Google Pixel 6A Meluncur dengan Chipset Tensor, Harganya Rp 6,5 Jutaan

Google merilis Pixel 6A, smartphone dengan chipset Tensor Google yang dibanderol Rp 6,5 jutaan di ajang konferensi pengembang Google I/O.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 12 Mei 2022, 10:56 WIB
Pada ajang konferensi pengembang Google I/O, Google memperkenalkan smartphone barunya, Pixel 6A sebagai ponsel midrange Google. Perangkat ini dibanderol USD 449 atau setara Rp 6,5 juta. (Foto: The Verge). 

Liputan6.com, Jakarta - Google mengumumkan smartphone baru Pixel 6A, yang hadir dengan desain baru dan chipset Tensor milik perusahaan. Meski begitu, Pixel 6A tetap mempertahankan label harga terjangkau USD 449 (setara Rp 6,5 jutaan) seperti Pixel 5A.

Pengumuman kehadiran Pixel 6A itu dilakukan saat Google memulai konferensi pengembang Google I/O. Google menyebut, pre-order Pixel 6A akan dimulai 21 Juli 2022 di Amerika Serikat, sementara perangkat baru akan dikirimkan setidaknya 28 Juli 2022.

Mengutip The Verge, Kamis (12/4/2022), Google Pixel 6A mengikuti tren desain menonjol yang diusung oleh Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dengan tonjolan frame di bagian kamera serta bodi dua warna.

Selanjutnya, sensor sidik jari ditempatkan di bawah layar, alih-alih di panel belakang.

Pixel 6A didukung layar OLED 6,1 inci beresolusi 1.080 pixel, lebih kecil dari milik Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Layar Pixel 6A juga didukung refresh rate standar 60 Hz.

Hadir dengan desain yang sama, Pixel 6A menawarkan kemampuan kamera yang agak lebih standar dibandingkan flagship Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Google Pixel 6A menyertakan kamera utama 12MP dengan IOS yang sama yang digunakan pada Pixel 5A. Sementara Pixel 6 menggunakan kamera utama 50MP.

Selain itu, ada pula kamera ultra-wide 12MP dan kamera 8MP untuk mendukung keperluan selfie.

Menariknya, Google Pixel 6A hadir dengan baterai 4.400 mAh yang lebih kecil dibandingkan Pixel 5A yang memiliki baterai berkapasitas 4.680mAh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Baterai

Pada ajang konferensi pengembang Google I/O, Google memperkenalkan smartphone barunya, Pixel 6A sebagai ponsel midrange Google. Perangkat ini dibanderol USD 449 atau setara Rp 6,5 juta. (Foto: The Verge). 

Meski punya kapasitas baterai lebih kecil, Google mengklaim, baterai Pixel 6A bisa bertahan sehari penuh seperti pendahulunya. Google juga mengklaim, penggunaan dengan Mode Penghemat Baterai Ekstrim bisa bertahan selama tiga hari penuh, sehari lebih lama dibandingkan Pixel 5A.

Hal ini terjadi karena adanya integrasi hardware dan software yang lebih efisien berkat pengendalian kedua variabel oleh Google.

Google Pixel 6A hadir dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB, seperti pada Pixel 5A. Google Pixel 6A selain tersedia di Amerika Serikat dan Jepang, juga akan tersedia di Kanada, Inggris, Australia, Jerman, dan Prancis.

Sekadar informasi, Google Pixel 6A juga didukung kemampuan 5G berkat dukungan subs-6GHz, bukan mmWave 5G.

Seperti perangkat smartphone saat ini dari vendor lainnya, Google Pixel 6A tidak didukung headphone jack dan kepala charger.

3 dari 4 halaman

Yang Diumumkan di Google I/O

Suasana kantor pusat Google di Googleplex, Mountain View, Palo Alto, California. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Mengutip informasi dari CNET, Minggu (8/5/2022), raksasa internet itu akan mengumumkan sejumlah produk, baik Android versi terkini hingga perangkat Pixel. Kendati masih berupa prediksi, tidak ada salahnya untuk mengetahui kira-kira apa yang dikenalkan Google dalam acara tersebut. Berikut ini pembahasannya.

Android 13

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Google besar kemungkinan akan memperkenalkan Android 13 pada event tahun ini. Meski saat diperkenalkan masih dalam tahap uji coba beta, Google biasanya akan mengungkap deretan fitur kunci dari sistem operasi ini.

Pixel 6A

Dalam event tahun ini, Google diprediksi akan memperkenalkan Pixel 6A. Menurut sejumlah bocoran, Pixel 6A akan menggunakan chip Tensor besutan Google yang ada di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

4 dari 4 halaman

Produk Lainnya

Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Pixel Watch

Perangkat lain yang disebut akan diperkenalkan di event Google I/O 2022 adalah Pixel Watch. Bocoran mengenai smartwatch ini pun sudah beredar di internet dalam beberapa bulan belakangan.

Android 12L

Selain Android 13, Google diperkirakan juga akan mengupas lebih banyak Android 12L, sistem operasi yang ditujukan perangkat layar besar, seperti tablet, smartphone layar lipat, hingga perangkat ChromeOS.

Perubahan Google Stadia

Menurut laporan lain, Google akan melakukan perubahan pada layanan streaming game miliknya, yaitu Stadia. Salah satu rumor menyebut Google akan melakukan rebranding layanan ini.

(Tin/Isk)

Infografis Tekno Google Twitter (liputan6/desi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya