Kekeringan Selama 4 Musim Berturut-turut Landa Kenya, 3.600 Keluarga Terancam Kelaparan

Di sebuah desa terpencil di Turkana, Kenya Utara, penduduk desa berdoa untuk hujan, tetapi itu tidak akan datang.

oleh Hariz Barak diperbarui 14 Mei 2022, 17:01 WIB
Ilustrasi Kekeringan Credit: pexels.com/Yoda

Liputan6.com, Nairobi - Di sebuah desa terpencil di Turkana, Kenya Utara, penduduk desa berdoa untuk hujan, tetapi itu tidak akan datang.

Musim keempat hujan yang gagal menyebabkan salah satu kekeringan terburuk yang pernah terjadi di Afrika Timur dalam beberapa dekade, dan desa ini, yang merupakan rumah bagi 3.600 keluarga, adalah salah satu daerah yang paling terpukul.

Tanahnya kering, berdebu dan tandus, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (14/5/2022).

Ternak yang tersisa memakan semak abu-abu yang layu yang menutupi tanah. Orang-orang makan apa pun yang dapat mereka temukan, seringkali tidak terlalu banyak.

Jacinta Atabo Lomaluk tinggal di desa Lomoputh.

Dia adalah ibu dari lima anak yang putra sulungnya menderita kekurangan gizi sejak September. Anak berusia 12 tahun itu lemah dan tidak bisa berjalan atau bahkan berdiri sendiri. Dia mengatakan dia tidak pernah mengalami kondisi seburuk kekeringan ini sebelumnya.

"Ini memburuk, lebih buruk dari sebelumnya. Itu sebabnya Anda dapat melihat tanda-tanda kelaparan di sini."

'Kelaparan Telah Menjadi Teman Kita'

Sejak kekeringan terbaru ini dimulai tahun lalu, ada banyak kasus kekurangan gizi.

Lomaluk mengatakan keluarganya hanya makan satu kali sehari. Karena tidak ada cukup makanan untuk berkeliling, prioritas diberikan kepada anak-anak dan orang tua.

"Saya berharap ada bantuan segera untuk menyelamatkan yang kelaparan, terutama anak-anak yang dalam bahaya," katanya. "Kalau tidak, kami mengharapkan lebih banyak orang mati."

Lomaluk hanyalah salah satu dari jutaan orang yang merasakan dampak dari kurangnya hujan.

Pada pertemuan komunitas, wanita setempat Narogai Long mengatakan mereka mulai berpikir situasi mereka tidak akan membaik.

"Tidak ada intervensi dalam tiga tahun. Kami mulai percaya kelaparan dimaksudkan untuk kami," katanya. "Itu telah menjadi teman kita."

"Tidak ada makanan. Kami, para ibu, harus mengorbankan diri dan memberikan apa yang kami miliki kepada anak-anak atau orang tua kami," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Dua Puluh Juta Orang Berisiko

Ilustrasi musim kemarau. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Keluarga menjadi putus asa untuk makanan dan air. Jutaan anak kekurangan gizi. Ternak, yang diandalkan keluarga pastoralis untuk makanan dan mata pencaharian, telah mati.

Kekeringan membentang jauh melampaui desa kecil Kenya ini dan Program Pangan Dunia PBB mengatakan hingga 20 juta orang di Afrika Timur berisiko kelaparan parah.

Ethiopia sedang berjuang melawan kekeringan terburuk dalam hampir setengah abad dan di Somalia 40% dari populasi berisiko kelaparan.

Penyebab krisis internasional ini sangat kompleks dan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Perubahan iklim telah menjadi perhatian utama.

Menurut PBB, Afrika adalah benua yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim. Ini terlepas dari kenyataan bahwa ia hanya berkontribusi 4% dari emisi karbon global.

Konflik yang sedang berlangsung di Ethiopia dan Somalia semakin memperburuk kondisi yang sudah genting.

Meskipun jauh, konflik di Ukraina juga telah memainkan peran, menyebabkan harga pangan melonjak, memperburuk ketakutan akan kelaparan bagi masyarakat yang harus membeli makanan ketika mereka tidak dapat menanam sendiri.

Ukraina juga telah menarik banyak perhatian dan sumber daya dunia. Akibatnya, anggaran bantuan menggeliat dan tidak ada yang tahu kapan, atau bahkan jika, bantuan yang cukup akan datang ke Afrika Timur.

 

3 dari 3 halaman

Situasi Kemanusiaan

Ilustrasi musim kemarau. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Ini adalah situasi yang ingin diubah oleh kepala kantor urusan kemanusiaan PBB, Martin Griffiths.

"Saya ingin berusaha keras untuk membuat dunia memperhatikan situasi di sini," katanya kepada BBC dalam kunjungan ke Kenya utara yang terkena dampak kekeringan.

"Perhatian dunia sepenuhnya terfokus pada Ukraina, yang merupakan krisis yang mengerikan, dan saya pernah ke kedua tempat itu, tetapi penderitaan yang saya lihat di sini tidak ada bandingannya."

Sementara kunjungannya tidak membawa bantuan langsung ke wilayah tersebut, ia masih berharap dapat membawa bantuan - jika donor meningkatkan dana.

"Di PBB, kami memiliki program untuk Tanduk Afrika, yang mencakup Kenya, tepatnya untuk kebutuhan ini," katanya. "Didanai dengan benar, mereka akan mendapatkan bantuan yang pantas mereka dapatkan, dan itu tidak akan lama."

Penduduk desa Lomoputh telah menunjukkan ketahanan. Betapa sedikit makanan yang mereka miliki, mereka berbagi di antara tetangga dan bertekad untuk melindungi cara hidup mereka.

Meningkatkan kesadaran akan penderitaan orang-orang di sini dapat membawa perhatian dan bantuan global, tetapi ketika kekeringan berlarut-larut, yang paling rentan mungkin tidak dapat menunggu lebih lama lagi.

"Bahkan jika hujan, itu tidak akan membantu. Bahkan jika bantuan datang, itu tidak akan membantu. Kami membutuhkan rencana jangka panjang," kata Lomaluk, berlindung dari sinar matahari pagi di bawah pohon di sebelah rumahnya.

"Jika tidak, Anda mungkin datang ke sini dalam beberapa bulan, dan tidak ada yang akan berada di sini. Kita semua akan bermigrasi dari sini."

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya