Xiaomi Masuk Daftar 50 Perusahaan Potensial di Masa Depan

Xiaomi kembali masuk dalam daftar 50 perusahaan potensial di masa depan yang disusun Fortune.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 14 Des 2020, 08:00 WIB
Kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing. Tempat Vice President International Xiaomi Hugo Barra beraktivitas. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi berhasil kembali mencatatkan diri dalam daftar Fortune Future 50 atau perusahaan global yang dianggap memiliki potensi menjanjikan di masa depan.

Menurut Xiaomi, capaian ini merupakan pengakuan pada perusahaan yang memiliki kapasitas bertahan di masa sulit, tapi juga menciptakan peluang baru.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (14/12/2020), Xiaomi sendiri berada di perangkat ke-19 dengan skor 2,1 dan disebut setelah perusahaan Tesla. Daftar ini dapat dilihat di situs resmi Fortune.

Untuk diketahui, daftar ini disusun majalah Fortune bersama BCG Henderson Institute dengan memeriksa lebih dari 1.000 perusahaan publik yang memiliki nilai pasar setidaknya USD 20 miliar atau mencatatkan pendapatan USD 10 miliar dalam 12 bulan hingga akhir 2019.

Penentuan skor dilakukan berdasarkan potensi pasar untuk tumbuhan dan kemampuan perusahaan dalam menjawab potensi tersebut. Ada 19 poin penilaian berdasarkan empat kategori, yakni strategi, teknologi dan investasi, sumber daya manusia, serta struktur perusahaan.

Xiaomi sendiri saat ini sudah memiliki lebih dari 18.000 karyawan. Perusahaan asal Tiongkok ini mencatatkan pendapatan sebesar USD 33 miliar selama 12 bulan terakhir dalam pasar yang bernilai USD 79,5.

Berdasarkan daftar ini, Xiaomi memiliki pencapaian serupa yang diraih perusahaan teknologi lain, seperti Nvidia dan Twitter. Di sisi lain, pada kuartal ketiga 2020, Xiaomi juga tumbuh sebagai merek smartphone nomor tiga global berdasarkan laporan IDC, Counterpoint, Canalys, dan Gartner.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Raih Penghargaan untuk Layanan Konsumen

Ilustrasi Smartphone Xiaomi. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya,  Xiaomi menerima predikat platinum dari Indonesia Contact Center Associatio (ICCA) untuk kategori "The Best Customer Experience 2020". Xiaomi pun menyatakan diri sebagai perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, termasuk smartphone.

Xiaomi menyebut pengakuan ini menjadi penyemangat dalam memberikan pengalaman terbaik bagi Mi Fans. Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan terhadap merek Xiaomi.

Predikat ini merupakan salah satu kategori yang dilombakan oleh ICCA untuk mengukur secara menyeluruh kemampuan perusahaan dalam memberikan pengalaman interaksi terbaik dengan pengguna.

Selama ini para pengguna bisa memanfaatkan sejumlah cara untuk berinteraksi dengan Xiaomi, yakni nomor hotline bebas biaya 0800-1-401558, online chat dalam mi.com serta aplikasi mi store, e-mail di service.id@xiaomi.com, nomor Whatsapp 0821 1723 6765, dan media sosial Xiaomi Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Pernyataan Xiaomi

Alvin Tse, selaku Country Director Xiaomi Indonesia saat mengumumkan Poco X3 NFC di Indonesia. (Doc: Poco Indonesia)

"Memberikan pelayanan terbaik bagi Mi Fans dan pengguna merupakan prioritas bagi Xiaomi sejak hari pertama, kami selalu mendengarkan masukan dari pengguna dan menyediakan solusi untuk masalah yang mereka hadapi," ujar Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, seperti dikutip dari keterangan resminya pada Sabtu (28/11/2020).

"Penghargaan ini adalah pengakuan terhadap upaya kami dalam memberikan yang terbaik kepada para pengguna Xiaomi," kata Alvin.

Layanan konsumen Xiaomi bisa dihubungi bukan hanya terkait layanan purna jual saja, Mi Fans bisa mendapatkan informasi lain seperti memeriksa status pengiriman dari pembelian melalui mi.com.

Selain itu, konsumen juga bisa memberikan masukan kepada Xiaomi untuk perbaikan di masa mendatang.

(Dam/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya