Pemudik Bakal Diswab Antigen Saat Melintas di Pos Penyekatan Tol Bitung

Hal ini dilakukan, agar mencegah dan mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus penularan Covid-19, ketika pemudik kembali dari kampung halaman.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 15 Mei 2021, 14:25 WIB
Petugas gabungan melakukan penyekatan di check point penyekatan arus mudik di kawasan Pasar Mudik, Bogor, (7/5/2021). Penyekatan pemudik pada jalur alternatif Parung diberlakukan jelang Lebaran guna mengantisipasi risiko peningkatan kasus COVID-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Arus balik mudik Lebaran diprediksi terjadi mulai hari ini, Sabtu (15/5/2021). Polres Tangerang Selatan akan menyiapkan pemeriksaan swab test antigen bagi setiap pemudik yang akan kembali ke wilayahnya.

Pemeriksaan swab antigen akan dilakukan bagi setiap pemudik yang melintasi pos penyekatan di Tol Bitung, Kabupaten Tangerang.

"Mulai hari ini kami akan melaksanakan swab antigen bagi pengendara, khususnya pemudik yang kembali dari kampung halaman. Pemeriksaan ini dilakukan di wilayah hukum Polres Tangsel, Pospam Bitung, Tangerang," ujar Kapolres Tangsel AKBP Iman Imanuddin, Sabtu (15/5/2021).

Selain polisi, dalam pos penyekatan tersebut juga ada petugas kesehatan atau nakes yang disiapkan. Hal ini dilakukan, agar mencegah dan mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus penularan Covid-19, ketika kembali dari kampung halaman.

"Kami menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) sebanyak lima orang, yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan Dokkes Polres Tangsel," tutur Iman. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

45 Personel Dikerahkan

Dalam pelaksanaannya, Iman menjelaskan bahwa jajarannya akan memeriksa setiap kendaraan yang melintas. Jika terdapat indikasi pengendara sebagai pemudik, polisi akan memberhentikannya dan melakukan tes swab antigen tersebut.

"Untuk personel yang diturunkan pemeriksaan di Bitung sebanyak 45 orang, dari unsur Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes," pungkasnya. 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya