Picu Kepanikan Publik, Stasiun TV Taiwan Minta Maaf Keliru Sebut China Invasi Taipei

Sebuah stasiun televisi Taiwan meminta maaf pada Rabu karena "menyebabkan kepanikan publik" ketika mereka secara keliru menjalankan serangkaian peringatan yang mengatakan China telah meluncurkan serangan di pulau itu.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 20 Apr 2022, 18:00 WIB
Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)

Liputan6.com, Taipe - Sebuah stasiun televisi Taiwan meminta maaf pada Rabu (20/4/2022) karena "menyebabkan kepanikan publik", ketika mereka secara keliru menjalankan serangkaian peringatan yang mengatakan China telah meluncurkan serangan di pulau itu.

23 juta orang Taiwan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China, yang memandang pulau demokratis yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya yang akan diambil kembali suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

Chinese Television System (CTS) yang berbasis di Taipei memicu kekhawatiran ketika menayangkan news alerts di layarnya dengan pesan berbunyi "Kota Taipei Baru yang terkena peluru kendali tentara Komunis" dan "Kapal meledak, fasilitas dan kapal rusak di pelabuhan Taipei."

Peringatan lain mengatakan, "Persiapan perang Komunis Tiongkok, Presiden mengeluarkan perintah darurat" dan "Perang bisa pecah, Kota Taipei Baru membuka pusat komando dan kendali darurat bersama."

CTS mengaitkan kesalahan tersebut dengan staf yang secara keliru mengeluarkan konten dari latihan pencegahan bencana yang ditugaskan stasiun untuk diproduksi bagi pemadam kebakaran Kota New Taipei.

Pihak stasiun televisi kemudian menghaturkan permohonan maaf. 

"CTS menyampaikan permintaan maaf yang tulus bahwa kelalaian serius ini telah menyebabkan kepanikan di kalangan masyarakat dan masalah bagi unit terkait," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CBS News.

Peringatan perang palsu itu menghantam saraf pada saat ketakutan yang meningkat di Taiwan yang ditimbulkan oleh invasi Rusia ke Ukraina, dan kekhawatiran China mungkin suatu hari akan menindaklanjuti ancaman untuk mencaplok tetangganya yang lebih kecil.

CTS mengatakan pihaknya melakukan koreksi dan permintaan maaf di berbagai saluran, menambahkan bahwa mereka akan "menghukum berat" mereka yang bertanggung jawab setelah memulai penyelidikan internal.

"Jangan panik," membaca pesan yang diposting di halaman Facebook resminya, dengan foto peringatan klarifikasi yang mengatakan: "CTS secara keliru menjalankan pesan perang dan pencegahan bencana, tidak perlu masyarakat panik."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Picu Kemarahan

Ilustrasi bendera Taiwan (unsplash)

Sejumlah orang di media sosial bereaksi dengan kemarahan dan cemoohan, tetapi tidak ada tanda-tanda kepanikan massal di jalan-jalan Taipei Rabu pagi.

Beijing telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat pada 2016, karena dia memandang pulau itu sebagai negara berdaulat dan bukan bagian dari wilayah China.

Desakannya telah meningkat pesat selama setahun terakhir, dengan pesawat tempur menembus zona pertahanan udara Taiwan hampir setiap hari.

Tahun lalu, Taiwan mencatat 969 serangan seperti itu, menurut database yang dikumpulkan oleh AFP - lebih dari dua kali lipat sekitar 380 pada tahun 2020.

Jumlah serangan tersebut mencapai sekitar 300 dalam empat bulan pertama tahun ini.

3 dari 4 halaman

Tekanan China Makin Terasa, Taiwan Fokus Tingkatkan Kemampuan Militer

Pembawa bendera Angkatan Udara Taiwan melewati salah satu jet tempur F-16V yang baru di pangkalan Angkatan Udara di Chiayi di barat daya Taiwan, Kamis (18/11/2021). Langkah Taiwan tersebut untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya dalam menghadapi ancaman berkelanjutan dari China. (AP Photo/Johnson

Taiwan mulai mengorganisir latihan militer dan menguji strategi "asimetris" di tengah konflik yang sedang berlangsung di Ukraina, berkaca pada ketegangan yang terjadi dengan China.

Taiwan dijadwalkan mengadakan sejumlah latihan militer dalam beberapa minggu mendatang, di tengah kekhawatiran meningkatnya ketegangan dengan China yang terpengaruh atas invasi Rusia ke Ukraina.

Dalam pidatonya pada Sabtu (12/03) lalu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, "Situasi baru-baru ini di Ukraina sekali lagi membuktikan bahwa perlindungan negara, selain solidaritas dan bantuan internasional, bergantung pada persatuan rakyat."

Beijing telah lama mengklaim kedaulatan atas Taiwan dan berjanji suatu hari akan "menyatukan kembali" Taipei. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Taiwan dalam kondisi siaga tinggi, demikian dikutip dari laman DW Indonesia, Jumat (18/3/2022).

Taiwan mengambil sejumlah langkah untuk menguji dan meningkatkan kesiapan tempur pasukannya. Pada Senin (14/03), sekitar 400 tentara cadangan diperkenalkan ke program pelatihan baru dan lebih intensif. Upaya ini akan berlangsung lebih lama dan akan menggelar lebih banyak latihan untuk memastikan bahwa pasukan cadangan memiliki keterampilan tempur dasar.

Program ini akan dilaksanakan dalam tiga kuartal pertama tahun 2022 dan sekitar 15.000 tentara cadangan di 24 batalion akan dilibatkan.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan bahwa konflik dengan China akan menjadi bencana bagi semua pihak terlepas dari apapun hasilnya. "Tidak ada yang menginginkan perang," katanya. "Keputusan itu benar-benar harus dipikirkan dengan matang. Jika kamu benar-benar pergi berperang, itu akan menjadi bencana bagi semua orang."

"Apa yang dilakukan Taiwan dengan menyiapkan pasukan cadangan sebenarnya sudah lama tertunda," kata Bonnie Glaser, Direktur Program Asia di German Marshall Fund.

"Saya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan program percontohan ini ke seluruh cadangan dan membawa semua orang ke tingkat itu. Saya pikir penting bagi mereka untuk melakukannya."

Selain program pelatihan baru untuk pasukan cadangannya, angkatan udara dan angkatan laut Taiwan juga telah melakukan serangkaian latihan militer sejak pekan lalu.

Su Tzu-yun, seorang peneliti di Institute for National Defense and Security Research (INDSR) di Taiwan, menganggap latihan itu adalah ujian kemampuan pertahanan angkatan laut dan angkatan udara di Selat Taiwan.

Tentara Taiwan juga diperkirakan akan melakukan latihan di daerah Hsinchu dan di beberapa pulau lepas pantai.

4 dari 4 halaman

Strategi 'Asimetris' Untuk Melawan China

Jet tempur F-16V Angkatan Udara Taiwan mendarat pada landasan pacu saat latihan di Chiayi, Taiwan, Rabu (5/1/2022). Pilot Angkatan Udara Taiwan melakukan latihan untuk mensimulasikan intersepsi pesawat China ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. (Sam Yeh/AFP)

Selama sidang Senat AS pada Kamis (10/03) lalu, Mara Karlin, Asisten Menteri Pertahanan untuk Strategi, Rencana, dan Kemampuan AS, mengatakan situasi di Ukraina memberikan contoh bagi Taiwan dalam memahami seberapa penting membangun kemampuan asimetrisnya.

"Saya pikir situasi yang kita lihat di Ukraina saat ini adalah studi kasus yang sangat berharga bagi mereka terkait mengapa Taiwan perlu melakukan semua yang dapat dilakukan untuk membangun kemampuan asimetris, menjaga kemungkinan China akan melanggar kedaulatannya," katanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Presiden Taiwan Tsai telah memperjuangkan gagasan perang asimetris, dengan mengatakan hal itu dapat membuat pasukan Taiwan lebih mobile.

Su dari INDSR di Taipei mengatakan, Taiwan harus terus memperkuat kemampuan asimetrisnya dengan berinvestasi pada ranjau laut angkatan laut atau rudal anti-kapal berbasis pantai. Berdasarkan data yang dia kumpulkan, 16 dari 18 senjata yang dijual AS ke Taiwan sejak 2017 digunakan untuk "kekuatan asimetris."

Ian Easton, Direktur Senior di Project 2049 Institute, sebuah lembaga riset di Washington, mengatakan keuntungan asimetris terbaik yang bisa dimiliki Taiwan adalah aliansi defensif dengan AS.

"Tanpa itu, Taiwan perlu mengerahkan kemampuan kekuatan cadangan yang kredibel untuk memastikannya tidak mengalami nasib yang sama dengan Ukraina,” katanya kepada DW.

Easton menambahkan bahwa setelah beberapa dekade pengurangan personel, militer Taiwan sekarang kekurangan tenaga kerja, membutuhkan pelatihan yang diperbarui, dan diintensifkan.

"Memang reformasi semacam itu secara politik tidak bijaksana, namun opini publik di Taiwan kemungkinan akan berubah setelah perang di Ukraina,” katanya kepada DW.

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya