Kickboxing Panggil 11 Atlet Ikut Pelatnas SEA Games 2021

11 pemain akan dipanggil mengikuti pelatnas Kickboxing untuk SEA Games 2021.

oleh Thomas diperbarui 05 Jun 2021, 06:01 WIB
Kickboxing (via: jessicasmithtv.com)

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI) terus mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2021. 11 atlet kickboxing dipanggil untuk mengikuti pelatnas mandiri meski masih belum mendapat kepastian dukungan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pelatnas mandiri kickboxing akan digelar di Bandung, Jawa Barat, mulai Juni 2021. Total ada enam atlet putra dan lima putri yang ikut pelatnas kickboxing.

"PP KBI akan panggil 11 atlet kickboxing yang akan menjalani pelatnas Kickboxing untuk persiapan menuju SEA Games Vietnam 2021. Ini pelatnas mandiri tahap pertama sembari menunggu dukungan anggaran dana dari Kemenpora," kata Ketua Umum PP KBI, Ngatino pada acara silaturahmi Kickboxing Indonesia di Hotel Atlet Century Jakarta, Jumat (4/6/2021).

11 atlet kickboxing yang terpilih ikut pelatnas tersebut dijaring dari Seleksi Nasional (Seleknas) yang diikuti 80 atlet dari berbagai daerah beberapa waktu lalu.

Ke-6 atlet kickboxing putra adalah Muhammad Zainur Anwar (Low Kick -54kg/Jawa Tengah), Brian A.F. Lawitan (Low Kick -60kg/Sulawesi Utara), Rahul Pinem (Low Kick -63kg/DKI Jakarta), Aprilando Rumahpasal (Full Contact -51 kg/DKI Jakarta), Andryawan Darmita (Full Contact -57kg/DKI Jakarta), Firman Muharram Syach (Full Contact -67 kg/Jawa Tengah).

Sedangkan atlet putri yang dipanggil adalah Cikal Farrah Labita (Low Kick -48kg/Lampung), Dwi Ani Retno Wulan (Low Kick -54kg/Jawa Tengah), Putri Padmi Nurjayanti (Low Kick -60kg/DKI Jakarta), Putri C.L. Van Beren (Full Contact -51kg/Sulawesi Utara), dan Diska Yolihani (Full Contact -57kg/Lampung).

 

Saksikan Video Menarik Ini

2 dari 3 halaman

Medali Emas

Pengurus PP KBI (Ist)

Pada SEA Games Filipina 2019, Timnas Kickboxing Indonesia yang tampil perdana sukses meraih 2 perak dan 6 perunggu. Di Vietnam, kickboxing Indonesia berharap bisa berprestasi lebih baik lagi dengan merebut medali ema.

"Saat ini memang kickboxing memang belum masuk dalam daftar 23 cabang olahraga (cabor) yang mendapat dukungan pemerintah karena belum menunjukkan prestasi. Makanya, kita akan berusaha untuk merebut medali emas di SEA Games Vietnam 2021 sehingga kickboxing bisa menjadi cabor yang mendapat perhatian," kata Ngatino yang juga Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI).

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas atlet kickboxing, kata Ngatino, PP KBI telah menerbitkan buku panduan dan video rekaman mengenai pelatihan teknik dan fisik berbagai tingkatan dalam kickboxing.

3 dari 3 halaman

PON

Yang lebih mengejutkan lagi, PP KBI bersama PB WI akan meluncurkan program Fighting Tournament 2022 yang memperebutkan total hadiah Rp2 miliar. Bukan hanya itu, kata Bendahara Umum PO KBI, Karan Sukarno Walia, PP KBI telah menjalin kerjasama dengan Universitas Bhayangkara untuk pengembangan olahraga kickboxing.

"Saat ini, PP KBI sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Bhayangkara untuk bisa masuk dalam kurikulum mata pelajaran bagi mahasiswa/mahasiswi. Dan, kita juga akan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah internsional di Jakarta," jelasnya.

Saat ini, Kickboxing sudah masuk dalam cabang olahraga eksebisi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 untuk bisa masuk dalam pertandingan resmi PON Aceh-Sumatera Utara 2024. Yang menggembirakan lagi organisasi kickboxing dunia (WAKO) sudah memberikan kabar kickboxing akan dipertandingkan pada Asian Games 2030.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya