Sempat Gemetar Ketakutan Hadapi Alopecia, Kini Jada Smith Pede dengan Rambut Plontos

Dulu, merawat rambut adalah ritual yang indah bagi Jada Smith. Namun, Tuhan punya cerita lain untuknya. Kini, ia sudah menerima diagnosis alopecia dengan ikhlas.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 29 Mar 2022, 20:00 WIB
Jada Pinkett Smith, istri Will Smith di Piala Oscar 2022. (AP Photo/John Locher)

Liputan6.com, Jakarta - Pukulan Will Smith ke Chris Rock di panggung Academy Awards 2022 jadi sorotan Piala Oscar kali ini. Selain itu, juga membuka mata banyak pihak tentang alopecia areata atau alopecia.

Alopecia merupakan gangguan imun tubuh yang membuat seseorang dalam hal ini istri Will Smith, Jada Pinkett Smith atau Jada Smith yang sampai memilih mencukur habis rambutnya. Kondisi rambut Jada tersebut yang jadi bahan candaan Chris Rock di panggung Oscar 2022 kemudian menyulut api emosi Will Smith, hingga memukul Chris Rock.

Meski akhirnya Will Smith meminta maaf ke Chris Rock atas perbuatannya itu. Namun, peraih Best Actor di ajang penghargaan itu tidak sepakat bila kondisi medis jadi bahan lelucon.

"Lelucon adalah bagian dari pekerjaan, tapi lelucon tentang kondisi medis Jada terlalu berat untuk saya tanggung dan saya bereaksi secara emosional," kata Will.

Jada Smith sendiri memang terbuka ke publik akan masalah kerontokan rambut gara-gara alopecia. Ia mulai alami rontok parah di 2018. Kondisi itu membuat Jada ketakutan. Di tahun itu perjalanan dengan gangguan imun tubuh alopecia yang membuat rambut istri Will Smith tak bisa tumbuh baik dimulai.

"Saya sangat ketakutan akan hal ini pada awalnya," cerita Jada dalam sebuah episode di Facebook Watch "Red Table Talk" di 2018 seperti mengutip LA Times, Selasa (29/3/2022).

"Saat itu saya sedang mandi lalu keramas dan mendapati segenggam rambut di tangah, 'Ya Tuhan apakah saya akan botak?' Itu adalah salah satu hal di hidupku yang sampai membuat gemetar ketakutan. Sungguh seram."

Ketika rambutnya mulai rontok parah, Jada dulu berusaha menutupi dengan sorban. Saat itu, mendiskusikan soal kondisi rambut bukanlah hal mudah. Namun, fakta medis memang tak terelakkan hasil tes ini dan itu menunjukkan dia terkena alopecia.

Mengutip Web MD, alopecia atau alopecia areata adalah gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok. Jumlah kerontokan rambut pada setiap orang berbeda-beda.Beberapa orang dapat kehilangan rambut hanya di beberapa tempat. Namun, ada juga rontok parah.

Terkadang, rambut tumbuh kembali tetapi kemudian rontok lagi. Di tempat lain, rambut tumbuh kembali untuk selamanya.

"Itu kenapa saya pangkas habis rambut," kata Jada Pinkett Smith.

 

2 dari 4 halaman

Merawat Rambut adalah Ritual Indah

Will Smith dan sang istri, Jada Pinkett Smith di Piala Oscar 2022. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Hal yang berat baginya karena merawat rambut adalah suatu ritual yang indah. Ketika diagnosis alopecia ia terima, berat rasanya. Hingga akhirnya ia menemukan persepektif bahwa kondisi itu memang jalan yang Tuhan berikan untuknya.

"Saya rasa melihat ini dengan perspektif spiritual. Orang-orang di luar sana punya kanker. Lalu, ada anak-anak yang sakit hingga mesti botak. Lalu, suatu hari, saya berpikir ada kekuatan yang lebih tinggi (red: kuasa Tuhan) ingin diri ini dengan jalan tanpa rambut. Tuhan, apa kau ingin rambutku? Ketika melihat dari perspektif itu, saya tenang," cerita Jada.

 

3 dari 4 halaman

Pangkas Habis Rambut, Will Smith pun Suka

Unggahan Jada Pinkett Smith. (Instagram/ jadapinkettsmith)

Pada Juli 2021, Jada mengumumkan bahwa ia dengan ikhlas merelaksan rambutnya. Bahkan bersam a sang putri, Willow Smith, bersama-sama plontos.

Di episode lain Red Table Talk, Jada menceritakan bahwa keputusannya untuk memangksa habis rambut pun disukai Will Smith.

"Saya senang melakukan hal itu. Itu adalah pengalaman sangat indah dan luar biasa. Saya merasa terhubung dengan diri dan Tuhan dengan cara istimewa."

"Saya hanya seperti, 'Saya sudah selesai. Saya tidak lagi ada kekhawatiran. Saya selesai dengan perawatan. Saya baru saja selesai."

Lalu, di Desember 2021, Jada kembali membagikan sebuah video tentang kondisi kulit kepalanya dengan kerontokan parah. Namun, ia sudah menerima sehingga tidak lagi mengganggunya, ia bahkan sudah bisa tertawa atas kondisi itu.

“Kalian semua tahu saya telah berjuang dengan alopecia, dan tiba-tiba suatu hari – lihat baris ini di sini. Lihat itu. Itu muncul begitu saja. Dan ini akan menjadi sedikit lebih sulit bagi saya untuk bersembunyi. Jadi saya pikir saya akan membagikannya saja sehingga kalian tidak bertanya apa-apa,” ceritanya di Instagram.

Ia pun sudah memutuskan bahwa dirinya dan alopecia adalah teman. “Aku dan alopecia ini akan menjadi teman… Titik!”

4 dari 4 halaman

Adakah Oscar untuk Leo?

(Infografis Oscar/Deisy)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya