Jangan Buang Biji Labu Usai Perayaan Halloween, Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Satu porsi (kira-kira seperempat cangkir atau 30 gram) biji labu mentah mengandung banyak manfaat.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 10 Nov 2020, 08:00 WIB
Labu kuning (sumber: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang bisa menolak hidangan berbahan dasar labu?. Rasanya yang manis nan kenyal serta bijinya yang gurih menjadi pilihan banyak orang. Namun tak banyak yang tahu, biji labu juga memiliki manfaat kesehatan.

Satu porsi (kira-kira seperempat cangkir atau 30 gram) biji labu mentah menyediakan sekitar 150 kalori, 15 gram lemak sehat, beberapa gram karbohidrat, dan 8 hingga 10 gram protein nabati.

Labu juga kaya nutrisi dan melindungi kesehatan. Berikut adalah enam manfaat utama biji labu, dan beberapa cara sederhana dalam mengolahnya.

1. Biji labu kaya akan magnesium dan mineral lainnya

Biji labu mentah, juga dikenal sebagai pepitas, merupakan sumber magnesium, mangan, besi, seng, dan tembaga yang baik.

Magnesium membantu meningkatkan mood dan tidur, sementara mangan berperan dalam produksi kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit dan tulang. Besi dan tembaga terlibat dalam produksi energi, serta membantu mengangkut oksigen ke sel kita.

Sedangkan seng mendukung kekebalan, kesehatan kulit, dan penglihatan. Sehingga mengonsumsi satu porsi biji labu maka sama saja Anda telah memenuhi sekitar 14 hingga 42 persen target harian nutrisi penting.

2. Biji labu kaya akan antioksidan

Selain mineral, bijinya juga dikemas dengan antioksidan pelindung sel, termasuk karotenoid dan vitamin E. Selain mengurangi peradangan, antioksidan membantu menangkis penuaan dini dan penyakit kronis.

3. Biji labu kaya akan lemak bermanfaat

Biji labu adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 nabati, yang disebut alpha-linolenic acid.

Meskipun hanya sebagian kecil ALA yang diubah menjadi DHA dan EPA omega-3 penting (yang juga ditemukan pada ikan berlemak seperti salmon). Namun, manfaat ALA antara lain perlindungan penyakit jantung, penurunan risiko pengerasan arteri, dan anti peradangan.

4. Biji labu membantu mengontrol gula darah

Selain rendah karbohidrat dan sumber protein nabati yang baik, penelitian menunjukkan bahwa makan biji labu membantu melindungi dari diabetes tipe 2 atau mengurangi komplikasinya dengan cara meningkatkan regulasi insulin, dan melindungi organ dari konsekuensi diabetes.

 

Simak Video Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

5. Biji labu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain seng dan zat besi yang keduanya penting untuk kekebalan tubuh, biji labu juga memiliki khasiat anti jamur dan anti virus. Biji labu juga bukan pemicu umum alergi dan intoleransi.

6. Biji labu dapat meningkatkan kualitas sperma

Penelitian menunjukkan biji labu dan minyaknya membantu melindungi kesehatan prostat. Kandungan seng dalam biji juga dapat mendukung kesuburan pria, karena kadar seng yang rendah dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma.

7. Minyak biji labu dapat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut

Minyak biji labu juga berkhasiat untuk mengobati kebotakan pada pria dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menurut sebuah studi tahun 2019 di Avicenna Journal of Phytomedicine, asam lemak, vitamin E, dan fitoestrogen yang ditemukan dalam minyak biji labu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut saat dioleskan ke kulit kepala.

Cara mengolah biji labu

Anda bisa menaburkan biji labu pada apa pun, bisa oatmeal hingga salad buah dan sayur, sayuran yang dimasak, tumis, sup, hidangan gandum, taco, dan tentu saja, makanan penutup.

Bijinya juga bisa diblender untuk dijadikan selai atau smoothie, dicampur dengan yoghurt, daibaluri di atas buah, atau digunakan sebagai bahan dasar bola-bola cookies.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya