6 Kisah Mengharukan Hari Ibu, Dijamin Bikin Anda Mewek

Kisah-kisah berikut ini dapat membuat Anda merenung di Hari Ibu

oleh Sulung Lahitani diperbarui 22 Des 2021, 13:04 WIB
Ilustrasi Hari Ibu. (dok. pexels.com/Zun Zun)

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, peringatan Hari Ibu Jatuh pada tanggal 22 Desember. Namun, meski dirayakan setahun sekali, sudah selayaknya seorang ibu mendapat keistimewaan Hari Ibu di setiap hari yang ia lalui.

Sebab menjadi seorang ibu adalah tugas yang tidak mudah. Seorang ibu telah merawat dan membesarkan buah hatinya penuh kasih. Rasanya wajar jika hal itu dirayakan dalam Hari Ibu.

Selalu ada kisah-kisah mengharukan yang terjadi di sekitar Ibu. Baik itu terkait ia dan anaknya, atau terkait dirinya dengan ibunya sendiri. Berikut ini beberapa kisah mengharukan untuk Hari Ibu.

Beberapa kisah ini mungkin akan membuat Anda menangis, tersenyum, dan bahkan terburu-buru menelepon Ibu Anda dan mengatakan betapa Anda mencintainya. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Alasan mengapa

Merayakan Hari Ibu Internasional bocah ini menulis surat untuk ibunya. Bukannya gemas, netizen malah geram melihat tulisannya. (Ilustrasi: ThoughtCo)

Saya dilarikan ke ruang gawat darurat dengan komplikasi dari kehamilan berisiko tinggi. Setelah berminggu-minggu berbaring di rumah sakit, saya mendapati diri saya menderita kesedihan yang tidak biasa. Suatu hari, perawat saya membawa kejutan ke kamar saya—bayi yang baru lahir bernama James.

Ibu James (yang juga mengalami kehamilan berisiko tinggi) mengirim putranya yang sehat dan berharga untuk saya gendong, bersama dengan pesan yang membesarkan hati: "Inilah alasan Anda berada di rumah sakit ini." Tiga dekade kemudian, hati saya masih dipenuhi rasa syukur untuk James dan ibunya. Dan, saya berterima kasih atas putra saya yang sehat, Hunter.

—Lisa Stevens, The Woodlands, Texas.

 

3 dari 7 halaman

2. Malaikat kecilku

Merayakan Hari Ibu Internasional bocah ini menulis surat untuk ibunya. Bukannya gemas, netizen malah geram melihat tulisannya. (Ilustrasi: Uptowork)

Putra saya yang berusia enam tahun, Nicholas, duduk di gerobak belanjaan saat saya membaca sayuran kalengan. “Bagaimana dengan yang ini, Bu?” dia bertanya, dan memberiku sekaleng asparagus. “Saya suka asparagus!” Saya mengatakan kepadanya. “Asparagus adalah sayuran favorit saya, tapi harganya terlalu mahal.”

Aku meletakkan kembali kaleng itu di rak. Tiga bulan kemudian, saya membuka hadiah yang dibungkus kasar dari bawah pohon Natal. Itu sekaleng asparagus. Nicholas berseri-seri gembira ketika dia menjelaskan bagaimana dia telah menabung uangnya untuk membelikanku hadiah Natal terbaik yang pernah kuterima.

—Brenda Bokor Wismer, Pinedale, Wyoming.

 

4 dari 7 halaman

3. Kebutuhan yang tidak pernah hilang

Ilustrasi anak dengan ibu. (via: eventbrite.com)

"Bu, kamu seperti peri," kataku. Ibuku tertawa seperti denting lonceng. “Aku serius, Ibu. Kamu tau segalanya." “Anakku, aku berusaha menjawab sebaik mungkin. Ketika Anda bertambah tua, Anda tidak akan membutuhkan saya, ”katanya. “Tidak, Bu, aku akan selalu membutuhkanmu. Tidak ada yang bisa mengubah itu,” kataku.

Kata-katanya bergema di hati saya ketika saya melihat ke langit biru: "Putriku yang terkasih, tidak ada yang tetap sama kecuali langit biru yang luas." Sudah sepuluh tahun sejak saya kehilangan peri saya. Bu, kamu salah tentang satu hal: aku masih membutuhkanmu.

—Saman Rahman, Peshawar, Pakistan.

 

5 dari 7 halaman

4. Pilihan tersulit

15 Mei menjadi hari bagi Ibu Sedunia Untuk membalas jasa-jasanya, Anda bisa luangkan waktu bersama.

Tiga puluh lima tahun yang lalu, ketika ibuku berusia 22 tahun, dia menjadi seorang janda dan seorang ibu dalam bulan yang sama. Kehidupan yang dia bayangkan dicuri dalam sekejap. Dia mencoba untuk melanjutkan, tetapi tersesat.

Dia memberikan saya kepada keluarga ayah saya untuk dibesarkan di Amerika Serikat. Beberapa menyebutnya lemah; orang lain menyebutnya egois. Saya bisa marah atau pahit. Sebaliknya, saya bersyukur atas kehidupan yang saya miliki dan memiliki seorang ibu yang mengorbankan hubungan kami untuk memberi saya kesempatan pada kehidupan yang lebih baik. Dia berani. Dia adalah ibuku.

—Andrea Cortinas, El Paso, Texas.

 

6 dari 7 halaman

5. Hanya satu pertanyaan lagi

Ilustrasi Hari Ibu. (dok. pexels.com/Kelvin Octa)

“Saya terpilih menjadi ibumu,” kata saya kepada putri saya yang berusia empat tahun ketika anak laki-laki saya yang lebih muda menarik pakaian saya. Dia menatapku dengan air mata dan bertanya, "Mengapa aku tidak bisa tumbuh di perutmu seperti saudara laki-lakiku?"

“Yah,” kataku padanya, menahan air mataku sendiri, “Dokter bilang aku tidak bisa membesarkan bayi di perutku, jadi ayahmu dan aku memutuskan untuk mengadopsi bayi. Bayi itu adalah kamu.” Aku menahan napas dan menunggu pertanyaan yang lebih sulit. "Boleh aku minta es krim?" dia bertanya. "Ya!" Kataku, berterima kasih atas kepolosannya.

—Katina Brown, West Monroe, Louisiana.

 

7 dari 7 halaman

6. Petualangan terbesar

Ilustrasi kata-kata ucapan hari ibu nasional. (Photo by Xavier Mouton Photographie on Unsplash)

Ketika dokter memberi tahu kami bahwa kami tidak akan pernah memiliki anak, kami memutuskan untuk bepergian dan mencari petualangan di seluruh dunia. Pertunjukan di Sydney Opera House, gemerlap malam di Las Vegas, fjord megah di Bergen, pantai yang tenang di Honolulu, kastil terbengkalai dan gereja tua di Kepulauan Skotlandia, kolam tak berujung di Bahama, balapan di Daytona.

Kami akan memesan perjalanan ke Blue Lagoon ketika kami mengetahui bahwa saya hamil. Sekarang, dengan balita kami, kami jarang bepergian. Mengasuh anak, ternyata, adalah petualangan terbesar dari semuanya.

—Katherine Colandrea, Winter Garden, Florida.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya