Wali Kota Baru Seoul Janji Bantu Bisnis Kecil yang Dirugikan Akibat COVID-19

Wali kota baru Seoul, Oh Se-hoon, janji membantu bisnis kecil yang rugi akibat COVID-19.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 13 Apr 2021, 07:03 WIB
Seorang wanita mengenakan masker berjalan di Gerbang utama Istana Gyeongbok, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (22/2/2020). Di Korea Selatan hingga kini sudah ada dua kematian akibat virus corona. (AP Photo/Lee Jin-man)

Liputan6.com, Seoul - Seoul kedatangan wali kota baru, yakni Oh Se-hoon. Ia berkata akan fokus pada bisnis-bisnis kecil yang dirugikan oleh pembatasan COVID-19 yang telah berlangsung lama.

Wali Kota Seoul juga berkata akan mencari cara supaya bisnis-bisnis bisa beroperasi lebih lama.

"Banyak bisnis-bisnis di perumahan yang merupakan tulang punggung ekonomi Seoul telah kolaps," ujar Wali Kota Oh, seperti dilansir Yonhap, Senin (12/4/2021).

"Solusi fundamentalnya adalah mengizinkan mereka untuk terus berbisnis," ujarnya. Oh ingin agar bisnis-bisnis kecil tidak dipaksa untuk berkorban.

Jenis-jenis bisnis yang terdampak di Seoul seperti restoran, gym, bar, dan kafe. Mereka menyebut mendapat kerugian yang tidak proporsional akibat peraturan pemerintah.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

Alat Tes Mandiri

Petugas medis menghadiri pelatihan cara memberikan suntikan vaksin virus corona di Asosiasi Perawat Korea di Seoul, Korea Selatan (17/2/2021). Korea Selatan berencana untuk memulai inokulasi virus COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca pada 26 Februari mendatang. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Oh Se-hoon juga mendorong agar alat tes mandiri segera lolos. Alat itu dianggap bisa membantu operasional bisnis-bisnis kecil.

Wali Kota Oh berkata sudah meminta pemerintah pusat untuk meloloskan alat self-testing yang bisa menunjukan hasil antara 10-30 menit dan sudah dipakai di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Jerman.

"Kami akan secara aktif mereview program pilot di bisnis-bisnis karaoke untuk melihat jika alat-alat itu efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Selain itu, Oh akan mengecek kembali aturan yang memerintahkan penutupan tempat usaha selepas pukul 21.00. 

3 dari 4 halaman

Terpilih sebagai Walkot

Warga berswafoto dekat instalasi bulan purnama yang bersinar di sebuah taman di Seoul, Korea Selatan, Jumat (18/9/2020). Pejabat setempat memasang bulan purnama buatan untuk meningkatkan semangat saat wabah COVID-19 sekaligus menyambut Chuseok, Thanksgiving versi Korea. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Oh Se-hoon terpilih menjadi wali kota Seoul pada pilkada 2021. Ia menggantikan Park Won-soon yang meninggal bunuh diri pada 2020. 

Sebelumnya, Oh Se-hoon pernah menjadi wali kota Seoul pada 2006, lalu kembali menang pada 2010. Akan tetapi, ia tidak menyelesaikan masa jabatan periode dua karena memilih mundur pada 2010.

Dulu, ia maju melalui Partai Hannara yang cenderung sayap kanan. Pada 2020, ia maju lewat Partai Gungminuihim yang juga konservatif.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis 9 Tips Lansia Tetap Sehat Bebas Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya