Dubes Ukraina Vasyl Hamianin Prihatin Banyaknya Anak Jadi Korban Invasi Rusia

Dubes Vasyl Hamianin mengungkapkan bahwa banyak anak menjadi korban serangan Rusia.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 06 Jun 2022, 12:03 WIB
Duta Besar Ukraina di Indonesia, Vasyl Hamianin menyampaikan situasi terkini setelah invasi Rusia melalui press briefing bersama awak media, Senin (6/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Ukraina di Indonesia, Vasyl Hamianin menyampaikan situasi terkini akibat invasi Rusia yang turut menjadikan anak-anak sebagai korban jiwa.

Ia menyampaikan bahwa pada 4 Juni lalu, pihak Ukraina menggelar acara penghormatan terhadap anak-anak yang menjadi korban serangan Rusia. 

"Saya akan mengatakan bahwa banyak orang yang tidak bersalah meninggal hari ini, tetapi anak-anak yang paling tidak bersalah, termasuk bayi yang sangat kecil, dibunuh, atau, atau disiksa," ujarnya dalam press briefing secara virtual yang diikuti Liputan6.com, Senin (6/6/2022).

"Dan dalam tiga bulan terakhir, lebih dari 260 anak Ukraina meninggal, seperti yang dilaporkan dan dicatat. Namun, kami menduga ada lebih banyak lagi," ujarnya lagi.

Ia menambahkan bahwa hampir 500 anak juga terluka. "Fakta tersebut melukai kami, bahwa lebih dari 100.000 warga sipil tewas selama penghargaan tiga bulan ini," tambahnya lagi.

Bahkan, ia mengungkapkan bahwa masih banyak korban yang tertimbun bangunan akibat serangan Rusia ke Ukraina sehingga tidak ketahuan jumlah pastinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ledakan Guncang Ibu Kota Kiev

Orang-orang berjalan melewati lokasi ledakan di Kiev, Ukraina, Jumat (29/4/2022). Rusia menyerang Kiev tak lama setelah pertemuan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres pada Kamis malam. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Sejumlah ledakan mengguncang sebagian Kiev pada Minggu dini hari dalam serangan pertama di ibu kota Ukraina selama berminggu-minggu.

Kolom asap hitam dapat dilihat di atas cakrawala kota saat layanan darurat mengatasi akibatnya. Setidaknya satu orang dilaporkan terluka, demikian seperti dikutip dari BBC,

Kota itu sebagian besar telah diselamatkan dalam beberapa bulan terakhir karena pasukan Rusia memusatkan serangan di wilayah Donbas di Ukraina timur.

Beberapa pertempuran paling sengit saat ini berada di kota Severodonetsk.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi di sana tetap "sangat sulit" dengan pertempuran yang dilancarkan jalan demi jalan.

Merebut kota itu akan mengantarkan wilayah Luhansk kepada pasukan Rusia dan sekutu separatis lokal mereka, yang juga menguasai sebagian besar negara tetangga Donetsk.

3 dari 4 halaman

Serangan Udara

Seorang wanita berjalan melewati lokasi ledakan di Kiev, Ukraina, Jumat (29/4/2022). Rusia menyerang Kiev tak lama setelah pertemuan antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Sekretaris Jenderal PBB António Guterres pada Kamis malam. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Severodonetsk dan kota-kota lain di wilayah timur sedang dilanda "serangan udara, artileri, dan tembakan rudal yang konstan" tetapi pasukan Ukraina menahan tanah mereka, kata Zelensky.

Pada Sabtu, gubernur Luhansk mengatakan pasukan Ukraina masih bertahan di Severodonetsk tetapi sedang menunggu senjata presisi yang disumbangkan oleh sekutu Barat.

"Segera setelah kami memiliki cukup senjata jarak jauh Barat, kami akan mendorong artileri mereka menjauh dari posisi kami. Dan kemudian, percayalah, infanteri Rusia, mereka hanya akan lari," kata Serhiy Haidai.

Pertempuran sekarang telah meninggalkan sebagian besar Severodonetsk di reruntuhan, tetapi ribuan warga sipil masih berlindung di ruang bawah tanah di sana.

4 dari 4 halaman

Rusia Meledakkan Jembatan Warga Sipil

Tentara Ukraina naik kendaraan lapis baja di samping tank Rusia yang hancur di pinggiran Kiev, Ukraina, 31 Maret 2022. Pasukan Rusia menembaki pinggiran Kota Kiev, dua hari setelah Kremlin mengumumkan akan secara signifikan mengurangi operasi dekat Ibu Kota dan Chernihiv. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Gubernur Haidai mengatakan pasukan Rusia meledakkan jembatan di sungai untuk mencegah Ukraina membawa bala bantuan militer dan mengirimkan bantuan kepada warga sipil.

Puluhan ribu orang telah terbunuh dan jutaan orang terpaksa melarikan diri dari rumah mereka sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari, meskipun ada upaya diplomatik untuk melakukan gencatan senjata.

Tetapi koresponden mengatakan bahwa kehidupan di ibu kota sudah mulai terasa hampir normal.

Namun, gumpalan asap hitam tebal yang membubung di atas Kyiv saat terbangun pagi ini adalah pengingat yang jelas bahwa ini adalah kota yang masih berperang, kata Joe Inwood dari BBC.

Wali Kota Kyiv Vitali Kiltchko mengatakan ledakan itu terjadi tepat di sebelah barat pusat - di distrik Darnytskyi dan Dniprovskyi.

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya