Tips Bikin Foto Selfie Lebih Menarik

Suka selfie? Yuk cobain sejumlah tips untuk membuat hasil foto selfie jauh lebih menarik di bawah ini.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 27 Jun 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi foto selfie dengan Reno7 (Foto: Oppo Indonesia).

Liputan6.com, Jakarta - Berfoto selfie atau foto diri sendiri kini menjadi hobi banyak orang. Apalagi, kemampuan kamera depan di smartphone masa kini kian canggih dan kaya fitur.

Misalnya dengan smartphone Oppo Reno7, pengguna kini bisa membuat foto selfie menjadi lebih menarik. Meski kamu merasa bukan orang yang fotogenik, berbekal cara yang tepat dan kemampuan kamera yang andal, akan menghasilkan foto selfie yang lebih memukau.

Apa saja yang diperlukan? Simak tips selfie di bawah ini.

1. Pose

Pertama yang perlu dikuasai dalam hal foto selfie adalah pose. Perlu diketahui, tidak semua pose mungkin cocok buat kamu, jadi cobalah untuk mencari pose yang bisa menampilkan sisi terbaik kamu.

Pasalnya, semua orang memiliki sisi atau sudut tertentu yang kita rasa terlihat jauh lebih baik dalam selfie dan jauh lebih fotogenik.

Jika kamu belum menemukannya, coba gerakkan ponsel di sekitar wajah dan bidik berulang kali. Lalu, pilih hasil swafoto yang paling disukai, terkadang saat memalingkan wajah justru menjadi sisi terbaik kamu.

2. Cahaya

Dalam hal fotografi, cahaya adalah segalanya. Pencahayaan bisa membuat wajah terlihat lebih baik atau justru menghancurkan setiap proporsi.

Foto narsis menggunakan cahaya alami bisa menghasilkan foto yang bagus. Namun, terkadang sinar matahari bisa terlalu menyengat di wajah. Jadi, sebaiknya kamu menghindari memotret di siang hari bolong.

Selain itu, pastikan sumber cahaya untuk foto selfie tidak terletak di belakang posisi kamu dan tidak ada bayangan di wajah kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Posisi Kamera hingga Senyum

Ilustrasi: foto selfie dengan Reno7 (Foto: Oppo Indonesia).

3. Posisi kamera

Berikutnya, jauhkan kamera Oppo Reno7 dengan posisi di bagian bawah ponsel harus sejajar dengan mata atau dahi. Turunkan sedikit dagu dan pastikan untuk menjaga mata tetap terbuka lebar serta sedikit mengangkat alis.

Selanjutnya, kamera depan 32MP dengan f2.4 di Oppo Reno7 secara otomatis akan mengoptimalkan tingkat kecerahan, terutama dalam tangkapan dengan cahaya latar sekaligus menuntaskan swafoto.

4. Selfie samping

Selfie samping juga bisa bermanfaat untuk fitur wajah. Jika sudutnya tepat, kamu mungkin akan mendapatkan tampilan rahang yang indah dan pas. Coba juga untuk tidak melihat langsung ke arah kamera dan geser pandangan sedikit ke arah samping.

Apabila kamu memiliki masalah dengan double chin, coba dorong wajah ke arah depan. Hal ini mungkin membuat postur tampak aneh tetapi leher akan terlihat bagus di foto.

5. Senyum

Tampilkan senyum yang sebenarnya. Caranya, dengan memikirkan sesuatu yang benar-benar membuat kamu tersenyum. Misalnya, memikirkan memori indah dan hidupkan kembali sehingga akan memberikan ekspresi wajah kamu yang indah saat selfie.

Selain itu, mulut dan bibir tidak boleh kaku, sebaliknyam buka sedikit mulut seolah-olah kamu sedang bernapas.

3 dari 4 halaman

Tentang Reno7

OPPO Reno7/Istimewa.

Sekadar informasi, Oppo Reno7 adalah salah satu smartphone terbaru Oppo--masuk dalam lini Reno7 Series--yang diluncurkan pada Q1 2022 di Indonesia.

Dari beberapa fitur unggulan yang disematkan, terdapat fitur kamera Microlens yang sebelumnya terbenam di smartphone flagship Oppo Find X3 Pro.

Fitur Microlens memungkinkan pengguna membidik atau merekam 'dunia mikroskopis' tak kasat mata untuk mengambil foto atau video dengan pembesaran (zooming) hingga 15x atau 30x.

Saat Microlens diaktifkan, skala milimeter akan muncul secara otomatis di layar smartphone dan cahaya Orbit Light yang mengelilingi lensa juga akan menyala.

Cahaya pada Orbit Light berfungsi sebagai fill light untuk membantu menerangi objek sehingga menghasilkan bright image yang merata.

Cara mengambil foto dengan fitur Microlens cukup mudah, meski tidak seperti kamera biasa yang hanya menjepret. Kamu harus mendekati objek dalam jarak yang cukup dekat, setelah itu atur fokusnya agar bagian tertentu dari foto tidak blur.

4 dari 4 halaman

Hasil Bidikan di Oppo Reno7

OPPO Reno7/Istimewa.

Berikut ini hasil bidikan kamera Microlens Oppo Reno7:

Detail hasil kamera microlens OPPO Reno7/Istimewa.

Detail hasil kamera microlens OPPO Reno7/Istimewa

(Tin/Ysl)

 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya