Selain untuk Dikonsumsi, Ini 7 Kegunaan Susu dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut kegunaan susu dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum banyak diketahui.

oleh Camelia diperbarui 20 Jun 2022, 08:01 WIB
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur)

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti pernah minum susu. Susu tak hanya baik bagi anak-anak tapi juga baik bagi orang dewasa. Selain diminum, susu juga bisa diolah menjadi minuman atau bahkan makanan lain. 

Ternyata, selain dikonsumsi susu bisa digunakan di luar dapur. Ini bisa menjadi pilihan Anda untuk melawan luka dingin atau bahkan membersihkan furnitur dan sepatu kulit Anda. 

Penggunaan alternatif susu mungkin tak hanya apa yang Anda butuhkan untuk tubuh, rambut, dan bahkan membantu Anda melakukan pekerjaan sehari-hari. Dilansir dari Bright Side berikut manfaat susu dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum banyak diketahui. 

1. Gunakan susu untuk menenangkan mata yang perih

Menuangkan dan membilas mata Anda dengan susu mungkin tampak tidak nyata pada awalnya, tetapi dapat menenangkan mata yang teriritasi. Dua hal paling umum yang dapat menyengat mata Anda adalah cabai dan semprotan merica. Keduanya dapat menyebabkan sensasi terbakar, tetapi mencoba untuk mencucinya dengan air dapat membuat mereka semakin menyengat. Gunakan susu sebagai gantinya. Pertama, cuci muka dengan susu, dengan mata tertutup. Selanjutnya, Anda bisa menyiram mata dengan susu.

2. Gunakan susu sebagai pupuk

Susu digunakan sebagai pupuk di masa lalu dan ada beberapa alasan mengapa hal itu bagus. Pertama, itu dapat membantu pertumbuhan tanaman. Selanjutnya, ini mencegah kekurangan kalsium dan melawan embun tepung. Mungkin juga menjaga tanaman agar tidak sakit.

Caranya tuang susu di sekitar alas agar akar perlahan menyerapnya atau letakkan botol berisi susu (terbalik) di tanah. Namun, ingat bahwa Anda tidak boleh mencampur susu dengan pupuk lain. Jika bahan kimia bercampur dengan susu, mereka sebenarnya dapat melawan manfaat susu.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Kegunaan susu dalam kehidupan sehari-hari

Ilustrasi segelas susu yang bagus untuk gizi. Credits: pexels.com by pixabay

3. Anda bisa meluruskan rambut dengan susu

Menggunakan susu pada rambut Anda tidak hanya akan membantunya tumbuh dan membuatnya berkilau dan kuat, tetapi juga membantu meluruskannya. Anda hanya perlu sisir, botol semprot, dan 1/3 cangkir susu.

Setelah Anda mengisi botol, mulailah menyemprot, memijat, dan menyisir rambut Anda. Beri rambut Anda waktu untuk menyerap susu lalu bilas agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap nantinya. Ini dapat membantu rambut bergelombang, tetapi tidak akan dapat membantu Anda meluruskan rambut keriting.

4. Anda bisa membuat cat dengan susu

Susu merupakan bahan utama dalam pembuatan cat karena berfungsi sebagai pengikat pigmen. Faktanya, cat susu digunakan di Mesir kuno. Bahan lain yang Anda butuhkan untuk membuat cat jenis ini adalah lemon, saringan, kain kasa, dan cat akrilik atau pigmen kering. Pastikan Anda menerapkannya dengan cepat agar tidak rusak. Bau asam pada dinding akan hilang begitu mengering.

3 dari 3 halaman

Kegunaan susu dalam kehidupan sehari-hari

Ilustrasi Susu Kedelai Credit: pexels.com/pixabay

5. Gunakan susu untuk menghapus riasan

Susu tidak hanya baik untuk rambut kita, tetapi juga untuk kulit. Jadi, daripada menggunakan produk kimia untuk menghapus make-up, gunakan susu. Oleskan sedikit susu pada wajah Anda dan kemudian bersihkan dengan bola kapas atau kain lap. Manfaat tambahannya adalah protein dan lemak dalam susu dapat membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan membantunya mempertahankan kelembapan.

6. Susu untuk mengurangi peradangan akibat gigitan serangga

Protein dalam susu akan membantu menenangkan kulit setelah digigit nyamuk. Tapi jangan hanya menggunakan susu. Campur dengan air, rendam sapu tangan, dan oleskan ke kulit yang meradang. Campuran susu yang sama juga dapat digunakan untuk kulit yang terbakar sinar matahari.

7. Gunakan susu untuk membersihkan tas atau sepatu kulit

Baik Anda perlu membersihkan tas tangan, sofa, atau sepatu kulit, susu dapat membantu Anda menghilangkan noda dan lecet. Ini bagus karena tidak hanya merupakan solusi yang murah, tetapi juga tidak menghilangkan minyak alami dalam bahan. Namun, setelah Anda menyeka tempat bernoda, pastikan Anda membersihkan area itu dengan kain yang berbeda untuk menghilangkan sisa susu dan menghindari bau busuk.

Infografis Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui. (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya