Dugaan Penyebab Layar Besar Jatuh di Konser Boy Band Mirror

Insiden layar besar jatuh di konser boy band Mirror ini terjadi pada Kamis, 28 Juli 2022, waktu Hong Kong.

oleh Asnida Riani diperbarui 30 Jul 2022, 14:01 WIB
Tangkapan layar dari sebuah video menunjukkan layar video raksasa jatuh saat pertunjukan boy band Mirror di Hong Kong Coliseum pada 28 Juli 2022. (Gambar: Telegram)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penari latar untuk boy band Cantopop Mirror sedang dalam perawatan intensif setelah tertimpa panel video raksasa yang jatuh dari langit-langit saat konser di Hong Kong. Lima orang dilaporkan terluka ketika panel berukuran sekitar empat meter persegi itu jatuh ke atas panggung selama pertunjukan di Hong Kong Coliseum, kata polisi Hong Kong, melansir CNN, Sabtu (30/7/2022).

Kevin Yeung, sekretaris budaya Hong Kong, mengatakan pada Jumat, 29 Juli 2022, panel itu diduga jatuh karena salah satu kabel yang menahannya terlepas."Dari pengamatan awal, sebuah kawat patah dan menyebabkan jatuhnya layar," kata Yeung.

Sekretaris Departemen Tenaga Kerja Hong Kong, Chris Sun, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengesampingkan tindakan hukum terhadap mereka yang bertanggung jawab. Sementara tidak satu pun dari 12 anggota band terluka, ada tiga orang dibawa ke Rumah Sakit Queen Elizabeth untuk perawatan karena kejadian horor tersebut.

Video saat layar jatuh menimpa para penari jadi viral di media sosial, dan badan amal lokal telah membuat hotline untuk 10 ribu penonton konser dalam mengatasi trauma atas apa yang mereka lihat. Delapan pertunjukan yang tersisa dalam rangkaian konser grup Hong Kong itu dibatalkan.

Kepala Eksekutif Hong Kong, John Lee, telah menyerukan penyelidikan. Ia berkata, "Saya telah menghubungi Sekretaris Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata (Hong Kong)."

"Juga, menginstruksikan Departemen Layanan Kenyamanan dan Kebudayaan, bersama departemen terkait, untuk menyelidiki insiden secara komprehensif dan meninjau persyaratan keselamatan dari kegiatan pertunjukan serupa untuk melindungi keselamatan para pemain, staf yang bekerja, dan anggota masyarakat," kata Lee soal insiden konser Mirror.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf

Tangkapan layar dari sebuah video menunjukkan layar video raksasa jatuh saat pertunjukan boy band Mirror di Hong Kong Coliseum pada 28 Juli 2022. (Gambar: Telegram)

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, penyelenggara konser, Makerville, meminta maaf karena menyebabkan "ketidaknyamanan bagi pemirsa atau orang lain yang terpengaruh." Pihaknya juga mengatakan bahwa orang-orang yang menghadiri konser pada Kamis, 28 Juli 2022 itu akan memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian dana.

Insiden itu terjadi setelah para penggemar di tiga pertunjukan sebelumnya memperingatkan bahwa panggung dan set tampak tidak stabil. Mereka bahkan membuat petisi yang meminta penyelenggara konser memastikan keselamatan para personel band.

Menurut juru bicara Otoritas Rumah Sakit Hong Kong, salah satu penari menderita cedera leher dan sekarang dalam dalam perawatan intensif. Yang lainnya menderita luka di kepala dan digambarkan stabil. Nama mereka tidak dirilis, tapi pihak berwenang mengatakan bahwa keluarga penari yang terluka parah itu diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Hong Kong dari Kanada.

Sejumlah kecil penonton juga dirawat karena syok, menurut laporan Variety. Yeung mengatakan, departemennya akan "membentuk satuan tugas yang dipimpin asisten direktur untuk bekerja dengan Departemen Tenaga Kerja dan pihak terkait untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu." Penyelidikan disebut bisa memakan waktu beberapa minggu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Insiden Lebih Kecil Sebelumnya

Boy band asal Hong Kong, Mirror. (dok. Instagram @mirror.weare/https://www.instagram.com/p/CgcVU_cvkdK/)

Lebih lanjut Yeung mengatakan, kedua departemen telah menghubungi penyelenggara konser "tentang insiden panggung dalam beberapa hari terakhir dan meminta penyelenggara meninjau dan memperbaiki situasi." Seperti telah disinggung, konser tersebut diselenggarakan MakerVille, cabang bisnis hiburan PCCW, dan Music Nation.

Perusahaan menyebut, mereka bekerja sama dengan pihak berwenang dan jika ditemukan ketidakwajaran, akan melapor pada polisi. Tiga konser sebelumnya telah mencatat insiden lebih kecil.

Pada Selasa, 26 Juli 2022, personel Mirror, Frankie Chan Sui-fai, jatuh dari tepi panggung setinggi sekitar satu meter saat sedang berbicara dengan penonton. Ia menderita memar yang ditunjukkan di media sosial.

Pada Senin, 25 Juli 2022, tiga anggota band tampaknya kehilangan langkah pada struktur yang ditangguhkan. Sementara itu, Anson Kong Ip-sang dilaporkan telah kehilangan keseimbangan selama pertunjukan lain saat berada di panggung. Insiden-insiden inilah yang membuat para penggemar membuat petisi.

Mirror, yang memanfaatkan K-pop sebagai pengaruh, dibentuk pada 2018 melalui reality show yang dirancang untuk memproduksi boy band hit. Personelnya bernyanyi dalam bahasa Kanton, bahasa Cina yang digunakan secara luas di wilayah bekas jajahan Inggris itu.

 

4 dari 4 halaman

Muncul di Tengah Gejolak

Boy band asal Hong Kong, Mirror. (dok. Instagram @mirror.weare/https://www.instagram.com/p/CYrShQfP8Wg/)

Lirik eskapis Mirror telah jadi semacam "balsam" bagi populasi yang cemas selama periode penuh gejolak di Hong Kong. Pada 2019, kota itu dilanda protes massa selama berbulan-bulan yang dipicu undang-undang yang diusulkan untuk memungkinkan ekstradisi ke daratan China.

Kemudian, muncul rumpun pembatasan terkait pandemi COVID-19 yang telah menghancurkan ekonomi Hong Kong. Juga, undang-undang keamanan nasional yang telah membatasi kebebasan dengan "kecepatan yang menakjubkan," lapor New York Times.

Popularitas Mirror melonjak saat Hong Kong tengah berjuang. Band ini menjual habis ruang konser, terhitung untuk satu-satunya acara berskala besar di kota itu selama masa krisis kesehatan global. Wajah anggotanya telah terpampang di papan reklame, bus, dan iklan kereta bawah tanah.

Coliseum tempat Mirror tampil pada Kamis, 28 Juli 2022 dibuka pada 1983, menurut situs web departemen rekreasi. Ini menampung sekitar 12.500 orang, kata situs itu, dan memenuhi permintaan lokal untuk "stadion dalam ruangan kelas dunia."

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya