3 Ucapan Natal dari Menteri hingga Wapres Ma'ruf Amin

Ucapan Natal disampaikan sejumlah tokoh. Perayaan Natal ini dilakukan segenap umat Kristiani Indonesia, termasuk di seluruh dunia.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 25 Des 2021, 07:00 WIB
ilustrasi ucapan Natal (sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Ucapan Natal disampaikan sejumlah tokoh. Perayaan Natal ini dilakukan segenap umat Kristiani Indonesia, termasuk di seluruh dunia.

Salah satunya seperti yang diucapkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Dia mengucapkan Selamat Hari Raya Natal tahun 2021.

Menag Yaqut mengajak umat Kristiani di Indonesia menjadikan peringatan Natal tahun ini sebagai momentum memperkuat persaudaraan.

"Selamat Natal tahun 2021. Mari terus bergerak untuk memperkuat persaudaraan," ujar Yaqut dalam keterangannya, Jumat 24 Desember 2021.

Tak hanya itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin juga memberikan ucapan selamat merayakan Natal kepada segenap umat Kristiani Indonesia.

"Marilah terus jaga kerukunan, kita tingkatkan kepedulian, kita sebarkan cinta kasih dan pesan-pesan perdamaian," ucap Wapres Ma'ruf dalam tayangan video.

Berikut sederet ucapan Natal dari para tokoh dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

1. Menteri Agama

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Dokumentasi Kemenag)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan Selamat Hari Raya Natal tahun 2021. Menag Yaqut mengajak umat Kristiani di Indonesia menjadikan peringatan Natal tahun ini sebagai momentum memperkuat persaudaraan.

"Selamat Natal tahun 2021. Mari terus bergerak untuk memperkuat persaudaraan," ujar Yaqut dalam keterangannya, Jumat 24 Desember 2021.

Yaqut mengapresiasi tema perayaan Natal tahun ini, 'Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan'. Menurutnya, tema tersebut relevan dengan situasi bangsa Indonesia yang majemuk.

Menurut Yaqut, tema tersebut mengandung pesan tentang pentingnya terus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Persaudaraan merupakan tema universal yang dapat merekatkan hati orang-orang beriman untuk menjaga kerukunan, kedamaian, dan kesejahteraan bagi masyarakat," kata dia.

Yaqut juga mengajak umat Kristiani menyadari panggilan sebagai pribadi yang bersedia mengabdi dengan penuh hikmah.

"Perayaan Natal mengingatkan kita akan pentingnya bersikap bijak dalam menyikapi segala perbedaan. Selamat Natal Tahun 2021 dan Selamat Menyongsong Tahun Baru Tahun 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita semua," jelas Yaqut.

 

3 dari 5 halaman

2. Menteri Hukum dan HAM

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly mengucapkan Selamat Natal. (Instagram @yasonna.laoly)

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna Laoly juga turut mengucapkan Selamat Natal melalui akun Instagram miliknya @yasonna.laoly.

Yasonna mengunggah sebuah video yang mengucapkan Selamat Natal serta harapan-harapannya di perayaan Natal 2021 ini.

"Salam sukacita Natal bagi seluruh saudara terkasih. Natal kali ini mungkin tak bisa dirayakan seperti di tahun-tahun sebelumnya, tapi keriaan dan sukacita kita atas lahirnya juruselamat tak boleh berkurang. Selamat Natal, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati kita semua," tulis Yasonna menyertai unggahan videonya, Jumat 24 Desember 2021.

Dalam unggahan videonya, Yasonna berharap agar meski Natal dirayakan di tengah pandemi Covid-19, namun semangatnya tetap ada.

Berikut ucapan dan harapan Natal lengkap Yasonna.

"Shalom, Salam damai sejahtera bagi kita semua.Saya Yasonna H Laoly atas nama keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia mengucapkan Selamat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Meski kita masih sama-sama berjuang menghadapi pandemi Covid-19, yakinlah badai pasti berlalu dan cahaya terang akan menyinari alam semesta.

Keceriaan Natal tidak akan hilang, tapi justru harus menguatkan cinta kasih Kristus yang menggerakkan persaudaraan.

Semoga spirit itu mampu menggerakkan kita untuk menguatkan solidaritas, saling meringankan beban, dan memberi penghiburan pada saudara-saudara kita yang kesulitan.

Mari jadikan Natal sebagai momen untuk bergotong-royong dengan penuh cinta kasih sehingga Natal benar-benar membawa kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

Natal benar-benar menjadi Natal saat kita merayakannya dengan memberikan cahaya cinta kasih kepada mereka yang membutuhkannya.

Percayakan hidupmu kepada Tuhan, kamu akan menyaksikan hal-hal indah. Selamat Natal, semoga kasih setia Tuhan menyertai kita semua. Shalom," tutup Yasonna.

 

4 dari 5 halaman

3. Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Sumber: ekon.go.id)

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberikan ucapan selamat merayakan Natal kepada segenap umat Kristiani Indonesia. Wapres berharap momen yang penuh suka cita ini terus menjadi ajang untuk menebarkan cinta kasih dan perdamaian.

"Marilah terus jaga kerukunan, kita tingkatkan kepedulian, kita sebarkan cinta kasih dan pesan-pesan perdamaian," ucap Wapres dalam tayangan video, Jumat 24 Desember 2021.

Wapres juga menyampaikan selamat merayakan Tahun Baru 2022 kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Kepada Saudara-saudaraku umat Kristiani yang merayakan Hari Natal saya ucapkan selamat, dan saya ucapkan selamat Tahun Baru 2022 untuk kita semua," tambah Wapres.

Nilai-nilai tersebut, lanjut Wapres, yang dapat menyatukan semua orang dalam ikatan persaudaraan sebangsa dan setanah air.

"Semua nilai-nilai itulah yang menyatukan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air," tegasnya.

Lebih jauh, khusus kepada umat Kristiani yang merayakan Natal bersama keluarga, sahabat, dan kerabat, Wapres berpesan agar tetap bersemangat meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Walaupun perayaan Natal tahun ini masih dilaksanakan dalam kondisi pandemi, saya berharap saudara-saudara tetap bersemangat dalam damai dan kebahagiaan," pesannya.

Kemudian, kepada suluruh bangsa Indonesia, Wapres mengajak untuk terus memohon perlindungan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar selalu diberikan kemampuan untuk melewati berbagai tantangan di tengah situasi ketidakpastian seraya terus melaksanakan protokol kesehatan.

"Karena dengan cara itulah kita saling menjaga keselamatan bersama," pungkas dia.

5 dari 5 halaman

Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya