Final Piala Thomas 2022: Indonesia Siap Tempur Hadapi India

Tim bulu tangkis putra Indonesia siap tempur menghadapi India pada final Piala Thomas 2022. Skuat Merah Putih akan menampilkan komposisi terbaik untuk duel di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5/2022).

oleh Harley Ikhsan diperbarui 14 Mei 2022, 19:00 WIB
Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, saat menghadapi Kento Momota dalam laga pertama semifinal Piala Thomas 2022 menghadapi Jepang, Jumat (13/5/2022). (Dok. PBSI)

Liputan6.com, Bangkok - Tim bulu tangkis putra Indonesia siap tempur menghadapi India pada final Piala Thomas 2022. Skuat Merah Putih akan menampilkan komposisi terbaik untuk duel di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5/2022).

Menghadapi laga final ke-21 sepanjang sejarah, Indonesia begitu serius mempersiapkan diri. Selain berlatih, Hendra Setiawan dan kawan-kawan juga diminta lebih banyak tinggal di kamar hoten tempat menginap.

"Indonesia sangat serius menghadapi partai final Piala Thomas lawan India besok. Sore tadi mereka berlatih agar lebih siap menghadapi partai final," tutur manajer tim Hendro Santoso dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Menyangkut susunan pemain yang akan diturunkan, Hendro masih harus berdiskusi dagulu dengan para pelatih, pelatih fisik, dokter, hingga tim psikolog. Nama-nama pemain baru akan diserahkan sekitar 4 jam sebelum pertandingan digelar.

"Kita baru besok pagi berdiskusi untuk menyusun susunan pemain untuk diturunkan lawan India," kata Hendro. "Yang pasti, kami turunkan kekuatan terbaik," tambahnya.

Pelatih tunggal putra Irwansyah menyatakan semua anak asuhnya dalam kondisi bagus. Hanya, pertarungan melawan Jepang di semifinal membuat para pemain capek. Dengan rehat penuh hari ini, dia opimistis kondisi pemain bakal kembali bugar.

Dengan semua pemain siap tempur, Irwansyah yakin mereka yang terpilih siap untuk sumbang angka di final Thomas Cup 2022.

"Performa (Anthony) Ginting juga makin bagus. Rasa percaya dirinya juga makin tumbuh. Ini hal yang positif, apalagi dia kemarin bisa kalahkan (Kento) Momota," papar Irwansyah.

2 dari 3 halaman

Sektor Ganda Putra

Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan, beraksi pada Piala Thomas 2022. (Dok. PBSI)

Sementara pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi sudah mewanti-wanti pemainnya mau berjuang keras di final. Lawan India tentu tidak mudah dan perlu penampilan yang ekstra.

"Untuk pertandingan besok, saya minta pemain wajib kerja ekstra keras. Ibaratnya, kepala jadi kaki, kaki jadi kepala," tuturnya.

Untuk menurunkan susunan pemain, Herry akan melihat bagaimana hasil latihan sore. Setelah itu, baru berdiskusi secara personal dengan anak asuhan.

"Sebetulnya semua pemain siap dimainkan. Tetapi saya akan berbicara secara personal dulu dengan mereka untuk melihat bagaimana kesiapan fisik, teknik, dan terutama mentalnya. Karena ini partai final yang sangat tidak mudah," tutur Herry.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final

Hendra Setiawan (berdiri kanan) menjadi kapten tim bulu tangkis Indonesia pada Piala Thomas 2022 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, 8 sampai 15 Mei. (foto: PBSI)

Minggu, 15 Mei 2022

13.00 WIB: Indonesia vs India

Infografis Dominasi Bulu Tangkis Indonesia di Piala Thomas. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya