Profil Mieke Wijaya, Aktris Senior yang Bersinar lewat Tiga Dara dan Bu Broto

Mieke Wijaya meninggal dunia di usia 82 tahun pada Selasa (3/5/2022) kemarin.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 04 Mei 2022, 10:30 WIB
Mieke Wijaya meninggal dunia di usia 82 tahun pada Selasa (3/5/2022) kemarin. (Instagram @miekewijaya.z)

Liputan6.com, Jakarta Dunia perfilman Tanah Air kehilangan satu aktris seniornya: Mieke Wijaya. Ia meninggal dunia pada Selasa (3/5/2022) kemarin. Kabar duka mengenai ibunda Nia Zulkarnaen tersebut pertama kali diketahui via pesan teks yang beredar di kalangan wartawan.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usia 82 thn. Mohon diampuni segala kesalahan2 nya & semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT," begitu isi pengumuman yang beredar.

Kepergian Mieke Wijaya untuk selamanya memang menjadi kehilangan besar di industri hiburan dan perfilman Tanah Air. Ia adalah salah satu aktris veteran yang telah terlibat dalam sejumlah film Indonesia ikonis, sejak usia remaja, salah satunya adalah Tiga Dara garapan sutradara besar Usmar Ismail.

Mieke Wijaya, atau Miecke Marie De Rijder, lahir di Bandung 17 Maret 1939. Dilansir dari situs filmindonesia.or.id, ia menempuh pendidikan di Akademi Teater Nasional Indonesia pada 1956 hingga setahun kemudian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tiga Dara

Poster film Tiga Dara. (Foto: Dok. SA Films/ IMDb)

Sebelum terjun ke dunia akting, ia tercatat sempat bergabung dalam band Empat Sekawan di RRI Palembang, dan debut dalam film bertajuk Gagal.

Popularitasnya makin meroket setelah bergabung dalam Tiga Dara (1956) karya Usmar Ismail yang sukses besar. Ia memerankan karakter Nana, si anak tengah yang supel dan luwes dalam pergaulan.

Selain di Tiga Dara, ia berkali-kali terlibat dalam sejumlah film karya Usmar Ismail seperti Delapan Pendjuru Angin, Liburan Seniman, dan Anak-Anak Revolusi.

3 dari 4 halaman

Bu Broto

Mieke Wijaya

Di luar karya Usmar Ismail, masih banyak judul film lain yang dibintangi wanita ini. Ia membintangi sejumlah judul seperti Bing Slamet Tukang Betja, Badai Pasti Berlalu, Kembang Semusim, dan terakhir ia muncul di Ayat-Ayat Cinta (2008). 

Ia membawa pulang piala di Festival Film Indonesia untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat Kembang Semusim (1981) dan Pemeran Pembantu Wanita Terbaik di Ranjang Pengantin (1975).

Selain di film, aktingnya juga bisa disaksikan di layar kaca. Salah satu peran ikonisnya adalah sebagai Ibu Broto di sinetron ikonis Losmen. 

4 dari 4 halaman

Suami dan Anak.

Selain perjalanan kariernya, dalam kehidupan pribadinya Mieke Wijaya juga dikelilingi oleh tokoh dunia hiburan. Suaminya, adalah aktor Dicky Zulkarnaen. Keduanya menikah pada 1965, hingga sang aktor meninggal dunia pada 1995 silam. Darah seni mereka menurun kepada sang anak, Nia Zulkarnaen, yang juga terjun ke dunia akting. 

Kini, ia menyusul sang suami ke keabadian, dalam usia 82 tahun. Ia akan dimakamkan pada Rabu (4/5/2022) hari ini, di TPU Tanah Kusir.

Selamat jalan Mieke Wijaya, karyamu tak akan lekang oleh waktu.  

infografis

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya