Pengguna Mobil Wajib Paham, Begini Cara Menggunakan Dongkrak yang Benar

Fungsi utama dongkrak ialah mengangkat badan mobil agar lebih mudahkan saat melakukan inspeksi di bagian bawah kendaraan dan mengganti ban.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 20 Nov 2020, 07:04 WIB
Dongkrak mobil (Suzuki Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi utama dongkrak ialah mengangkat badan mobil agar lebih mudahkan saat melakukan inspeksi di bagian bawah kendaraan dan mengganti ban.

Secara teori, penggunaan dongkrak terlihat sangat mudah, yakni diletakan di bawah mobil kemudian dipompa atau diputar tuasnya. Namun, kenyataannya tidak semudah itu.

Agar lebih memahami hal tersebut, berikut cara mendongkrak kendaraan dengan benar, seperti dilansir Suzuki Indonesia, Kamis (19/11/2020).

Perhatikan Permukaan Parkir

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendongkrak mobil ialah memastikan mobil terparkir di tempat yang datar. Tempat datar akan lebih memudahkan penggunaan dongkrak, terlebih jika digunakan di tengah perjalanan.

Gunakan Rem Tangan

Agar mobil tidak bergerak saat didongkrak, gunakan rem tangan. Jika memang diperlukan, bisa juga gunakan balok atau batu untuk mengganjal ban di setiap sisi agar tidak bergerak.

Pilih Dongkrak

Pastikan dongkrak bekerja dengan baik, dan pilihlah dongkrak yang sesuai dengan badan mobil. Salah satu contohnya seperti dongkrak botol yang cukup sulit digunakan untuk mendongkrak sedan atau mobil lainnya.

Untuk dongkrak buaya dapat digunakan di semua jenis mobil, namun bobotnya jauh lebih berat dan tidak praktis. Sebaliknya, untuk dongkrak gunting memang praktis, namun sedikit lebih sulit untuk digunakan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Pastikan Titik Tumpu

Selanjutnya, pastikan bahwa titik tumpu dongkrak sudah tepat. Titik tumpu dongkrak di mobil, biasanya terletak antara batang gardan di dekat suspensi, atau bagian bawah badan mobil sebagai rangka utama.

Baca Buku Panduan

Membaca buku panduan sangat penting agar dapat menggunakan dongkrak secara tepat. Selain itu, cara ini bisa digunakan untuk menghindari selip pada mobil ketika hendak di dongkrak.

Jangan Mendongkrak Lebih dari 15 cm

Hal ini penting untuk diketahui. Jangan mendongkrak mobil lebih dari 15 centimeter. Sebab, mobil bisa bergerak serta tergelincir.

Jangan Memasukkan Bagian Tubuh

Memasukkan bagian tubuh pada kolong mobil yang didongkrak sangat berbahaya. Terlebih mobil hanya menggunakan dongkrak mobil sebagai tumpuan utama.

Jika harus masuk ke kolong mobil, pastikan menggunakan jack stand agar lebih aman.

3 dari 3 halaman

Infografis Kerumunan Massa Berbuntut Pemanggilan 4 Pemimpin Daerah

Infografis Kerumunan Massa Berbuntut Pemanggilan 4 Pemimpin Daerah. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya