FOTO: Petugas DLH DKI Jakarta Pilah Limbah Masker Rumah Tangga

Sejak April 2020, petugas di Dipo Ancol mengemban tugas baru yang penuh risiko, yakni memisahkan limbah masker warga yang bercampur dengan sampah rumah tangga.

oleh Johan Fatzry diperbarui 24 Feb 2021, 17:30 WIB
Petugas DLH DKI Jakarta Pilah Limbah Masker Rumah Tangga
Sejak April 2020, petugas di Dipo Ancol mengemban tugas baru yang penuh risiko, yakni memisahkan limbah masker warga yang bercampur dengan sampah rumah tangga.
Petugas Sudin LH memilah limbah masker warga di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Sejak April 2020, petugas mengemban tugas baru yang penuh risiko, yakni memisahkan limbah masker warga yang bercampur dengan sampah rumah tangga. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas Sudin LH menunjukkan masker yang ditemukan di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Dengan berbekal alat pemilah, sarung tangan, dan masker, jasa mereka patut dihargai dalam membersihkan lingkungan dari limbah medis. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Potret Ikhsanudin menunjukkan masker di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Rata-rata tim di Dipo Ancol mampu mengumpulkan limbah masker bekas pemakaian warga mencapai setengah hingga 1 kilogram, tergantung volume sampah. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas Sudin LH menyemprotkan masker yang berhasil dikumpulkan dengan cairan disinfektan di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Pemilahan limbah masker di Dipo Ancol ini melewati proses ketat. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Alat pemilah dan ember yang digunakan petugas terlihat di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Pemilahan mulai dari memilah masker, menyemprotkan disinfektan kemudian dibungkus dan disimpan di tempat khusus sebelum dibuang pihak ketiga. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Masker bekas tergeletak di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Berdasarkan data DLH DKI Jakarta periode April hingga Desember 2020, mencatat berat limbah masker dari rumah tangga yang berhasil dikumpulkan mencapai 1.538 kilogram. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Ikhasundin menyemprotkan cairan disinfektan di dekat kotak penyimpan khusus limbah medis di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Ikhasnudin mewakili petugas di Dipo Ancol berharap agar masyarakat lebih bijak dalam menangani sampah masker. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas Sudin LH membersihkan diri usai bertugas di Dipo Sampah Kecamatan Pademangan, Ancol, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Ikhasnudin mengatakan menangani sampah masker dengan mengguntingnya serta dibungkus sebelum dibuang guna mengurangi risiko penularan virus Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya