Wajib Tahu, Ini Waktu Tidur Terbaik Berdasarkan Studi Ilmiah

Menurut studi, ini waktu terbaik tidur yang bisa Anda lakukan.

oleh Camelia diperbarui 18 Mar 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Tidur menjadi hal penting yang harus dilakukan semua orang dari berbagai usia. Ya, mulai dari bayi, remaja, orang dewasa hingga lanjut usia sangat membutuhkan tidur.

Tidur membantu tubuh beristirahat dari padatnya aktivitas yang dilakukan sepanjang hari. Sayangnya, banyak individu yang memilih begadang dan meremehkan manfaat tidur bagi kesehatan. Padahal selama tidur, tubuh Anda sedang memperbaiki dan meregenerasi diri.

Itu mengapa sangat penting bagi kita untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Sebuah studi yang diterbitkan Springer's Cognitive Therapy and Research Journal menemukan bahwa individu yang menggambarkan diri mereka sebagai orang "malam" dan pergi tidur larut malam memiliki pikiran dan perenungan yang lebih negatif dan mengganggu daripada mereka yang pergi tidur di awal waktu dan menggambarkan diri mereka sebagai orang "pagi."

Studi lain menemukan bahwa pekerja Jepang yang tidur lebih larut menunjukkan gejala yang lebih depresi daripada mereka yang tidur lebih awal, sementara studi yang lebih baru menemukan bahwa waktu tidur yang lebih awal sebenarnya dapat menangkal penyakit mental.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Studi

Ilustrasi orang tidur. (dok. Manbob86/Pixabay/ Tri Ayu Lutfiani)

Melansir dari Byrdie, Selasa (16/3/2021), ini mungkin lebih berkaitan dengan konsistensi daripada jam sebenarnya Anda tertidur. Peneliti Harvard menemukan pola tidur yang tidak teratur dikaitkan dengan kinerja dan produktivitas yang lebih buruk.

Faktanya, menurut hasil, Anda dapat pergi tidur dan bangun kapan pun Anda suka. Hanya saja Anda harus melakukannya secara konsisten.

Studi ini mengamati 61 mahasiswa selama 30 hari menggunakan rincian waktu tidur mereka dan menemukan jika peserta yang pergi tidur setiap malam dan bangun pada waktu yang sama dikatakan lebih produktif. Tidak pernah disebutkan bahwa waktu tidur harus sangat awal.

Charles Czeisler, MD, kepala Divisi Gangguan Tidur dan Gangguan Sirkadian di Rumah Sakit Brigham and Women's Hospital mengatakan kepada CNN, "Jika Anda pergi tidur jam 2 dan bangun jam 9, itu bagus. Anda hanya harus melakukan hal yang sama secara konsisten."

3 dari 4 halaman

Opini Profesional

Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/pixabay

Sementara mengenai waktu tidur tertentu, pakar tidur Shawn Stevenson mengatakan kepada Yahoo, bahwa jadwal tidur optimal adalah mulai pukul 10 malam hingga jam 6 pagi karena ritme sirkadian alami tubuh kita dan fakta bahwa ritme itu meniru matahari terbit dan terbenam.

Matt Walker, PhD, kepala dari Sleep and Neuroimaging Lab di Universitas California, Berkeley, setuju dan mengatakan kepada Time, “Ketika berbicara tentang waktu tidur, ada jendela dalam beberapa jam kira-kira antara pukul 8 malam dan 12 pagi di mana otak dan tubuh Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan semua istirahat yang mereka butuhkan untuk berfungsi secara optimal."

Waktu tidur unik Anda yang "sempurna" dalam jendela itu bergantung pada genetika, beberapa orang secara alami cenderung tidur lebih larut sementara yang lain lebih suka tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

Jadi, jika Anda cenderung tidak mengantuk hingga pukul 11 malam, jangan memaksakan diri untuk tidur pada pukul 9 malam dengan harapan Anda akan bangun dengan perasaan lebih segar.

Kemungkinan besar, ini akan menjadi bumerang dan Anda akan bangun dengan perasaan lebih pening daripada jika Anda baru saja pergi tidur ketika Anda secara alami mulai merasa mengantuk.

4 dari 4 halaman

Trik Tidur

Ilustrasi tidur, bermimpi. (Gambar oleh 溢 徐 dari Pixabay)

Jika Anda mencoba menentukan waktu yang tepat, cara termudah adalah hitung mundur. Cari tahu jam berapa Anda perlu bangun di pagi hari dan kurangi tujuh hingga delapan jam, tambahkan sekitar 15 menit.

Lakukan ini selama sekitar 10 hari dan Michael Breus, PhD, spesialis tidur bersertifikat, mengatakan bahwa Anda akan mulai bangun secara alami beberapa menit sebelum alarm berbunyi. 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya