Kebijakan Euro4 Resmi Bakal Diberlakukan di Indonesia April 2022

Pemerintah telah menetapkan kendaraan bermesin diesel yang diniagakan pada April 2022 harus sudah memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4

oleh Arief Aszhari diperbarui 12 Mar 2022, 14:10 WIB
Sudah Standar Euro4, Truk dan Bus Hino Perlu Perawatan Khusus? (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan kendaraan bermesin diesel yang diniagakan pada April 2022 harus sudah memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4.

Hal tersebut, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau Euro 4.

Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub menjelaskan, penerapan standar Euro4 ini masih sesuai jadwal. Artinya, akan tetap berlaku pada bulan depan atau April 2022.

"On schedule. Kita mau rapatkan. Kalau dari saya sudah siap, alat (uji tipe Euro4) juga sudah siap," ujar Budi di sela-sela kunjungan ke Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (12/3/2022).

Budi melanjutkan, saat ini tinggal menunggu kepastian untuk kesiapan bahan bakar yang sesuai dengan standar Euro4 dari Pertama. Meskipun, pihak perusahaan energi milik negara ini, sudah menyatakan siap dengan produk untuk mendukung implementasi aturan tersebut.

"Di rapat kemarin, Pertamina juga sudah siap. Kendalanya, mungkin distribusi ke beberapa daerah yang masih terganjal," jelasnya.

Sementara itu, berbagai pabrikan kendaraan sejatinya sudah menyiapkan diri untuk mengikuti aturan standar Euro4 ini. Salh satunya, yang dilakukan oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Persiapan Pabrikan

Jenama komersial asal Jepang ini, sudah meluncurkan semua kendaraannya dengan standar mesin emisi Euro4. Pengembangan dan infrastruktur Hino sudah disiapkan dengan matang, mulai dari lini produksi, jaringan outlet, system teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik.

Tentu saja, yang terpenting adalah mesin baru common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan, dan semua memenuhi regulasi Euro4.

Untuk pengembangan kendaraan Euro4 ini, Hino tetap berkomitmen mempertahankan DNA Hino yaitu Quality Durability Reliability atau QDR. Saat ini, semua kendaraan Hino yang diproduksi sudah dengan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya