Arti Mendalam di Balik Nama Fandom Grup K-Pop, Adakah Salah Satu Favorit Anda?

Berikut arti nama fandom dari beberapa grup K-pop yang wajib kamu tahu sebelum memutuskan untuk jadi salah satu penggemarnya!

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Nov 2021, 20:20 WIB
BTS (Twitter/ bts_bighit)

Liputan6.com, Jakarta Grup dan penyanyi K-pop sangat merambah luas belakangan ini. Penting bagi para seluruh penggemar, baik penggemar baru maupun lama untuk mempelajari latar belakang di balik setiap nama fandom.

Sebelum membeli rangkaian merchandise eksklusif ketika mengidolkan seorang selebriti, pastikan untuk tau arti nama fandom tersebut dan bagaimana mereka memulainya hingga membentuk sebuah nama.

Seperti yang dikatakan oleh beberapa pecinta K-pop, adanya nama fandom membuat para penggemar merasa sangat terhubung antar satu sama lainnya.

Dilansir Teenvogue.com, (12/11), Berikut beberapa nama fandom grup K-pop yang dikemas dengan begitu banyak makna yang telah mendasarinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 10 halaman

BLACKPINK: BLINK

Blackpink saat di California (12/4/2019). (AFP/Roger Kisby)

Yang ini sudah cukup jelas, karena BLINK merupakan gabungan kata dari "Black" dan "Pink".

TXT: M.O.A.

Sebulan setelah TXT debut pada Maret 2019, mereka mengungkapan nama asli untuk para penggemar mereka, yakni "Young One," yang merupakan plesetan dari kata Korea yang berarti "Selamanya."

Namun, pada Mei 2019, mereka mengumumkan bahwa mereka telah mengubahnya karena adanya kemiripan dengan nama fandom lain.

Pada bulan Agustus, TXT akhirnya mengumumkan nama fandom ke para penggemar mereka, dengan sebutan "M.O.A," yang merupakan kepanjangan dari "Moments of Alwaysness." Karena mereka percaya, bahwa mereka akan bersama penggemar "selalu dan selamanya."

 

3 dari 10 halaman

BTS: ARMY

BTS di Grammy Awards 2020. (Twitter/ BTS_twt)

BTS merupakan singkatan dari Bangtan Sonyeondan, yang memiliki arti "tahan terhadap peluru" seperti yang pernah dijelaskan oleh J-Hope.

Maka sangat cocok jika grup tersebut menamai fandom mereka dengan julukan ARMY, yang merupakan singkatan dari 'Adorable Representative M.C. for Youth.'

Saat tampil di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon pada Juli 2021, RM mengungkapkan bahwa mereka hampir ingin memanggil penggemar mereka dengan sebutan "The Bells". karena dalam bahasa Korea, terdengar seperti "bang wool", yang mirip dengan nama grup mereka, Bangtan Sonyeondan.

"Syukurlah itu tidak terjadi. ARMY jauh lebih baik," katanya.

MONSTA X: Monbebe

Monsta X miliki salah satu nama fandom yang paling menawan untuk para penggemar mereka. Dalam bahasa Prancis, 'Monbebe' diartikan sebagai bayiku, sayangku, kekasihku, atau belahan jiwaku.

4 dari 10 halaman

TWICE: ONCE

Twice. (JYP via Soompi)

"Jika kamu mencintai kami sekali (ONCE) saja, kami akan membalas cintamu dengan dua kali lipat (TWICE)," kata TWICE mengenai nama fandom mereka. Mereka juga menambahkan bahwa ONCE dan TWICE "berjalan bersama seperti jarum dan benang."

Wonho: Wenee

Wonho yang secara resmi memulai karier solonya setelah keluarnya dari Monsta X pada Oktober 2019, mengumumkan nama penggemarnya dengan sebutan Wenee, yang merupakan kependekan dari "WE are NEw ending" atau We need."

5 dari 10 halaman

SEVENTEEN: Carat

SEVENTEEN.

Sebelum debutnya pada tahun 2015, mereka membawakan lagu yang berjudul "Shining Diamonds," jadi untuk menghormati pada masa awal debut, mereka menjuluki "Carat" sebagai nama fandom, yang membantu mereka bersinar.

GOT7: iGOT7

Tujuh merupakan angka keberuntungan dan mewakili jumlah anggota dalam grup, jadi "iGOT7" memiliki arti sebagai bentuk rasa keberuntungan antar satu sama lain. Di Korea, nama fandom disingkat menjadi "AhGaSe," yang berarti bayi burung, seperti yang terlihat pada light stick grup.

6 dari 10 halaman

Red Velvet: ReVeluv

Red Velvet. (Sm Entertainment via Soompi)

Seperti yang sudah anda duga sebelumnya, ReVeluv merupakan kombinasi dari "Red Velvet" dan "Love."

"Kami memilihnya karena kami ingin nama itu mewakili hubungan cinta yang dimiliki antar Red Velvet dengan kalian semua. Jadi mari kita saling mencintai dan menghargai satu sama lain untuk waktu yang sangat lama," jelas grup tersebut dalam postingan Instagramnya April 2017 silam.

MAMAMOO: MooMoo

MooMoo dengan manisnya menjadi nama untuk para penggemar grup tersebut. Karena kata itu juga diartikan sebagai lobak dalam bahasa Korea, lightstick mereka juga berbentuk seperti sayuran.

7 dari 10 halaman

NCT: NCTzen

Para member NCT 127 membawakan lagu terbaru berjudul Sticker untuk para NCTzen Indonesia.

NCTzen hampir memiliki rima yang sama dengan "Citizen", jadi jika menyebut diri Anda NCTzen berarti anda harus setia kepada NCT.

Stray Kids: STAY

Selain sebagai referensi cerdas untuk nama mereka, kata STAY juga merepresentasikan tentang Stray Kids yang selalu ingin berada di sisi penggemar mereka.

8 dari 10 halaman

ITZY: MIDZY

[Foto: Instagram itzy.all.in.us]

MIDZY memiliki arti ganda, karena memiliki rima yang hampir mirip dengan ITZY, juga merujuk pada kata Korea yang berarti kepercayaan, 믿지 (midji).

IZ*ONE: WIZ*ONE

Jika WIZ*ONE membutmu berpikir tentang "wizard" atau penyihir, itu karena para penggemar IZ*ONE sedang membuat "sesuatu yang ajaib untuk masa depan" bersama mereka.

 

9 dari 10 halaman

EXO-L

Biodata Member EXO (Sumber: SM Entertainment)

L merupakan singkatan "Love" karena EXO mencintai dan menghargai semua penggemar mereka. Huruf L juga terletak diantara huruf K dan M dalam alfabet, jadi EXO-L selalu dikelilingi dan dilindungi oleh dua sub-unit grup EXO-K dan EXO-M.

Super Junior: E.L.F

E.L.F merupakan akronim dari "Everlasting Friend" yang mewakili Super Junior dan ikatan erat penggemar mereka.

Penulis : Azarine Natazia

10 dari 10 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya