Cara Agar Tampilan Nama di WhatsApp Jadi Kosong

Berikut cara agar tampilan nama di WhatsApp jadi kosong dan tidak ada orang asing yang bisa mengetahui nama pengguna.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 25 Des 2021, 19:11 WIB
Kemenkes luncurkan Chatbot WhatsApp untuk permudah pengaduan kendala aplikasi PeduliLindungi dan sertifikat Vaksin. (pexels/anton).

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merilis berbagai fitur untuk meningkatkan pengalaman saat pengguna memakai aplikasi chatting ini. Berbagai fitur yang dimaksud mulai dari kemampuan untuk mendengarkan pesan suara sebelum dikirim, menyembunyikan last seen secara otomatis, dukungan multiperangkat, dan lain-lain.

WhatsApp juga menghadirkan sejumlah fitur tersembunyi yang tidak semua pengguna tahu keberadaan fitur ini. Salah satu fitur yang dimaksud adalah kemampuan menyembunyikan nama kamu dari pengguna-pengguna tertentu.

Namun untuk mengetahui bagaimana cara mengaturnya, kamu perlu tahu, WhatsApp tidak mengizinkan pengguna untuk mengosongkan tampilan nama mereka.

Nah, ada tips WhatsApp sederhana dan mudah yang biasa dipakai pengguna untuk membuat tampilan nama mereka kosong di WhatsApp.

Jika diterapkan, fitur ini akan membuat pengguna bisa menyembunyikan nama mereka dan tetap merasakan privasi dari orang-orang yang tidak mengenal kita. Ini cara mengaturnya, sebagaimana dikutip dari Mint, Sabtu (25/12/2021).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Caranya?

Ilustrasi WhatsApp / WA. (Image by Tumisu from Pixabay)

1. Buka WhatsApp di Android atau PC

2. Salin dua simbol berikut ini: ⇨ ຸ

3. Masuk ke opsi Setting WhatsApp (simbol titik tiga)

4. Tap pada tampilan nama WhatsApp kamu kemudian pada ikon pensil

5. Hapus simbol panah dan tap OK untuk mengubah nama

6. Tampilan nama kamu akan menjadi blank alias kosong.

Nah dengan pengaturan ini, ketika seseorang menambahkan kontak kamu ke WhatsApp Group, orang lain tidak akan bisa melihat tampilan nama kamu, kecuali pengguna tersebut menyimpan kontak kamu.

Begitu juga dengan chat pribadi, jika ada pengguna yang sudah menyimpan kontak kamu di daftar buku telepon/ kontak mereka, orang tersebut akan tahu identitas kamu.

3 dari 3 halaman

Fitur Privasi untuk Pengguna WhatsApp Desktop

WhatsApp menghadirkan fitur Sticker Maker untuk versi Web dan Desktop (Foto: WhatsApp).

Terlepas dari menyembunyikan tampilan nama, WhatsApp juga menggulirkan setting privasi lebih bagi pengguna desktop.

WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk WhatsApp client, pada versi 2.2149.1.

WhatsApp juga telah bekerja cukup lama untuk membawa fitur "My Contact, Except..." yang akan menambahkan lebih banyak kontrol atas privasi pengguna.

Untuk update tersebut, pengguna akan memiliki kontrol untuk menampilkan atau menyembunyikan "last seen", "about", hingga "foto profil" kepada siapa pun.

(Tin/Ysl)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya