Aplikasi Ramah Disabilitas Ruang Terang dapat Dukungan Indosat Ooredoo

Tim Triasih pengembang Ruang Terang, salah satu pemenang SheHacks 2021, mendapatkan bimbingan selama empat bulan dari Indosat Ooredoo.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 01 Okt 2021, 10:00 WIB
Pengembang Ruang Terang Tim Triasih (Dok. Indosat Ooredoo)

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa Ruang Terang, sebuah aplikasi ramah disabilitas, menjadi salah satu pemenang SheHacks 2021, program untuk memberdayakan lebih banyak perempuan di bidang teknologi.

Ruang Terang menghadirkan solusi bagi penyandang disabilitas, dengan menciptakan ruang yang lebih luas dalam mengakses pendidikan formal dan informal, serta terhubung dengan komunitas disabilitas.

Dalam siaran persnya, Jumat (1/10/2021), Indosat Ooredoo mengungkapkan platform tersebut dikembangkan oleh Tim Triasih, yang terdiri dari Jihan Nurul Qomariah Khalishah, Rizki Alfitri Ramadhani dan Alifia Putri.

Ruang Terang memiliki tiga layanan ramah disabilitas berbasis aplikasi web yaitu Smart Room, Creative Room, dan Inclusion Room.

Mereka dikembangkan dengan tujuan meningkatkan taraf pendidikan, skill personal, dan awareness bagi penyandang disabilitas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pendampingan Empat Bulan

Ilustrasi Indosat Ooredoo (Foto: Indosat Ooredoo)

Ruang Terang menghadirkan video tutorial penggunaan bahasa isyarat dan huruf braille, serta menyediakan fitur talkback, live transcription, group chat, serta live chat dengan tutor.

Terdapat juga forum diskusi bagi orangtua dan konsultasi dengan psikologi bagi orang berkebutuhan khusus.

Indosat Ooredoo melakukan pendampingan selama empat bulan bagi Tim Triasih untuk mengembangkan Ruang Terang, serta menawarkan kepada mitra global potensial, kemungkinan pengembangan bahkan pendanaan solusi tersebut.

3 dari 4 halaman

Dukung Pemberdayaan Disabilitas

Program seperti SheHacks dan IDCamp Indosat Ooredoo juga bertujuan memberdayakan para penyandang disabilitas (Dok. Indosat Ooredoo)

Selain SheHacks, Indosat Ooredoo juga mengatakan bahwa dukungan pemberdayaan penyandang disabilitas dilakukan melalui IDCamp.

IDCamp merupakan program beasiswa untuk mencetak developer atau programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital.

Sejak diluncurkan tahun 2019, IDCamp telah memberikan beasiswa belajar coding bagi 1.512 penyandang disabilitas.

"Indosat Ooredoo percaya bahwa upaya pemanfaatan teknologi digital harus bersifat inklusif agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo.

SheHacks dan IDCamp disebut memiliki tujuan sederhana, yaitu untuk memberdayakan generasi muda melalui pemanfaatan teknologi digital secara inklusif dan penyaluran bakat digital, yang juga menyasar penyandang disabilitas.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya