Apple Bakal Patok Harga iPhone 14 Lebih Mahal dari Generasi Sebelumnya

Harga iPhone 14 series akan mengalami kenaikan hingga USD 100 atau Rp 1,5 juta karena stok terbatas dan inflasi.

oleh Yuslianson diperbarui 11 Jul 2022, 15:14 WIB
Bocoran iPhone 14 series (Foto: Twitter/ @EveryApplePro).

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut akan mematok harga iPhone 14 lebih mahal ketimbang seri sebelumnya saat peluncuran.

Adapun hal ini dikarenakan inflasi yang terjadi secara global, di mana stok semikonduktor terbatas dan harga bahan mentah pembuatan HP Apple lebih tinggi.

Analis Wedbush Securities, Dan Ives, mengatakan harga iPhone 14 series akan mengalami kenaikan hingga USD 100 atau Rp 1,5 juta karena stok terbatas dan inflasi.

"Karena rantai pasokan dan inflasi yang melanda pasar global saat ini, Apple akan membebankan biaya ini kepada konsumen saat peluncuran iPhone 14 nanti," kata Dan sebagaimana dikutip iMore, Senin (11/7/2022).

Pada Mei 2022, Samsung ikutan menaikkan harga produksi chip sebesar 20 persen. Berbagai perusahaan di industri komponen juga menaikkan harga dengan berbagai alasan.

Ditambah dengan kasus lockdown di sejumlah lokasi produksi dan perakitan perangkat iPhone, Apple pun harus berjuang untuk mengejar deadline produksi iPhone, iPad, dan MacBook.

Bila memang Apple akan menaikkan harga HP iPhone terbaru 2022 tersebut, maka versi standar iPhone 14 (128GB) akan dijual seharga USD 899 (Rp 13 juta), Pro senilai USD 1099 (Rp 16 juta), dan Pro Max USD 1199 (Rp 18 juta).

Perlu diketahui, hanya dua model iPhone 14 yang akan menggunakan chipset terbaru milik Apple A16 Bionic, yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Versi iPhone 14 lainnya hanya akan menggunakan chipset A15, seperti iPhone 13 series.

2 dari 3 halaman

Chip Terbaru Apple Cuma untuk iPhone 14 Versi Pro

iPhone 14 Pro dikabarkan tidak akan lagi menggunakan notch melainkan cutout berbentuk serupa huruf i (Foto: EveryApplePro).

Laporan dari analis Ming-Chi Kuo menyebut chip A16 baru dari Apple kemunginan bakal disimpan secara eksklusif untuk iPhone 14 Pro. Sementara itu, model iPhone 14 biasa hanya akan mendapatkan chip A15.

Kuo juga mengatakan, model iPhone yang lebih rendah di kelas entry atau mid-range, tidak akan lagi menggunakan chip teranyar Apple karena perubahan strategi bisnis perusahaan. 

Apple sendiri diperkirakan bakal memperkenalkan empat model iPhone 14 pada tahun ini: iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 14 versi biasa kabarnya bakal memiliki desain yang mirip dengan iPhone 13 dengan pembaruan internal minimal. Sementara, versi Pro-nya akan mendapat lebih banyak perhatian dengan desain layar baru dan upgrade kamera yang signifikan.

Dikutip dari 9to5Mac, sumber independen menyebutkan bahwa hanya dua dari empat modei iPhone 14 yang akan mendapatkan chip baru yang lebih cepat.

Meski beberapa analis percaya Apple akan menggunakan versi yang lebih kuat dari chip A15 dengan RAM 6GB dan 4GB di ponsel baru, arsitekturnya akan sama dengan yang ditemukan pada chip iPhone 13.

Dalam catatan di blog pribadinya, Kuo mencatat bahwa perbedaan besar antara iPhone 14 kelas menengah dan iPhone 14 Pro kelas atas, seharusnya membuat model yang lebih mahal semakin populer di kalangan konsumen.

3 dari 3 halaman

Chip Terbaru Hanya untuk iPhone Kelas Atas

Ilustrasi iPhone 14. Dok: macrumors.com

Sebelumnya, iPhone 14 Pro diharapkan menyumbang 40 persen sampai 50 persen dari penjualan model-model baru pada akhir tahun 2022, perkiraan tersebut kini telah dinaikkan menjadi 60 persen.

Namun sebagai tambahan, Kuo juga mengklaim chip terbaru Apple hanya akan tersedia untuk model iPhone kelas atas. Analis percaya Apple tidak akan lagi merilis model iPhone kelas yang lebih rendah dengan chip terbaru dan terbaik mereka.

Mempertahankan prosesor untuk model iPhone yang lebih mahal dinilai akan membuat lebih banyak orang membeli model ini ketimbang yang lebih murah, yang akan mengakibatkan harga rata-rata iPhone naik.

Artinya, keuntungan Apple dari penjualan iPhone akan semakin tinggi. Kuo juga mencatat bahwa ini akan menguntungkan pemasok kamera untuk iPhone kelas atas.

Apple sendiri dijadwalkan akan meluncurkan deretan model iPhone terbaru pada 13 September 2022. Pada acara ini, perusahaan diklaim akan mengumumkan seri iPhone 14.

Rencananya, perusahaan bentukan Steve Jobs itu akan mengungkap iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Jelang peluncuran, berbagai bocoran informasi terkait keempat model iPhone 14 tersebut semakin ramai diperbincangkan.

(Ysl/Tin)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya