Banyak Makanan Manis Saat Lebaran, Pasien Diabetes Mesti Bagaimana?

Pasien diabetes harus hati-hati dalam menyantap makanan khas Lebaran Idul Fitri

oleh Melly Febrida diperbarui 03 Mei 2022, 07:00 WIB
Pasien Diabetes Tidak Bisa Sembarangan Dalam Menyantap Hidangan Khas Lebaran Idul Fitri. Yang Umumnya Memiliki Rasa Manis atau Tinggi Gula. Terlebih Pasien Diabetes yang Selama Puasa Ramadhan Mampu Mengontrolnya dengan Baik (Photo by Tumisu on Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan telah usia, ini tandanya seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Idul Fitri. Tak hanya makanan besar disajikan, ada juga makanan ringan yang manis yang menggoda untuk disantap.

Anda yang memiliki diabetes harus bisa menahan diri dari terlalu banyak makanan manis yang membuat kadar gula darah meningkat.

Dilansir The National News, Ahli Endokrinologi, Dr Hamed Farooqi, mengatakan bahwa penyandang diabetes harus mengendalikan diri sama seperti yang mereka lakukan selama bulan suci Ramadan, ketika berbagai makanan manis terhidang saat Idul Fitri.

"Sebaiknya menolak dengan sopan untuk mengambil makanan manis atau tidak memakannya sekaligus," kata Farooqi.

"Ambil sedikit dan simpan sisanya. Jangan membebani sistem Anda dan mengatur kecepatan Anda sendiri," Farooqi menambahkan.

Farooqi mengatakan bahwa tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan setelah berpuasa ketika telah 'terbalik' dari mencerna tiga kali sehari secara normal menjadi makanan yang dikonsumsi pada jam yang tidak teratur.

Dia menyarankan orang dengan diabetes atau diabetes untuk kembali ke gaya hidup pra-Ramadhan tetapi untuk memberi perhatian khusus pada diet dan obat-obatan.

"Ketika gula dalam darah hilang, ginjal mencoba membuang gula itu keluar dari sistem, agar ginjal mengeluarkan gula, itu akan menggunakan air di dalam tubuh," katanya.

"Ini dapat menyebabkan dehidrasi serius, yang merupakan masalah besar," Farooqi menambahkan.

2 dari 3 halaman

Diabetes dan Risiko Kardiovaskular

Pasien Diabetes Tidak Bisa Sembarangan Dalam Menyantap Hidangan Khas Lebaran Idul Fitri. Yang Umumnya Memiliki Rasa Manis atau Tinggi Gula. Terlebih Pasien Diabetes yang Selama Puasa Ramadhan Mampu Mengontrolnya dengan Baik (Photo by Tumisu on Pixabay)

Dr Farhana Bin Lootah, dari Imperial College London Diabetes Centre, mengatakan kenaikan kadar gula secara tiba-tiba harus ditanggapi dengan serius karena sangat berbahaya bagi tubuh.

"Dalam jangka panjang, bagi mereka yang hidup dengan diabetes, ada peningkatan risiko ke jantung dan ini terutama bila dikonsumsi dengan kadar gula yang tinggi," katanya.

Memang, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa glukosa darah tinggi setelah makan adalah prediktor kuat risiko kardiovaskular. Semakin tinggi glukosa, semakin tinggi risikonya.

Lootah mengatakan penyandang diabetes harus waspada terhadap gejala termasuk sering buang air kecil, penglihatan kabur, konsentrasi rendah dan mual.

"Tingkat gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai komplikasi, termasuk koma," dia memperingatkan.

Sementara itu, Fatima Sadek, ahli diet, mengatakan penderita diabetes dapat menikmati makanan manis- asalkan dalam porsi yang sangat kecil dan dimakan sebagai bagian dari rencana makan yang sehat, dikombinasikan dengan olahraga.

“Makanan enak tapi sering tidak sehat umumnya menjadi bagian dari perayaan Idul Fitri,” kata Fatima.

"Tapi ingat bahwa suguhan yang sehat bisa sama enaknya dengan makanan manis apa pun," dia menambahkan.

 

 

3 dari 3 halaman

Saran untuk Pasien Diabetes

Pasien Diabetes Tidak Bisa Sembarangan Dalam Menyantap Hidangan Khas Lebaran Idul Fitri. Yang Umumnya Memiliki Rasa Manis atau Tinggi Gula. Terlebih Pasien Diabetes yang Selama Puasa Ramadhan Mampu Mengontrolnya dengan Baik (Photo by Tumisu on Pixabay)

Dia merekomendasikan menambahkan perasan lemon ke dalam air dan memilih salad buah daripada makanan penutup yang manis.

Sama halnya yang disampaikan Ahli Endokrinologi, Dr Wafa Ayesh. Menurutnya, penderita diabetes harus sangat berhati-hati dengan makanan manis selama Idul Fitri.

Sebaiknya memilih makanan penutup yang sehat, seperti satu mangkuk buah segar atau makanan penutup yang dibuat dengan susu rendah lemak dan gula alami dalam jumlah rendah.

"Pasien diabetes harus mengikuti aturan yang diberikan oleh ahli gizi untuk mencegah hipoglikemia atau hiperglikemia," dia menambahkan.

Dikatakannya, selama Ramadhan, umat Islam melakukan shalat Tarawih yang merupakan salah satu bentuk olahraga, sehingga selama istirahat Idul Fitri mereka harus meningkatkan tingkat aktivitas mereka untuk membakar kelebihan kalori.

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya