5 Gejala COVID-19 Bagi Seseorang yang Sudah Divaksin

Aplikasi kesehatan COVID symptom menyebut ada beda gejala corona bagi orang divaksin dan belum.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 08 Jul 2021, 19:51 WIB
Seorang ibu berjemur di bantaran rel di kawasan pemukiman padat Pejompongan, Jakarta, Selasa (6/7/2021). Berjemur diri di bawah matahari di antara pukul 08.00-11.00 WIB merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, London - Aplikasi COVID Symptom Study merilis daftar gejala COVID-19 bagi orang-orang yang sudah mendapat vaksin COVID-19. Ternyata, ada perbedaan gejala antara warga yang sudah mendapat vaksin dan belum.

Selain itu, warga yang baru mendapat satu dosis vaksin juga punya gejala COVID-19 berbeda bila terinfeksi.

Aplikasi COVID Symptom Study ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menuliskan gejala-gejala yang mereka rasakan. Data-data tersebut kemudian disajikan kepada publik.

Berikut lima gejala teratas COVID-19 bagi yang sudah divaksin maupun belum berdasarkan data dari aplikasi COVID Symptom Study pada akhir Juni 2021:

(Sebagai catatan, aplikasi ini tidak mengklasifikasi varian COVID-19 dari pasien.)

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 5 halaman

1. Gejala Bagi yang Sudah Divaksin

Petugas Dishub melakukan penyekatan di salah satu jalan di Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlaku mulai hari ini Sabtu, 3 Juli sampai dengan 20 Juli 2021, untuk mengurangi penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gejala bagi yang sudah mendapatkan vasis dosis lengkap:

1. Kepala pusing

2. Hidung pilek

3. Bersin

4. Radang tenggorokan

5. Kehilangan indra penciuman

Aplikasi ini mencatat gejala seperti demam turun ke peringkat 12, dan sesak napas jatuh ke peringkat 29 bagi yang sudah divaksin. Gejala batuk-batuk juga turun ke peringkat 8.

3 dari 5 halaman

2. Gejala Bagi yang Sudah Divaksin Satu Dosis

Petugas medis bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga saat vaksinasi di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). Vaksinasi tersebut menargetkan 1.000 masyarakat Jakarta berusia 18 tahun ke atas. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Gejala sakit kepala kembali muncul pada orang-orang terinfeksi corona namun baru mendapat satu dosis vaksin. Batuk-batuk juga menjadi gejala.

1. Kepala pusing

2. Radang tenggorokan

3. Hidung pilek

4. Demam

5. Batuk-batu

Vaksin Pfizer dan AstraZeneca ampuh melawan varian Delta, tetapi kurang efektif jika baru satu dosis.

4 dari 5 halaman

3. Gejala Bagi yang Belum Divaksin

Seorang wanita menerima suntikan vaksin Sinovac saat vaksinasi massal virus corona COVID-19 untuk umum di Patriot Candrabhaga Sadium, Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/6/2021). Peminat vaksinasi COVID-19 di Stadion Patriot Candrabagha sangat tinggi. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

1. Kepala pusing

2. Radang tenggorokan

3. Hidung pilek

4. Demam

5. Batuk-batuk

Saat ini, kasus-kasus varian Delta memang sedang naik di Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat. Kasus itu terutama menyerang anak-anak muda yang belum divaksin, atau baru mendapat satu dosis vaksin.

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M! (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya