Pesan Berantai Hoaks Sepekan: Pengobatan Kanker Gratis di RSPAD hingga Alfamart Bagikan 100 Botol Minyak Goreng Gratis

Beberapa kabar hoaks melalui pesan berantai masih bermunculan. Berikut rangkumannya.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 29 Mar 2022, 19:00 WIB
ilustrasi Hoax {Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Satu di antaranya informasi tentang pengobatan gratis untuk penyakit kanker tanpa operasi dan kemoterapi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 24 Maret 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa RSPAD Gatot Soebroto membuka pengobatan kanker gratis tanpa operasi dan kemoterapi.

"Kawan2.....

RS Gatot Subroto Jakarta, sudah mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE, telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4, tanpa operasi, tanpa chemo therapy... Equipment tsb hibah dari pemerintah Jerman.Teknologi tsb hanya ada di Jerman dan Indonesia

Buat Bpk2/Ibu2 yg punya kerabat, atau teman yg saat ini menderita kanker dan tidak mempunyai dana lagi.

Yayasan Miracle Hope ingin membantu untuk mengobati penderita kanker jenis apapun. Silahkan berikan data untuk pemeriksaan darah dan obat akan diberikan secara gratis. Silahkan isi data

* Nama :

* Alamat :

* Jenis kanker :

* Surat keterangan tidak mampu dari RT, RW setempat

* Kirim via email:

Fani.ferdiani@yahoo.com

PIN 23823ADB

Bantu Broadcast juga ya kalau bisa ... mungkin di luar sana ada yang benar-benar sedang membutuhkan.

#1hari #1kebaikan

#share dari sdr..untuk sdr2 yg membutuhkan.

*tolong di share group2 lain*," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2 kali dibagikan dan mendapat 2 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim RSPAD Gatot Soebroto membuka pengobatan kanker gratis tanpa operasi dan kemoterapi ternyata tidak benar alias hoaks. Klaim yang sama pernah viral pada Juli 2019 lalu, lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Selain informasi RSPAD Gatot Soebroto membuka pengobatan kanker gratis, terdapat pesan berantai hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Alfamart Bagikan 100 Botol Minyak Goreng Gratis

Cek Fakta Alfamart bagikan 100 botol minyak goreng gratis

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Alfamart akan membagikan 100 botol minyak goreng gratis pada 18 Maret 2022. Postingan itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Maret 2022.

Berikut isi postingannya:

"Untuk merayakan berita gembira 23 ulang tahun ALFAMART hanya dalam beberapa hari, kami memiliki kejutan khusus untuk semua orang yang telah membagikan dan berkomentar sebelum 18 Maret pukul 18.00, semua orang yang melakukannya akan menerima paket 100 botol Minyak Goreng GRATIS (pengiriman hari berikutnya).bagikan ke 5 grup aktif untuk validasi diri anda jika anda terpilih maka ikuti langkahnya"

Setelah ditelusuri, postingan yang menyebut Alfamart akan membagikan 100 botol minyak goreng gratis pada 18 Maret 2022 adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya