6 Kejutan Golden Globe Awards 2022: Dari Pencapaian Squid Game hingga Jennifer Lawrence Pecah Rekor

Ada banyak catatan menarik dari daftar nominasi Golden Globe Awards 2022 yang diumumkan pada Senin (13/12/2021) waktu Indonesia. Apa saja?

oleh Wayan Diananto diperbarui 14 Des 2021, 10:36 WIB
Ada banyak catatan menarik dari daftar nominasi Golden Globe Awards 2022 yang diumumkan pada Senin (13/12/2021) waktu Indonesia. Apa saja? (Foto: Instagram @goldenglobes)

Liputan6.com, Jakarta Daftar lengkap nominasi Golden Globe Awards 2022 telah diumumkan di AS pada Senin (13/12/2021) waktu Indonesia. Sejumlah kejutan hadir dan langsung jadi pembicaran publik.

Belfast karya sineas Keeneth Branagh memborong tujuh nominasi Golden Globe termasuk Film dan Sutradara Terbaik. Rupanya, Belfast bukan satu-satunya. The Power of the Dog karya sutradara Jane Campion juga menggasak tujuh nominasi.

Asia mengirim sejumlah wakil. Selain Driver My Car dari Jepang tembus Film Berbahasa Asing Terbaik, demam Squid Game menggema hingga ke Negeri Paman Sam. Serial ini meraih tiga nominasi. Showbiz Liputan6.com merangkum enam kejutan Golden Globe 2022.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 7 halaman

1. Dominasi Film Musik dan Musikal

Poster film West Side Story. (Foto: Dok. 20th Century Studios/ IMDb)

Film musik dan musikal (dialognya dilantun dalam lagu) unjuk gigi di bursa nominasi Golden Globe Awards tahun ini. Setidaknya, ada lima yakni West Side Story, Tick Tick Boom!, CODA, Annette, dan In The Heights.

West Side Story, misalnya, meraih empat nominasi termasuk Film dan Sutradara Terbaik. Annette diwakili Marion Cotillard di kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik film Musikal atau Komedi. Tick, Tick Boom! mengantar Andrew Garfield jadi nominee kategori akting.

3 dari 7 halaman

2. Absennya Jennifer Hudson

Poster film Respect. (Foto: Metro-Goldwyn-Mayer/ IMDb)

Respect, film biografi yang memotret kehidupan penyanyi terbaik sejagat, Aretha Franklin, bisa-bisanya luput dari pandangan juri festival termasuk Golden Globe Awards 2022. Padahal, akting Jennifer Hudson sebagai sang diva panen pujian.

Sejumlah pemerhati film menduga karena faktor waktu rilis yang kurang tepat, yakni Agustus 2021. Plus, kampanye film ini tak sedahsyat materinya. Meski gagal masuk nominasi kategori akting, Jennifer lega. Setidaknya, namanya dinominasikan untuk Lagu Tema Terbaik.

4 dari 7 halaman

3. Tiga Nominasi Squid Game

Poster serial Squid Game. (Foto: Dok. Netflix/ IMDb)

Menjadi tontonan nomor satu platform streaming Netflix di 94 negara (termasuk Amerika Serikat dan Inggris -red) dan mengumpulkan 111 juta viewers dalam 17 hari hanyalah dua dari sekian banyak pencapaian Squid Game sepanjang 2021.

Pencapaian ini disempurnakan dengan tiga nominasi di Golden Globe Awards 2021 untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Serial Televisi, Miniseri, atau FTV, Pemeran Utama Pria Terbaik Serial Televisi, dan Serial Televisi Terbaik Drama.

5 dari 7 halaman

4. Keragaman Pemeran Utama Pria

Poster film King Richard. (Foto: Dok. Warner Bros. Pictures/ IMDb)

Tahun ini, 21 anggota baru dengan kulit berwarna memperkuat komite Golden Globe Awards. Yang menarik, suasana penuh warna juga terasa di kategori Pemeran Utama Pria Terbaik Film Drama. Ada tiga aktor kulit hitam di sana.

Yakni, Will Smith (King Richard), Mahershala Ali (Swan Song), dan Denzel Washington (The Tragedy of Macbeth). Lalu ada aktor Latin, Javier Bardem (Being The Ricardos), dan tersisa satu kursi untuk aktor kulit putih Benedict Cumberbatch (The Power of The Dog).

6 dari 7 halaman

5. Dua Sutradara Perempuan

Poster film The Power of The Dog. (Foto: Dok. Netflix/ IMDb)

Kekuatan perempuan kala duduk di kursi penyutradaraan kian terasa setelah Kathryn Bigelow menang Oscar lewat The Hurt Locker dan tahun lalu, Chloe Zhao menyusul bersama Nomadland. Tahun ini fenomena serupa bisa saja terulang.

Golden Globe Awards 2022 memberi sinyal dengan memasukkan dua nama, Jane Campion (The Power of The Dog) dan aktris Maggie Gylenhaal yang debut sebagai sutradara sekaligus penulis naskah lewat The Lost Daughter.

7 dari 7 halaman

6. Rekor Jennifer Lawrence

Poster film Don't Look Up. (Foto: Dok. Netflix/ IMDb)

Setelah tampil gemilang lewat Silver Linings Playbook dan Joy, karier Jennifer Lawrence meredup. Namun, sang aktris beroleh momentum lewat peran Kate Dibiasky dalam Don’t Look Up. Ia beroleh nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi.

Dengan ini, Jennifer Lawrence sudah 5 kali dapat nominasi Golden Globe Awards (tiga kali menang). Ia menjadi satu-satunya aktor kelahiran 1990-an dengan nominasi dan menang Golden Globe terbanyak!

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya