Mitsubishi Xpander Mulai Dirakit di Vietnam dan Malaysia

Indonesia tidak lagi berstatus sebagai satu-satunya negara penghasil Mitsubishi Xpander. Kini Xpander akan mulai diproduksi pabrik Mitsubishi di Vietnam dan Malaysia. Hal tersebut disebabkan oleh permintaan yang semakin meningkat.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Sep 2020, 11:13 WIB
Mitsubishi Xpander hadir dengan fitur lengkap dan jadi pilihan kendaraan tepat untuk keluarga Indonesia. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tidak lagi berstatus sebagai satu-satunya negara penghasil Mitsubishi Xpander. Kini Xpander akan mulai diproduksi pabrik Mitsubishi di Vietnam dan Malaysia. Hal tersebut disebabkan oleh permintaan yang semakin meningkat.

Pengumuman pabrik Mitsubishi Vietnam bakal melahirkan Xpander sudah santer sejak September tahun lalu. Sedang Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) baru membeberkan bakal melakukan perakitan lokal untuk Mitsubishi Xpander. Tidak mendatangkan dari Indonesia.

Pabrik perakitan baru di Pekan, Pahang, Malaysia bakal jadi rumah kelahiran MPV 7-seater di Negeri Jiran. Sebelumnya, pabrikan tiga berlian di sana sudah produksi lokal ASX (Outlander Sport) dan Outlander. Tepatnya di pabrik Tan Chong Motors Assembly, Segambut.

Menurut CEO MMM, Tomoyuki Shinnishi, Mitsubishi Xpander dirakit lokal agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. "Harganya bakal kompetitif untuk konsumen keluarga dan pencari petualangan yang mendamba mobil tujuh kursi dengan kenyamanan dan kepraktisan untuk menemani perjalanan mereka," tuturnya dalam siaran pers resmi yang dirilis MMM (8/9).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Belum DIpasarkan

Kendati sudah diumumkan soal perakitan lokal, Xpander sendiri belum dipasarkan di Malaysia. Small MPV yang sedang laris-larisnya itu tengah dalam persiapan mendebut. Dipaparkan Paultan, varian facelift atau penyegaran minor yang bakal dijual di Malaysia. Sedang di Indonesia, versi itu sudah mengaspal sejak Februari lalu.

MMM tengah gencar mempromosikan Xpander, sebelum debut resminya. Dengan memamerkan melalui roadshow di berbagai pusat perbelanjaan. Namun sebagian besar tertutup kain hitam. Jadi seperti teaser untuk konsumen di sana. Dengan itu juga, masih belum jelas informasi soal spesifikasi atau kelengkapan fitur. Dari video teaser resmi yang dirilis, terlihat interior berbalut kulit hitam dan infotainment yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. 

3 dari 4 halaman

Facelift

Mengacu pada Xpander facelift yang lebih dulu muncul di sini, ada grille Dynamic Shield dengan bentuk baru, pendar lampu depan LED, desain anyar pelek 16 inci dan antena model sirip ikan hiu (shark fin). Ditambah layar sentuh 7 inci sebagai pusat hiburan anyar dan sensor parkir mundur. Soal fitur cruise control juga tanda tanya. Bisa jadi absen pada Xpander rakitan Malaysia.

Walau belum meluncur, warga Malaysia sudah bisa mulai mencari informasi resmi soal Xpander. Pemesanan pun bakal segera dibuka bagi yang sudah tertarik dengan dengan kembaran Nissan Livina itu.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya