Jalan Panjang Kasus R. Kelly hingga Vonis 30 Tahun Penjara Akibat Pelecehan Seksual

Berikut adalah sejarah atau jalan panjang tuduhan terhadapnya hingga vonis 30 tahun penjara R. Kelly atas kasus perdagangan seks hingga pelecehan seksual yang menimpanya.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 30 Jun 2022, 16:37 WIB
R Kelly dalam persidangan. (Antonio Perez/Chicago Tribune via AP, Pool, File)

Liputan6.com, New York - Selama lebih dari dua dekade, penyanyi R&B yang menduduki puncak tangga lagu R. Kelly telah menghadapi tuduhan pelecehan seksual.

Mengutip BBC, Kamis (30/6/2022), kisah-kisah terkait pelecehan seksual itu terjadi pada awal karirnya di era 1990-an, dengan pusaran kasus pada pengejaran predator terhadap gadis-gadis remaja.

Pada September 2021, ia dinyatakan bersalah atas delapan dakwaan perdagangan seks dan satu pemerasan di pengadilan New York hingga akhirnya pada Rabu 29 Juni ia dijatuhi hukuman 30 tahun penjara.

Penyanyi - yang bernama asli Robert Sylvester Kelly - secara terpisah menghadapi persidangan di Chicago atas pelecehan seks anak dan tuduhan penghalangan. Dia juga menghadapi tuduhan pelecehan seksual di Illinois dan Minnesota.

Kelly juga diketahui sebagai korban pelecehan seks anak, dan merinci dalam otobiografinya bagaimana dia diperkosa oleh seorang anggota keluarga perempuan ketika dia berusia delapan tahun.

Berikut adalah sejarah atau jalan panjang tuduhan terhadapnya hingga vonis 30 tahun penjara terhadap pelantun “I Believe I Can Fly”, atas kasus perdagangan seks yang menimpanya.

1994: Menikah dengan Aaliyah

Kelly, yang saat itu berusia 27 tahun, menikahi penyanyi berusia 15 tahun Aaliyah dalam sebuah upacara rahasia di Chicago.

Majalah Vibe kemudian menemukan Aaliyah telah berbohong tentang usianya di akta pernikahan, mencantumkan dirinya sebagai 18 tahun. Pernikahan itu dibatalkan pada Februari 1995.

Seorang mantan manajer tur untuk Kelly bersaksi di persidangan bahwa dia menyuap seorang pegawai pemerintah pada tahun 1994 untuk mendapatkan ID palsu untuk Aaliyah - sehingga penyanyi bisa menikah.

Selama sisa karirnya, Aaliyah menghindari pertanyaan tentang sifat hubungannya. "Ketika orang bertanya kepada saya, saya memberi tahu mereka, 'Hei, jangan percaya semua kekacauan itu,'" katanya kepada seorang pewawancara. "Kami dekat dan orang-orang mengambilnya dengan cara yang salah."

Kelly jarang berbicara tentang Aaliyah setelah dia meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2001. Dia tidak disebutkan dalam otobiografinya, di mana catatan penulis menjelaskan "episode tertentu tidak dapat dimasukkan karena alasan yang rumit".

Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan majalah GQ, dia menggambarkan hubungan mereka sebagai "sahabat terbaik, terbaik, terbaik", tetapi menolak berkomentar tentang pernikahan mereka, dengan mengatakan: "Saya tidak akan pernah melakukan percakapan itu dengan siapa pun. Untuk menghormati Aaliyah, dan ibu serta ayahnya yang meminta saya untuk tidak melakukannya secara pribadi."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1996: Digugat karena Tekanan Emosional

R Kelly dalam persidangan. (Antonio Perez/Chicago Tribune via AP, Pool, File)

Tiffany Hawkins menggugat R. Kelly untuk "cedera pribadi dan tekanan emosional" yang dideritanya selama tiga tahun hubungan dengan bintang tersebut.

Dalam dokumen pengadilan, dia mengatakan bahwa dia mulai berhubungan seks dengan Kelly pada tahun 1991, ketika dia berusia 15 tahun dan Kelly berusia 24 tahun, dan hubungan itu berakhir ketika dia berusia 18 tahun.

Menurut Chicago Sun Times, Hawkins meminta ganti rugi sebesar $10 juta tetapi menerima hanya sebagian kecil dari jumlah itu ($250.000) ketika kasus itu diselesaikan pada tahun 1998.

Juru bicara Kelly mengatakan dia "tidak tahu" tentang tuduhan itu.

2001: Digugat oleh Pekerja Magang

Tracy Sampson menggugat R. Kelly, menuduhnya membujuknya "ke dalam hubungan seksual yang tidak senonoh" ketika dia berusia 17 tahun.

Wanita itu, mantan pekerja magang di Epic Records, mengatakan dia "diperlakukan sebagai objek seks pribadinya dan dibuang".

"Dia sering mencoba mengendalikan setiap aspek kehidupan saya termasuk siapa yang akan saya lihat dan ke mana saya akan pergi," katanya. Kasus ini diselesaikan di luar pengadilan dengan jumlah uang damai yang tidak diungkapkan, menurut New York Post.

April/Mei 2002: Dua Kasus Pengadilan

Kelly digugat oleh Patrice Jones, seorang wanita Chicago yang mengklaim dia menghamilinya ketika dia masih di bawah umur, dan bahwa dia dipaksa untuk melakukan aborsi.

Montina Woods juga menggugat Kelly, menuduh bahwa dia merekam mereka berhubungan seks tanpa sepengetahuannya. Rekaman itu diduga diedarkan dalam "sex tape" yang dijual oleh pembuat minuman keras dengan judul R. Kelly Triple-X.

Penyanyi itu menyelesaikan kedua kasus di luar pengadilan, membayar jumlah yang tidak diungkapkan sebagai imbalan atas perjanjian kerahasiaan.

 

3 dari 4 halaman

Juni 2002: Didakwa atas Video Pelecehan Anak

R. Kelly. (AP Photo/Nam Y. Huh, File)

Dia didakwa dengan 21 tuduhan membuat video pelecehan seksual anak yang melibatkan berbagai tindakan seksual.

Polisi Chicago menuduhnya merekam tindakan tersebut dan membujuk anak di bawah umur untuk berpartisipasi di dalamnya. Semua tuduhan terkait dengan satu gadis, lahir pada September 1984.

Penangkapannya berasal dari sebuah video yang dikirim secara anonim ke Chicago Sun Times awal tahun ini. Mereka menyerahkannya ke polisi, yang memverifikasi keasliannya dengan bantuan ahli forensik FBI.

Kelly, yang memasang jaminan $750.000, segera membantah tuduhan itu dalam sebuah wawancara dengan MTV dan kemudian mengaku tidak bersalah di pengadilan.

Butuh waktu enam tahun bagi kasus ini untuk diadili, selama waktu itu Kelly merilis album Trapped In The Closet yang sangat sukses dan dinominasikan untuk Image Award oleh NAACP (National Association for the Advancement of Colored People), yang memicu kritik luas.

Juri akhirnya menyimpulkan bahwa mereka tidak dapat membuktikan bahwa gadis dalam rekaman itu masih di bawah umur, dan Kelly dinyatakan tidak bersalah dalam semua hal.

2002-2004: Penangkapan Picu Tuntutan Lebih Lanjut

Kelly didakwa dengan 12 tuduhan lagi karena memproduksi gambar pelecehan seksual terhadap anak di Florida, di mana dia ditangkap di rumah liburannya.

Tuduhan ini muncul setelah polisi menyita kamera selama penangkapan, yang diduga berisi gambar dia berhubungan seks dengan seorang gadis di bawah umur.

Tuduhan itu dibatalkan ketika seorang hakim setuju dengan tim pembela Kelly bahwa polisi tidak memiliki cukup bukti untuk membenarkan penggeledahan.

2017: Tuduhan "Aliran Sesat"

Laporan Buzzfeed yang panjang dan terperinci menuduh R. Kelly menjebak enam wanita dalam "sekte" seks.

Artikel tersebut menuduh bahwa Kelly merayu wanita muda ketika mereka mendekatinya untuk meminta bantuan dengan karir musik mereka, sebelum mengambil kendali atas hidup mereka - mendiktekan "apa yang mereka makan, bagaimana mereka berpakaian, ketika mereka mandi, ketika mereka tidur, dan bagaimana mereka terlibat dalam hubungan seksual yang dia rekam".

Kelly juga menyita ponsel para wanita, kata laporan itu, kecuali kontak dengan teman dan keluarga.

Tuduhan itu datang dari tiga mantan karyawan dan orang tua dari beberapa wanita, yang mengatakan bahwa anak perempuan mereka telah menghilang.

 

4 dari 4 halaman

2017-2018: Korban Dekati Pers

Ilustrasi Penangkapan. IOL

Laporan Buzzfeed memicu tuduhan lebih lanjut.

Jerhonda Pace melanggar perjanjian kerahasiaan untuk berbicara tentang berhubungan seks dengan Kelly saat dia masih di bawah umur. Wanita lain, Kitti Jones, mengklaim bintang itu membuatnya kelaparan, memaksanya melakukan hubungan seksual dengan wanita lain dan melecehkannya secara fisik.

Pace akan terus bersaksi melawan Kelly di persidangan 2021.

Nona Kitti, bersama dengan anggota lain dari lingkaran dalam R. Kelly, juga berbicara dengan film BBC Three Documentary pada Maret 2018. Seorang mantan teman dan kolaborator, Lovell Jones, mengatakan Kelly memintanya untuk mencari wanita "yang tampak muda" di pesta-pesta, dan mengklaim bahwa "sudah menjadi rahasia umum" bahwa penyanyi itu lebih menyukai gadis-gadis muda.

2018: #MuteRKelly, Kasus Pengadilan Baru

Kampanye #MuteRKelly melobi label rekaman RCA untuk memutuskan hubungan dengan penyanyi tersebut. Mereka juga menargetkan promotor konser, penjual tiket, dan layanan streaming - dengan Spotify, Apple Music, dan Pandora semuanya setuju untuk menurunkan lagu Kelly dari daftar putar mereka (keputusan yang kemudian dibatalkan).

Sekitar waktu yang sama, pengacara bintang, humas dan asisten pribadi semua berhenti - meskipun pengacara Linda Mensch mengatakan kepergiannya "tidak terkait dengan tuduhan yang berkaitan dengan kehidupan sosial Mr Kelly".

Kelly terus tampil live meskipun ada protes di luar acaranya, dan difilmkan mengatakan kampanye menentangnya "terlambat".

"Hanya Tuhan yang bisa membungkamku," dia bernyanyi menantang di sebuah lagu berjudul I Admit. "Apakah saya harus masuk penjara atau kehilangan karier karena pendapat Anda?"

Sementara itu, bintang tersebut digugat oleh mantan pasangannya yang mengatakan bahwa dia "sengaja" menginfeksinya dengan penyakit menular seksual.

2019: Film Dokumenter Baru Mengarah ke Dakwaan

Selama enam jam episode, film dokumenter Lifetime documentary Surviving R. Kelly menyajikan tampilan paling komprehensif pada tuduhan terhadap sang musisi.

Dua minggu setelah program itu disiarkan, Kelly dijatuhkan oleh perusahaan rekamannya. Konser yang direncanakan di AS dan Selandia Baru dibatalkan.

Pada bulan Februari, pengacara selebritas itu, Michael Avenatti mengatakan dia telah memperoleh video yang menunjukkan Kelly berhubungan seks dengan seorang gadis 14 tahun. Beberapa minggu kemudian, Kelly didakwa di Chicago dengan 10 tuduhan pelecehan seksual kriminal yang parah. Dia mengaku tidak bersalah dan memberikan wawancara TV histrionik.

Jaksa kemudian mengajukan 11 dakwaan tambahan atas penyerangan seksual dan pelecehan terhadap anak di bawah umur antara 13 dan 16 tahun.

Dokumen dakwaan menggambarkan seks dan seks oral dengan anak di bawah umur "dengan menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan". Penuduh dianggap sebagai salah satu wanita yang ditampilkan dalam Surviving R. Kelly, yang mengatakan dia bertemu penyanyi itu selama persidangan sebelumnya.

Juli 2019: Tuduhan Perdagangan Seks

Kelly juga dihantam dengan dua dakwaan federal yang terpisah di Illinois dan Brooklyn.

Gabungan tuduhan menggambarkan upaya terorganisir dari penyanyi dan rekan-rekannya untuk merekrut dan mengangkut gadis di bawah umur melewati batas negara untuk tujuan seksual ilegal, termasuk produksi gambar pelecehan seks anak, serta konspirasi untuk menghalangi keadilan dengan menghancurkan bukti dan menyuap atau mengancam saksi.

Agustus 2019: Dakwaan Prostitusi

Jaksa di Minnesota mengajukan tuntutan prostitusi terhadap R. Kelly, yang berarti dia menghadapi kasus kriminal di tiga negara bagian AS.

Dia dituduh membujuk seorang remaja yang meminta tanda tangannya pada tahun 2001. Kelly diduga mengundang remaja berusia 17 tahun itu ke kamar hotelnya dan menawarkan $200 (£164) untuk membuka pakaian dan berdansa dengannya.

Pengacara Kelly mengatakan tuduhan itu "sangat tidak masuk akal".

Agustus-September 2020: Serangan di Penjara

Menjelang akhir Agustus, Kelly diserang dalam tidurnya oleh sesama narapidana di Pusat Pemasyarakatan Metropolitan Chicago.

Pengacaranya meminta pembebasannya segera, dengan mengatakan "pemerintah tidak dapat memastikan keselamatannya". Namun, permintaan - bersama dengan berbagai upaya lain untuk membebaskan Kelly dengan jaminan - ditolak.

Agustus 2021: Hubungan Aaliyah Dikonfirmasi

Dalam sidang pra-persidangan terakhir sebelum persidangan Kelly, Hakim Distrik AS Ann M Donnelly membuat serangkaian keputusan untuk mempersempit bukti apa yang bisa ditunjukkan kepada juri.

Selama persidangan, dia bertanya kepada salah satu pengacara penyanyi itu apakah mereka menyangkal bintang itu melakukan hubungan seksual dengan Aaliyah saat dia masih di bawah umur.

Menurut Associated Press, Thomas A Farinella "menghela napas panjang dan menjawab, 'Tidak.'"

Agustus-September 2021: Pengadilan dan Vonis Bersalah

Sidang dimulai pada 18 Agustus di New York.

Pada 27 September, setelah dua hari musyawarah, juri memutuskan R. Kelly bersalah atas sembilan dakwaan.

Gloria Allred, seorang pengacara yang mewakili beberapa korban, mengatakan kepada wartawan: "Saya telah berpraktik hukum selama 47 tahun. Selama ini, saya telah mengejar banyak predator seksual yang telah melakukan kejahatan terhadap perempuan dan anak-anak.

"Dari semua pemangsa yang saya kejar, Tuan Kelly adalah yang terburuk."

November 2021: Saksi Intimidasi

Seorang pria dijatuhi hukuman delapan tahun penjara setelah mengintimidasi seorang saksi sebelum persidangan Kelly di New York.

Pada Juni 2020, Michael Williams membakar mobil milik ayah seorang saksi yang akan bersaksi untuk "mencegah saksi korban terus bekerja sama", menurut pernyataan dari kantor kejaksaan di New York. .

"Williams berusaha menggunakan kekerasan dan intimidasi untuk mengalihkan keadilan dan mencegah suara korban didengar," kata mereka.

Juni 2022: Hukuman dari New York

Kelly dijatuhi hukuman 30 tahun penjara karena menggunakan status selebritasnya untuk melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan wanita.

Hakim Distrik AS Ann Donnelly mengatakan penyanyi itu memiliki "ketidakpedulian terhadap penderitaan manusia" dan telah menggunakan seks sebagai senjata, memaksa korbannya untuk melakukan hal-hal yang tak terkatakan sambil membebani beberapa orang dengan penyakit menular seksual.

"Anda mengajari mereka bahwa cinta adalah perbudakan dan kekerasan," katanya.

Pengacara Kelly mengatakan dia akan mengajukan banding.

Melansir E! News, Kamis (30/6/2022),  ia juga dikenakan pemantauan selama lima tahun setelah bebas, dan membayar denda 100 ribu dolar AS, atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Vonis ini diputuskan setelah sembilan bulan lalu juri menyatakan pria 55 tahun tersebut bersalah dalam sembilan dakwaan yang dijeratkan kepadanya. Beberapa di antaranya adalah pemerasan, penyuapan, pemaksaan, bujukan, dan perdagangan seks.

Ada enam korban perempuan dalam kasus ini, termasuk mendiang penyanyi Aaliyah, yang dinikahi R Kelly secara ilegal ketika wanita ini berusia 15 tahun.

 

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya