Sosok Deng Lun, Aktor Tiongkok yang Kariernya Terancam karena Kasus Penggelapan Pajak

Deng Lun bersikap kooperatif dan rela mengembalikan sejumlah uang yang diambilnya dari negara.

oleh Henry diperbarui 16 Mar 2022, 17:03 WIB
Sosok Deng Lun, Aktor Tiongkok yang Kariernya Terancam Karena Kasus Penggalapan Pajak. foto: Instagram @deng_lun1992

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari aktor Tiongkok Deng Lun alias Allen Deng. Berdasarkan hasil investigasi yang dirilis Biro Pajak Shanghai, Deng Lun ketahuan menggelapkan pajak.

Ia dikabarkan melakukan penggelapan pajak dan didenda 106 juta yuan atau setara Rp238 miliar. Kasus ini mulai terbongkar melalui analisis perpajakan.

Melansir Global Times, Selasa, 15 Maret 2022, otoritas pajak Shanghai sempat memberi peringatan kepada Deng Lun namun tidak dihiraukan. Buntutnya, pihak berwenang melakukan investigasi mendalam.

Keuntungan yang diraup Deng Lun dari hasil menggelapkan pajak sejak 2019 hingga 2020 yaitu sebesar 47.658.200 yuan (sekitar Rp107 miliar) dari pendapatan pribadi dan 13.993.200 yuan (sekitar Rp31 miliar) dari bisnis bodong. Berdasarkan pernyataan yang dirilis pihak Biro Pajak Shanghai, Deng Lun disebut bersikap kooperatif selama investigasi pajak atas dirinya berlangsung, tapi hukuman tetap tidak bisa dihindari.

Sementara laporan jelas dari penggelapan pajak yang sudah dilakukan aktor berusia 29 tahun tersebut dilaporkan masih belum diterima oleh pihak pemeriksa pajak. Dengan pertimbangan bahwa aktor yang populer lewat serial "Ashes of Love" tersebut sudah bersikap kooperatif dan rela mengembalikan sejumlah uang yang diambilnya dari negara.

Biro Pajak Shanghai memutuskan hanya mendenda sebesar 106 juta yuan (sekitar Rp238 miliar). Adapun hukuman tambahan yang diterima aktor lulusan Shanghai Theatre Academy itu karena dicap publik figur tidak bermoral yaitu akun Weibo dan Douyin pribadi serta agensinya sudah dilenyapkan.

Hukuman sosial tambahan yang diterima mantan kekasih dari aktris Ni Ni termasuk kehilangan beberapa kontrak endorse dan kerja sama dengan sejumlah brand kenamaan dunia. Salah satu brand dunia paling menyita perhatian yaitu Bulgari. Mereka semakin mendapat sorotan karena sebelumnya kehilangan Kris Wu yang juga pernah menjadi brand ambassador mereka karena terjerat kasus pelecehan seksual.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sejak 2013

Deng Lun. (Instagram/ allendeng1021)

Sejumlah kelompok penggemar pun mulai beramai-ramai mengucapkan selamat tinggal kepada Deng Lun, meski aktor berusia 29 tahun ini sudah merilis permintaan maaf resmi. Kiprah Deng Lun sendiri di dunia hiburan dimulai pada 2013 saat melakukan debut aktingnya di drama "Flowers in Fog".

Pada 2014, ia muncul dalam drama "Moment in Peking". Dia berperan sebagai Yao Afei, adik dari pemeran utama perempuan.

Pada 2017 jadi tahun besar bagi Deng Lun. Dia memiliki empat serial TV dengan popularitas sangat tinggi dan meraih sejumlah penghargaan. Berkat perannya di drama "White Deer Plain", ia berhasil memenangkan penghargaan Aktor Terobosan di Weibo TV Drama Awards.

Dia juga memenangkan penghargaan Artis Populer 2017 di Upacara Penghargaan Malam Scream iQIYI ke-6. Pada tahun yang sama, ia mengalami peningkatan popularitas dengan drama "Because of Meeting You".

3 dari 5 halaman

Sukses Besar

Sosok Deng Lun, Aktor Tiongkok yang Kariernya Terancam Karena Kasus Penggalapan Pajak. foto: Instagram @denglun_gallery

Sejak itu Den Lun banyak mendat tawaran berbagai macam film dan drama, dan hampir selalu sukses.  Pada 2019, Deng Lun kembali menuai sukses besar setelah membintangi empat serial TV berperingkat tinggi, tiga di antaranya ia mainkan sebagai pemeran utama.

Pada 11 Januari, Deng Lun memenangkan penghargaan 'Weibo Most Popular Artist' di acara Penghargaan Weibo tahunan untuk penampilannya di Ashes of Love. Di awal tahun ini, ia bahkan sempat dianugerahi sebagai Aktor Paling Populer Tahun Ini di Malam Budaya Tiongkok Diplomat Global ke-7.

Selain di dunia hiburan, Deng Lun sangat menyukai olahraga basket, dia sudah bermain basket sejak usia lima tahun dan mewakili sekolahnya untuk kejuaraan basket di Shijiazhuang. Deng Lun adalah penggemar pebasket legendaris Kobe Bryant.

4 dari 5 halaman

Hot Pot dan Teh

Sosok Deng Lun, Aktor Tiongkok yang Kariernya Terancam Karena Kasus Penggalapan Pajak. foto: Instagram @sunshine_denglun

Deng Lun juga dikenal sebagai pengusaha. Kecintaannya pada hot pot dan bermain Escape Room, membuatnya membuka jaringan restoran hot pot, dan kedai teh Escape Room. Restoran Hot pot 'Fire Room' miliknya sudah memiliki 10 cabang yang tersebar di berbagai kota di Tiongkok dan Kedai teh 'Fire Room' telah memiliki empat cabang.

Dengan kasus pajak yang menimpanya ini, sejumlah warganet khawatir dengan sejumlah drama dan variety show yang ada Deng Lun di dalamnya, kemungkinan tidak bisa tayang lagi.  Beberapa drama dan variety show yang dibintangi Deng Lun dikhawatirkan tidak lagi bisa ditayangkan karena skandal penggelapan pajak termasuk 'Great Escape' musim keempat dan 'Night Wanderer'.

5 dari 5 halaman

Tiongkok Blokir Aplikasi Populer

Infografis Tiongkok Blokir Aplikasi Populer

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya