Mendiang Dorce Gamalama Disalatkan Secara Laki-Laki di Dalam Mobil Jenazah

Jenazah Dorce Gamalalam disalatkan di Masjid Al Hayyu, yang tak jauh dari TPU Bantar Jati, Jakarta Timur.

oleh Sapto Purnomo diperbarui 16 Feb 2022, 14:45 WIB
Dorce Gamalama (dok. Kapanlagi.com)

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Dorce Gamalama rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bantar Jati, Jakarta Timur, Rabu ( 16/2/2022).

Sebelum dimakamkan, jenazah pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi akan Disalatkan di Masjid Al Hayyu, yang tak jauh dari TPU Bantar Jati.

Lantaran terpapar Covid-19, jenazah Dorce Gamalama tidak diturunkan dan tetap dalam mobil jenazah.

"Jadi jenazah tetap dalam mobil. Kan kita mensalati jenazah Covid-19 itu kan saya sudah sering, tapi jenazahnya tetap di dalam mobil jadi biar dia senanglah disalati di sini beliau," kata Imam Masjid Al Hayyu, Anan Muhajir.

2 dari 4 halaman

Secara Laki-Laki

Jenazah Dorce Gamalama tetap disalatkan di dalam mobil karena protokol Covid-19 (Liputan6.com/ Sapto Purnomo)

Sebelum salat jenazah dimulai, pihak Masjid Al Hayyu mengumumkan bahwa Dorce Gamalama disalatkan secara laki-laki.

"Sebelum dimakamkan, kita salatkan jenazah jenazah Dedi Yuliadi Ashadi bin Ahmad semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya," ucapnya. 

3 dari 4 halaman

Salat 2 Kali

Sementara itu tangis anak Dorce mewarnai saat salat jenazah berlangsung. Salat jenazah dilakukan sebanyak dua kali. Yang kedua khusus anak-anak dan juga keluarga Dorce.

Usai salat, imam dan jamaah yang hadir mengucapkan tahlil dan tahmid. Mereka juga membacakan doa untuk mengiringi kepergian Dorce Gamalama ke pangkuan Sang Khalik.

4 dari 4 halaman

Sakit

Seperti diketahui Dorce Gamalama meninggal dunia Rabu (16/2/2022). Sebelum mengembuskan napas terakhir, Dorce sempat mendapatkan perawatan intensif di RSPP Simprug akibat terpapar Covid-19.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya