Polda Metro Jaya-Kodam Jaya Siapkan 20.000 Swab Antigen Covid-19 Gratis di Stasiun Senen

Terdapat sekitar 20.000 swab test antigen [Covid-19](4441471 "") gratis bagi para penumpang dengan hanya perlihatkan tiket kereta api dan KTP.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Des 2020, 16:12 WIB
Petugas medis melakukan rapid test COVID-19 terhadap calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (26/10/2020). Jumlah penumpang kereta jarak jauh mengalami lonjakan sehingga terjadi antrean panjang rapid test yang menjadi syarat wajib pengguna jasa KAI. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Manjen TNI Dudung Abdurrachman meninjau pelaksanaan swab test antigen Covid-19 gratis bagi para calon penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Fadil Imran menyampaikan, terdapat sekitar 20.000 swab test antigen Covid-19 gratis bagi para penumpang dengan hanya perlihatkan tiket kereta api dan KTP.

"Tidak ada kuota berapa pun masyarakat kita layani. Kami punya persediaan swab antigen yang mencukupi, kodam ada 10 ribu, polda ada 10 ribu dibantu oleh BNPB sepenuhnya," jelas Fadil, di Stasiun Senen, Kamis (24/12/2020).

Fadil pun menjelaskan alasan membuka posko swab test antigen gratis ini. Dia mengatakan, langkah ini merupakan seleksi para penumpang yang ingin bertolak keluar Jakarta dari Stasiun Senen.

Dia pun memastikan, apabila terdapat penumpang yang hasil tesnya reaktif Covid-19 tidak akan diperkenankan berangkat.

"Tadi ada 4 orang yang reaktif swab antigen itu pasti tidak bisa berangkat. jadi kita tidak membatasi, tapi menseleksi membantu masyarakat memutus mata rantai agar kalau pulang ke kampung tidak bawa virus," tutur Fadil.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Langsung Dibawa ke RS atau Wisma Atlet

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman menyampaikan jika terdapat pengunjung yang dinyatakan reaktif Covid-19 akan dibawa ke rumah sakit atau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Apabila ada yang reaktif maka akan langsung dirujuk ke Wisma Alet atau rumah sakit terdekat untuk di Swab PCR," kata Dudung.

Diketahui pelaksaan posko swab test antigen gratis yang dibuka oleh Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya akan berlangsung sampai dengan 4 Januari 2020, di Stasiun Senen, Jakarta.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya