Ini Cara Supercell Pikat Gamer di Indonesia Kembali Main Gim Clans of Clans

Memasuki tahun ke-9, Supercell mengumumkan sejumlah informasi tentang update besar-besaran yang digulirkan ke Clash of Clans untuk pemain setianya.

oleh Yuslianson diperbarui 28 Apr 2021, 16:30 WIB
Player baru Clash of Clans wajib baca

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kehadiran sejumlah gim mobile kompetitif, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan CoD: Mobile, Clash of Clans (CoC) seakan hilang dari ranah publik.

Debut pada 2012 (iOS) dan kemudian meluncur di Android pada 2013, Clash of Clans adalah satu dari sedikit gim mobile yang sukses tembus 500 juta unduhan di iOS dan Android.

Memasuki tahun ke-9, Supercell mengumumkan sejumlah informasi tentang update besar-besaran yang digulirkan ke CoC untuk pemain setianya.

Sontak, kabar ini disambut antusias oleh banyak 'Clashers' di berbagai negara di dunia, tidak terlepas gamer di Indonesia.

Hal ini terbukti dari bagaimana para influencer, dan gaming creator di Tanah Air beramai-ramai turut berbagi kegembiraan dan pengalaman mereka tentang update Clash of Clans yang dihadirkan.

Salah satunya adalah Clarissa Widjaya, seorang gaming creator Indonesia. “Saya sudah memainkan gim Clash of Clans sejak meluncur di Android pada 2013. Sejak itu hingga sekarang masih aktif main," ucap Clarissa.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Baru di Clash of Clans Town Hall 14

Clash of Clans Town Hall 14 Sudah dirilis. (Doc: Supercell)

Lewat Clans of Clans Town Hall 14, Supercell memperkenalkan sejumlah hal baru ke dalam gim, seperti Town Hall level 14 yang kini dapat menyerang balik lawan, dan unit Hero Pets.

"Update CoC Town Hall 14 ini tentunya mendorong dan membangkitkan kembali minat para pemain termasuk saya pada CoC ini. Banyak hal-hal dan tantangan baru yang bisa kita coba," kata Clarissa.

Hal serupa juga dikatakan oleh Matcha Mei, gaming creator Indonesia lainnya.

"Ini adalah waktu yang tepat bagi para gamer Indonesia yang belum pernah main, untuk mencoba Clash of Clans atau bagi mereka para mantan Clashers untuk kembali bermain dan meningkatkan village mereka ke level puncak," katanya.

3 dari 3 halaman

Clash of Clans Mampu Bertahan

Tencent resmi akusisi pengembang gim Clash of Clans. (The Verge)

Ketika basis pemain mobile gim umumnya naik dan turun sejalan dengan tren, Clash of Clans mampu mempertahankan popularitas yang berkelanjutan.

Sebagian alasannya adalah filosofi asli di balik gim tersebut. Setelah pertama kali diluncurkan, salah satu pengembang asli Finlandia, Lasse Louhento, berkata, “Pembaruan adalah bagian yang sangat penting dari strategi kami."

Dia menambahkan, "Kami ingin membuat gim yang dapat dinikmati pemain untuk waktu yang lama, dan yang terus memberi penghargaan kepada pemain atas waktu yang mereka investasikan."

(Ysl/Isk)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya