Lima Cara Membuat Mobil Lebih Hemat Bahan Bakar

Selain kaya fitur canggih, pemilik kendaraan biasanya menginginkan mobil yang lebih efisien agar nyaman dikendarai setiap hari.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 16 Sep 2020, 20:39 WIB
Tire Pressure Monitoring System (TPMS) (Hyundai)

Liputan6.com, Jakarta - Selain kaya fitur canggih, pemilik kendaraan biasanya menginginkan mobil yang lebih efisien agar nyaman dikendarai setiap hari.

Namun, sebaik apapun mobil yang digunakan, bila tak didukung dengan kondisi yang sesuai, maka mesin tidak akan bekerja semaksimal mungkin terkait efisiensi bahan bakar.

Untuk itu, ada lima cara sederhana untuk memaksimalkan konsumsi bahan bakar pada mobil kesayangan. Berikut ulasannya dilansir Hyundai Indonesia, Rabu (16/9/2020).

1. Cek Tekanan Ban

Ban kempes tentu akan menambah beban kendaraan. Hal ini terjadi karena adanya rolling resistance yang semakin besar bila ban dalam kondisi kekurangan angin.

Untuk itu, pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan spesifikasi mobil. pemilik dapat menemukan tekanan angin ideal pada buku manual atau di balik pintu pengemudi.

2. Pantau Kondisi Mesin

Selalu memastikan kondisi mesin dalam keadaan baik, dan tidak ada lampu peringatan yang menyala. Jika ada, bawalah mobil ke bengkel resmi agar masalah dapat diatasi.

Selain itu, internal mesin sebaiknya dibersihkan pada periode tertentu agar bebas dari kerak karbon yang menumpuk. Ganti oli secara rutin agar kinerja mesin semakin efisien.

2 dari 2 halaman

3. Kurangi “Ngegas”

Saat berada di jalan yang padat, kurangi menginjak gas secara berlebihan. Biarkan mobil berjalan dengan pelan saat macet. Injakan gas yang berlebihan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih tinggi.

4. Jaga Putaran Mesin

Pastikan putaran mesin tetap pada putaran rendah, sekitar 2.000 rpm. Ketika mengemudi jarak jauh seperti di jalan tol, jaga putaran mesin pada putaran rendah, dan jaga gigi tetap tinggi. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar per kilometer akan lebih irit dan kabin tidak bising karena putaran mesin yang rendah.

5. Gunakan Eco Mode

Pada beberapa mobil, tersedia mode berkendara ECO. Berkat mode ini, maka respons gas akan disesuaikan demi mendapatkan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya