Pemain Muda Indonesia Elkan Baggott Debut di Tim Senior Ipswich Town

Baggott mendapat kesempatan debut di tim senior Ipswich yang bermain di League One Inggris.

oleh Thomas diperbarui 16 Apr 2022, 19:12 WIB
Bek timnas Indonesia Elkan Baggott debut di tim senior Ipswich Town (Macthdayimages/Richard Calver)

Liputan6.com, Jakarta- Kabar mengembirakan datang dari bek berbakat Indonesia Elkan Baggott. Pada Sabtu (16/4/2022) malam WIB, Baggott resmi debut di tim senior Ipswich Town.

Baggott diturunkan sebagai starter saat Ipswich berhadapan dengan Rotherham United di lanjutan League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

Pemuda 19 tahun itu pun mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang berhasil main di kompetisi profesional sepak bola Inggris.

Baggott diturunkan pelatih Kieran McKenna mendampingi Luke Woolfenden dan Janoi Donacien mengawal pertahanan Ipswich Town. Baggott memakai nomor punggung 47.

Hingga berita ini diturunkan, pertandingan Rotherham melawan Ipswich baru menyelesaikan babak pertama. Debut Baggott pada 45 awal berlangsung memuaskan. Gawang Ipswich tak kebobolan sampai turun minum. Skor 0-0 mengakhiri babak pertama.

2 dari 3 halaman

WNI

Elkan Baggott menjadi kapten Ipswich Town U-23 saat membantai Swansea City dengan skor 4-1 pada laga pekan ke-18 Professional Development League Two (PDL 2) 2021/2022. (dok. Ipswich Town)

Baggott merupakan salah satu pemain muda yang diharapkan bisa jadi andalan timnas Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Baggott baru resmi mendapat Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2021.

Status Baggott bukanlah pemain naturalisasi. Baggott lahir di Bangkok, Thailand, dimana ibunya memang orang Indonesia, sedangkan ayah berkebangsaan Inggri.

Baggott menghabiskan masa kecilnya di Thailand sebelum keluarganya pindah ke Indonesia pada tahun 2008. Mereka kemudian memutuskan untuk menetap di Inggris pada tahun 2011.

3 dari 3 halaman

Timnas Senior

Baggott sudah dipakai timnas senior Indonesia pada Piala AFF 2020. Meski terlambat bergabung, Baggott mampu menyumbang satu gol

Saat itu timnas Indonesia berhasil menembus final Piala AFF 2020 sebelum dikalahkan Thailand pada final awal tahun 2022.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya