Awas Disesatkan Hoaks, Simak Langkah Verifikasi Informasi Vaksin Covid-19

Sarana untuk memverifikasi informasi terkait vaksin Covid-19

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 11 Feb 2021, 09:30 WIB
Petugas medis menunjukkan jarum suntik dan vaksin Covid-19 di Puskesmas Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (9/2/2021). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Sinovac untuk tenaga kesehatan di atas 60 tahun setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan vaksin untuk lansia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta Hoaks seputar vaksin Covid-19 masih terus beredar di tengah masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut per 10 Februari tercatat total ada 105 isu hoaks terkait vaksin Covid-19 yang tersebar pada jejaring sosial.

Dengan masifnya penyebaran hoaks seputar vaksin Covid-19, kita perlu berhati-hati jika menerima informasi seputar vaksin Covid-19 dengan memverifikasi terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. 

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi mengimbau masyarakat untuk tidak mudah termakan hoaks vaksin Covid-19 dan mengakses informasi dari sumber yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Terkait pandemi Covid-19, sejak pandemi diumumkan pada Maret 2020, sumber informasi resmi pemerintah adalah situs covid19.go.id dan media sosial resmi adalah akun bernama lawan covid 19,” tuturnya.

Sarana untuk memverifikasi informasi terkait vaksin Covid-19 pun telah disediakan agar semua orang bisa dengan mudah untuk membuktikan hoaks.

Berikut langkahnya:

1. Buka http://sd.id/infovaksin lalu klik cek dan buktikan hoaks.

2. Masukkan kata/kalimat yang ingin dicari.

3. Baca penjelasan tentang informasi tersebut setelah itu baru sebarkan berita yang benar.

Dedy menambahkan, sumber resmi memberikan informasi yang valid dan faktual tentang Covid-19 dan vaksinasi Covid-19 berdasarkan data dari para ahli di bidangnya.

“Fakta dan data dari sumber berita resmi ini sudah diverifikasi secara ilmiah dan akademis,” tutup Dedy.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Load More

Simak Video Berikut

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya