Harga Minyak Dunia Makin Mahal Imbas Permintaan Global Naik

Harga minyak naik tipis pada hari Selasa karena permintaan bahan bakar musim panas yang tinggi.

oleh Tira Santia diperbarui 22 Jun 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi Harga Minyak Naik (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik tipis pada hari Selasa karena permintaan bahan bakar musim panas yang tinggi. Sementara pasokan tetap ketat karena sanksi terhadap minyak Rusia setelah invasi ke Ukraina.

Dilansir dari CNBC, Rabu (22/6/2022), harga minyak mentah berjangka Brent menetap 52 sen, atau 0,5 persen, lebih tinggi pada USD 114,65 per barel.

Kontrak minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk Juli berakhir pada Selasa, ditutup pada USD 110,65, dengan kenaikan USD 1,09, atau 1 persen. Kontrak Agustus yang lebih aktif naik USD 1,53 pada USD 109,52.

Kedua benchmark membukukan kerugian mingguan pekan lalu. Untuk WTI itu adalah kerugian mingguan pertama dalam delapan minggu, untuk Brent yang pertama dalam lima minggu.

"Anda memiliki beberapa orang yang melompat ke sini untuk membeli bagian bawah atau apa yang mereka harapkan adalah bagian bawah pasar," kata Robert Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York.

Rata-rata pergerakan sederhana 50 hari berjangka bulan depan AS menyentuh level tertinggi sejak 2008, dan Brent menyentuh level tertinggi sejak 2013.

 

2 dari 3 halaman

Dukungan Harga Minyak

Penguatan dolar dan produksi minyak Rusia serta ekspor Irak tinggi membuat harga minyak dunia merosot 5 persen.

Harga minyak mendapat dukungan ketika Chief Executive Exxon Mobil Corp Darren Woods memperkirakan tiga sampai lima tahun pasar minyak cukup ketat.

Kepala Vitol Russell Hardy menandai kurangnya investasi dan penurunan kapasitas produksi untuk minyak mentah dan situasi penyulingan yang ketat.

Persediaan minyak mentah dan bensin AS kemungkinan turun minggu lalu, sementara stok sulingan terlihat naik, jajak pendapat awal Reuters menunjukkan. Data inventaris mingguan tertunda oleh hari libur umum Senin, dengan data industri jatuh tempo pada hari Rabu pukul 16:30. dan data pemerintah yang dijadwalkan Kamis pukul 11 ​​pagi.

Di sisi permintaan, analis UBS Giovanni Staunovo mengatakan bahwa meskipun ada kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi, data terus menunjukkan permintaan minyak yang solid.

“Kami memperkirakan permintaan minyak akan meningkat lebih lanjut, diuntungkan dari pembukaan kembali China, perjalanan musim panas di belahan bumi utara dan cuaca yang semakin hangat di Timur Tengah. Dengan pertumbuhan pasokan yang tertinggal dari pertumbuhan permintaan selama beberapa bulan mendatang, kami terus memperkirakan harga minyak yang lebih tinggi,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Rencana AS

Ilustrasi Harga Minyak Naik (Liputan6.com/Sangaji)

Gedung Putih telah meminta kepala eksekutif enam perusahaan minyak untuk pertemuan pada hari Kamis untuk membahas cara-cara untuk mengurangi harga energi yang tinggi.

Pada hari Senin, Presiden AS Joe Biden mengatakan keputusan apakah akan menghentikan sementara pajak bensin federal bisa datang minggu ini. Amerika Serikat juga sedang dalam pembicaraan dengan Kanada dan sekutu lainnya untuk lebih membatasi pendapatan energi Moskow dengan memberlakukan batasan harga pada minyak Rusia, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan pada hari Senin.

Pasar telah didukung oleh kecemasan pasokan setelah sanksi atas pengiriman minyak dari Rusia, pengekspor minyak terbesar kedua di dunia, dan kekhawatiran produksi Rusia bisa turun karena sanksi pada peralatan yang dibutuhkan untuk produksi.

Para pemimpin Uni Eropa bertujuan untuk mempertahankan tekanan pada Rusia pada pertemuan puncak mereka minggu ini dengan berkomitmen untuk bekerja lebih lanjut pada sanksi, sebuah rancangan dokumen menunjukkan.

"Kekhawatiran pasokan tidak mungkin mereda kecuali ada resolusi untuk perang Rusia-Ukraina, atau kecuali kita melihat peningkatan tajam dalam pasokan baik dari AS atau OPEC," kata Madhavi Mehta, analis riset komoditas di Kotak Securities.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya