Geser Google, TikTok Jadi Website Paling Banyak Dikunjungi Sepanjang 2021

TikTok makin digdaya, sepanjang 2021 ini TikTok menjadi website paling banyak dikunjungi dan mengalahkan Google. Google berada di posisi kedua, di belakang TikTok sebagai website terbanyak dikunjungi.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 26 Des 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok secara resmi mengalahkan Google, menjadi website terpopuler di dunia sepanjang 2021. TikTok rupanya jadi layanan yang lebih banyak dikunjungi oleh pengguna internet ketimbang Google.

Berdasarkan Tinjauan Cloudfare melalui layanan Radar Cloudfare, TikTok meraih mengambil tempat nomor 1 dari Google.

Capaian aplikasi video pendek terpopuler ini meroket naik dibandingkan pada 2020, yang saat ini menempati urutan ke-7. Saat itu, Google meraih posisi puncak sebagai layanan yang terbanyak dikunjungi pengguna internet.

Mengutip Gizchina, Minggu (26/12/2021), domain Google berisi data terkait aktivitas web lainnya. Mulai dari Google Maps, News, Book, Flights, Photos, dan Google Translate.

Selain mengalahkan Google sebagai layanan paling banyak diakses pada 2021, TikTok juga menumbangkan Facebook sebagai platform media sosial paling populer. Meta ada di posisi ketiga di Tinjauan Cloudfare 2021 ini.

Sementara, Microsoft ada di bawah Facebook. Layanan-layanan lain yang juga banyak dikunjungi sepanjang 2021 adalah Apple, Amazon, Netflix, YouTube, Twitter, dan WhatsApp.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

TikTok Dominan di Hari-Hari Agustus, Oktober, November

TikTok. Dok: money.com

Informasi ini tentu tidak terlalu mengejutkan mengingat TikTok jadi platform yang terkenal selama pandemi berlangsung. Bagaimana tidak, ketika orang harus terus berada di rumah, mereka mencari sumber hiburan dan TikTok memenuhi itu semua.

Sebelumnya, pada September lalu, TikTok juga melampaui 1 miliar pengguna aktif per bulan. Dalam hal jumlah unggahan di smartphone, TikTok pun mengungguli Facebook pada 2021 ini.

Cloudfare juga mengungkap, TikTok menempati posisi nomor satu selama beberapa hari di bulan Februari, Maret, dan Mei. Layanan ini mengamankan posisi teratasnya sejak Agustus 2021.

"Ada lebih banyak hari saat Google berada di nomor satu, namun pada Oktober dan November, sebagian besar harinya dikuasai oleh TikTok, termasuk pada 25 dan 26 November 2021, ketika sebagian orang merayakan Thanksgiving dan Black Friday," kata pihak Cloudfare.

Blog Cloudfare juga mengungkap, pada 17 Februari 2021, TikTok sepenuhnya menjadi layanan nomor satu. "Pada Maret dan Mei, TikTok mendapatkan lebih banyak hari di mana mereka ada di posisi puncak. Namun setelah 10 Agustus, TikTok terus memimpin," tulis Cloudfare.

Cloudfare mengungkap, ranking ini didapatkan dari DNS publik resolver 1.1.1.1 dan tidak terkait dengan visitor unik tiap layanan per bulannya.

3 dari 3 halaman

10 Besar Domain Terbanyak Dikunjungi

Fitur Tag Location di TikTok (Foto: TikTok)

Berikut 10 besar domain paling banyak dikunjungi sepanjang 2021:

1. Tiktok.com

2. Google.com

3. Facebook.com

4. Microsoft.com

5. Apple.com

6. Amazon.com

7. Netflix.com

8. YouTube.com

9. Twitter.com

10. WhatsApp.com

(Tin/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya