Tampil Baik di Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya Siap Berkarier ke Luar Negeri

Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya siap berkarier di luar negeri.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 02 Jan 2022, 12:00 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya ketika mencetak gol ke gawang Timnas Thailand di final Piala AFF 2020. (AFP/Roslan RAHMAN).

Liputan6.com, Jakarta - Sukses tampil memukau pada Piala AFF 2020, Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya rupanya siap berkarier ke luar negeri. Jika ada peluang berkarier ke luar negeri, ia mengaku siap menerima tawaran tersebut.

"Kalau memang saya dibawa Coach Shin Tae-yong ke luar, tentunya ini sangat baik bagi karier saya dan ada kemauan untuk itu (berkarier di luar negeri)," ucapnya saat sesi konferensi pers usai laga leg kedua Final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Ricky Kambuaya tampil menjadi starter dan final dalam delapan laga skuad Garuda sepanjang Piala AFF 2020. Ia menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah Timnas Indonesia, yang mendobrak pertahanan lawan.

Debut Ricky Kambuaya di lapangan kala Timnas Indonesia bermain pada play-off Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Setelahnya, pemain berusia 25 tahun ini diterjunkan oleh Pelatih Shin Tae-young dalam serangkaian pertandingan Timnas Indonesia.

Diketahui, Shin Tae-yong merekomendasikan pemain Timnas Indonesia, seperti Asnawi Mangkualam ke klub Korea, Ansan Greeners. Bukan tidak mungkin, Kambuaya menjadi pemain selanjutnya yang berpeluang mendapat rekomendasi dari sang pelatih.

2 dari 3 halaman

Terpilih Jadi Man of The Match

Intruksi dari Shin Tae-yong di pinggir lapangan pun selalu didengarkan oleh Ricky Kambuaya. Ricky berhasil memerankan gelandang box to box dengan baik. Ia berhasil menjadi penghubung antara lini belakang dan lini serang sehingga transisi bertahan dan menyerang cukup baik. (Liputan6.com/IG/@pssi)

Di ajang Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya terpilih menjadi Man of The Match pada leg kedua partai Final Piala AFF 2020 pada Sabtu, 1 Januari 2022. Ia berhasil menjebol gawang Thailand pada menit ke-7 di babak pertama pada leg kedua Final Piala AFF 2020.

Penghargaan Man of The Match leg kedua Final Piala AFF 2020, yang diraih Kambuaya diunggah di akun Instagram Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Selamat Ricky Kambuaya terpilih sebagai Man of the Match pada laga final leg kedua, malam ini! ❤️

#KitaGaruda #MeraihImpian #EmergingStrongerTogether #TimnasDay, tulis PSSI di akun Instagramnya.

Adapun Timnas Indonesia meraih runner-up pada Final Piala AFF 2020. Indonesia kalah skor agregat 2-6 dari Thailand.

3 dari 3 halaman

Infografis Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF

Infografis Jejak Rekam Timnas Indonesia di Final Piala AFF (Liputan6.com/Trie yas)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya