak telah kehilangan rasa percaya diri mereka," kata Elias. "Cobalah untuk membiarkan mereka memulai dengan sesuatu yang mereka akan berhasil, daripada melemparkan mereka langsung ke tantangan yang sulit."

Dengan anak kecil, VanAusdal menyarankan untuk memulai dengan sesuatu yang mendasar, seperti meminta mereka membuat pilihan sederhana. Selain itu, membuat keputusan kecil juga akan membantu mereka merasa lebih percaya diri untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab .

Memasangkan tanggung jawab ini dengan hak istimewa baru dapat membantu anak-anak merasa senang dengan perubahan, tambahnya. Mungkin mereka tidak hanya memasak makan malam, misalnya, tetapi juga memutuskan apa yang akan dimakan keluarga.

 

3 dari 3 halaman

Beri Ruang

Ilustrasi Anak Bermain Credit: pexels.com/pixabay

Orang dewasa harus memberikan ruang kepada anak-anak untuk mengeksplorasi kemandirian mereka, kata VanAusdal.

Kuncinya adalah bagi orang tua agar menyediakan ruang untuk trial and error yang diperlukan. "Pikirkan, 'Inilah dua atau tiga tempat di mana saya dapat membiarkan anak-anak saya mengambil tanggung jawab lebih,'" katanya. "Ya, akan ada beberapa kesalahan, tetapi pada akhirnya akan lebih cepat." Ini bisa menjadi pengalaman yang berkembang bagi semua orang yang terlibat.

Orang dewasa juga dapat mengikuti jejak anak mereka, kata Anya Kamenetz, seorang reporter pendidikan dan penulis buku mendatang "The Stolen Year: How COVID Changed Children's Lives, and Where We Go Now".

Ajarkan Anak Tanggung Jawab

Jangan pernah meremehkan kekuatan kalender keluarga, bagan atau roda tugas, kata Kamenetz. Dia menyarankan untuk mengandalkan jadwal anak-anak dalam membuat kalender untuk tanggung jawab baru. "Tahun ajaran baru akan dimulai," katanya, "jadi ini saat yang tepat untuk mengatur ulang."

Konversi ini membantu anak-anak melihat semua tugas yang membantu menjaga rumah tetap berjalan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya