Pandemi COVID-19 Tak Halangi JAPFA Indonesia Buka Pabrik Keenam di Vietnam

Perusahaan pakan ternak JAPFA asal Indonesia berhasil membuka pabrik di Vietnam, di tengah pandemi COVID-19.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 26 Nov 2020, 19:49 WIB
Pembukaan pabrik JAPFA asal Indonesia di Vietnam yang juga dihadiri oleh Dubes RI Ibnu Hadi. (Dok: KBRI Hanoi)

Liputan6.com, Hanoi - Di tengah pandemi COVID-19 yang mengganggu perekonomian di banyak negara, berita baik datang dari salah satu perusahaan Indonesia di Vietnam. JAPFA Comfeed Vietnam Co., Ltd baru-baru ini membuka pabrik keenamnya di negara tersebut.

Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 7 hektar dengan nilai investasi sebesar 300 miliar dong (setara 13 juta dolar AS) diresmikan langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, di Nhon Hoa Industrial Park di distrik An Nhon, Provinsi Binh Dinh 18 November 2020.

Pabrik pakan yang dilengkapi dengan lini produksi modern berteknologi canggih tersebut dirancang dengan kapasitas produksi sebanyak 180 ribu ton per tahun. Diharapkan dapat memasok kebutuhan pakan ternak berkualitas tinggi di wilayah Vietnam tengah.

Acara peresmian pabrik juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, Phung Duc Tien, dan Wakil Ketua Komite Rakyat Binh Dinh, Nguyen Tuan Thanh.

"Pembangunan pabrik ini tidak hanya menunjukkan kisah sukses perusahaan Indonesia di Vietnam namun juga mencerminkan peran penting sektor swasta dalam memajukan hubungan kedua negara," ujar Dubes Ibnu Hadi dalam sambutannya seperti tertuang dalam rilis yang diterima Kamis (26/11/2020).

Peranan JAPFA Vietnam tersebut diamini oleh Wakil Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam, yang menyatakan bahwa perusahaan Indonesia yang beroperasi sejak tahun 1995 di wilayah Vietnam ini telah banyak membantu dan memajukan pembangunan industri peternakan di negara tersebut.

2 dari 2 halaman

Sukses Bangun Pabrik di Vietnam

Pembukaan pabrik JAPFA asal Indonesia di Vietnam yang juga dihadiri oleh Dubes RI Ibnu Hadi. (Dok: KBRI Hanoi)

General Director JAPFA Vietnam Arif Widjaja menuturkan bahwa meski pandemi COVID-19 berdampak negatif pada dunia bisnis secara umum, JAPFA tetap berkomitmen untuk menyelesaikan proses pembangunan pabrik ini dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja agar kesejahteraan masyarakat di Provinsi Binh Dinh dan di Vietnam pada umumnya meningkat.

JAPFA Vietnam merupakan perusahaan Indonesia yang beroperasi di Vietnam dengan status 100% saham milik asing (foreign-owned company).

Dengan dibukanya pabrik baru di Provinsi Binh Dinh, JAPFA Vietnam kini memiliki enam pabrik pengolahan pakan ternak yang tersebar di beberapa provinsi, yaitu di Vinh Phuc, Long An, Thai Binh, Hoa Binh, dan Binh Thuan, dengan jumlah total investasi sebesar 246 juta dolar AS.

Setelah beroperasi selama lebih dari 20 tahun, JAPFA Vietnam telah berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Vietnam di bidang industri makanan, pertanian, dan peternakan.

Selain pabrik pengolahan pakan ternak, perusahaan juga memiliki 300 peternakan dan lebih dari 20 toko yang menyajikan daging segar dan produk makanan olahan dengan merek JAPFA Best yang tersebar di berbagai wilayah Vietnam.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya